MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Senin/9 maret 2020
Kelas : Satu
Tema : Benda, Hewan, Tanaman di Sekitarku
HEWAN PELIHARAAN
Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita. Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah. Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah. Beni memiliki kucing peliharaan. Beni sangat menyayangi kucing tersebut. Beni selalu merawat kucingnya. Setiap hari Beni memberi makan dan minum. Beni juga membersihkan badan dan kukunya. Kucing Beni bersih dan sehat. Beni senang bermain bersamanya. Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik.
Beni memberikan tulisan pemberitahuan di sebelah kandang kucingnya. Perhatikan tulisan tersebut. Beni ingin memberitahukan kepada yang lain agar tidak memberi makan kucing sembarangan. Beni memberi makan kucingnya dengan teratur. Makanan yang diberikan untuk kucing tidak sembarangan. Hanya Beni yang boleh memberi makanan pada kucingnya. Semua anggota keluarga mengikuti saran Beni. Sekarang perhatikan gambar berikut.
Kegiatan memelihara hewan peliharaan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kita harus mengetahui cara merawat hewan peliharaan. Hewan peliharaan harus dirawat agar dapat tumbuh dan sehat.
Tuliskan empat aturan merawat hewan peliharaan yang kamu ketahui.
1.
2.
3.
4.
Hewan memiliki cara bergerak yang berbeda-beda. Lakukan permainan tebak gerak secara berkelompok. Ciptakan sendiri gerakan menirukan hewan. Kemudian mintalah temanmu untuk menebak hewan yang kamu maksud.
Sekarang cobalah menirukan gerak kelinci seperti contoh berikut.
Gerakan pertama
Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci. Kedua tangan diletakkan di samping telinga. Kaki sedikit ditekuk.
Gerakan kedua
Gerakan kedua menirukan gerak kelinci melompat. Kedua tangan diletakkan di samping telinga. Kaki sedikit ditekuk. Lompat ke kanan satu langkah. Lalu lompat ke kiri satu langkah
Gerakan ketiga
Gerakan ketiga menirukan gerakan kepala kelinci. Kedua tangan diletakkan di samping telinga. Kaki sedikit ditekuk. Kepala menengok ke kiri satu kali. Kepala menengok ke kanan satu kali.
Gerakan keempat
Gerakan keempat menirukan gerakan badan kelinci. Kedua tangan diletakkan di samping telinga. Kaki sedikit ditekuk. Kemudian badan digoyang ke kiri dan ke kanan.
Lakukan gerakan sesuai urutan berikut.
1. Lompat ke kanan
2. Lompat ke kiri
3. Lompat ke kanan
4. Goyang kepala
Ulangi gerakan dengan urutan sebagai berikut.
1. Lompat ke kanan
2. Lompat ke kiri
3. Lompat ke kanan
4. Goyang badan
Gunakan aba-aba berikut. Kanan – kiri – kanan – goyang-goyang
Cobalah membuat gerakan sesuai imajinasimu
Tempat Tinggal Hewan
Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku tentang hewan. Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan. Hewan tinggal di tempat yang berbeda. Ada hewan yang tinggal di darat. Contohnya ayam, kelinci, dan kucing. Ada hewan yang tinggal di air. Contohnya ikan. Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat. Contohnya katak. Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera. Menurut Beni, kera tinggal di darat. Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon. Bagaimana pendapatmu?
Minggu, 08 Maret 2020
Kamis, 05 Maret 2020
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Jumat, 06 Maret 2020
Kelas : 1 (Satu)
Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku
Sub tema : Benda hidup dan tak hidup disekitar kita
Kamu sudah mengetahui bahwa gambar lambang
negara di dinding kelas termasuk benda tak hidup.
Kamu juga sudah mengetahui simbol dan bunyi sila
ke-4 Pancasila.
Sambungkan garis putus-putus berikut agar membentuk simbol sila ke-4.
Warnailah gambar tersebut sesuai dengan simbol sila ke-4.
Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup.
Boneka, mobil-mobilan, dan kartu adalah bendatak hidup.
Dadu pun termasuk benda tak hidup.
Mari, mencoba membuat dadu.
Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.
Setelah membuat dadu, lakukan kegiatan berikut.
1. Buatlah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2. Siapkan dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan.
3. Tentukan pemain pertama yang akan menggulirkan dadu.
4. Lemparlah kedua dadu secara bersamaan.
5. Tuliskan banyaknya bilangan satuan dan puluhan sesuai kolom yang tersedia.
Tuliskan nama dan bilangan pada tabel-tabel berikut.
Rabu, 04 Maret 2020
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Kamis, 05 Maret 2020
Kelas : 1 (Satu)
Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku
Sub tema : Benda hidup dan tak hidup disekitar kita
Benda hidup dapat tumbuh besar.
Benda hidup dapat bertambah berat dan tinggi.
Tinggi badan kita bertambah sejak bayi hingga sekarang.
Hewan dan tumbuhan juga dapat bertambah tinggi.
Benda tak hidup tidak dapat tumbuh besar.
Benda-benda dapat memiliki tinggi yang berbeda-
beda.
Benda hidup dapat berkembang biak.
Benda tak hidup tidak dapat berkembang biak.
Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan.
Berkembang biak juga untuk memperbanyak
jumlahnya.
Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga Kelestariannya.
Ayo Berlatih
Ayam berkembang biak dengan cara bertelur.
Ayam biasanya bertelur .sehari hanya satu butir
Mari menghitung banyaknya telur dalam gambar
berikut ini.
Banyaknya telur adalah 47.
Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan
keranjang kecil.
Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil.
Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan.
Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan.
Jadi, 47 = 40 + 7
47 = 4 puluhan + 7 satuan
4 menempati tempat puluhan
7 menempati tempat satuan
Cobalah berlatih menyelesaikan soal-soal berikut.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar.
Lengkapi nama bilangan dan nilai tempat sesuai
bilangan yang ditunjukkan.
Kemudian warnailah kotak-kotak sesuai bilangan.
Jadi, 89 = ... + ...
... menempati puluhan.
... menempati satuan
Selasa, 03 Maret 2020
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Rabu, 04 Maret 2020
Kelas : 1 (Satu)
Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku
Sub tema : Benda hidup dan tak hidup disekitar kita
Apakah kamu sudah dapat membedakan antara
benda hidup dan benda tak hidup?
Mari kita amati gambar benda pada simbol sila-sila
Pancasila.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan lambang
bilangan yang benar.
Gunting dan tempelkan lambang bilangan pada
tempat yang benar.Senin, 02 Maret 2020
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Selasa, 03 Maret 2020
Kelas : 1 (Satu)
Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku
Sub tema : Benda hidup dan tak hidup disekitar kita
Ayo Mengamati!
Udin dan Lani bermain bersama.
Udin membawa kucing peliharaannya.
Lani membawa boneka kesayangannya.
Setiap hari Udin memberi makan kucingnya.
Semakin lama tubuh kucing tumbuh besar.
Udin sering mengajak kucingnya berjalan-jalan ditaman.
Udin merawat kucingnya setiap hari.
Lani tidak perlu memberi makan bonekanya.
Ciri benda hidup di antaranya dapat bergerak danberpindah tempat.
Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat sendiri.
Tumbuhan bergerak ke arah cahaya matahari.
Benda tak hidup tidak dapat bergerak dan berpindah tempat sendiri.
Benda tak hidup yang bergerak sendiri biasanya menggunakan mesin.
Benda hidup bergerak dan berpindah tempat dengan cara berjalan,berlari,dan terbang.
Sekarang cobalah melakukan kedua gerakantersebut.
Berjalan dan berlari sesuai irama hitungan.
Lakukan gerakan berjalan untuk hitungan 1, 2, 3,dan 4.
Lakukan gerakan berlari untuk hitungan 5, 6, 7,dan 8.
Lakukan gerakan dengan baik.
Berjalan dan berlari termasuk gerakan olahraga.
Berolahraga dengan teratur dapat membuat tubuh
kita tetap sehat dan kuat.
Minggu, 01 Maret 2020
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Senin, 02 Maret 2020
Kelas : 1 (Satu)
Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku
Sub tema : Benda hidup dan tak hidup disekitar kita
Benda hidup dan tak hidup disekitar kita
Ada banyak benda di sekitarku.
Ada manusia, hewan, dan tumbuhan.
Ada juga rumah, sepeda, mobil, dan benda lainnya.
Ada benda ciptaan Tuhan.
Ada juga benda buatan manusia.
Ada benda hidup.
Ada benda tak hidup.
Kita memanfaatkannya setiap hari.
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan atas ciptaan-Nya.
Kita juga berterima kasih kepada sesama, kita
karya-karya yang dibuatnya.
Gunakan dan peliharalah benda-benda tersebut.
Dengan benda-benda tersebut hidup kita lebih
mudah.
Udin dan teman-teman pergi bersama ke sekolah.
Mereka mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap.
Topi termasuk bagian dari seragam yang harus dikenakan.
Topi dan seragam merupakan contoh benda tak hidup.
Apakah kamu suka mengenakan topi?
Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar?
Langganan:
Postingan (Atom)