Senin, 09 September 2024

Materi Ajar : Selasa, 10 September 2024 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 5

Hari /tanggal  : Selasa 10 September 2024
Tema 3           : Tokoh dan Penemuan
Subtema 1      : Penemuan yang mengubah dunia
Pembelajaran : 5
Muatan Pembelajaran :
1. IPS : Perubahan sosial setelah ditemukan lampu pijar
2. SBdP : Menyanyikan lagu dengan nada yang tepat

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mengetahui Perubahan sosial setelah ditemukan lampu pijar
- Siswa mampu Menyanyikan lagu dengan nada yang tepat

Perhatikan rangkuman materi hari ini :

Kesimpulan:


Alhamdulillah KBM berjalan dengan lancar dan menyenangkan serta siswa sudah mengetahui Perubahan sosial setelah ditemukan lampu pijar, Siswa juga sudah mampu Menyanyikan lagu dengan nada yang tepattepat sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas.

Minggu, 08 September 2024

Materi Ajar : Senin, 9 Sepetember 2024 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 dan 5

Hari/Tanggal    : Senin, 9 September 2024
Tema                : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema           : 1 (Tokoh yang mengubah dunia)
Pembelajaran   : 4 dan 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (3.2), PKN (3.2), IPS (3.2), SBDP (3.2)

Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah duniadengan sistematis.
2. Siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3. Siswa mampu menjelaskan pentingnya bertanggung jawab atas hak yang didapat secara rinci.
4. Siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat setelah ditemukan bola lampu dengan benar.
5. Siswa mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Tahukah kamu siapa penemu bola lampu pijar? Bagaimana ia menemukannya? Sikap apa yang harus kita contoh darinya?

Ayo Membaca
Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar

Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.
Thomas Alva Edison
Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam. Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.

Identifikasi informasi pada teks eksplanasi di atas. Tulislah informasinya pada grafik berikut.

Paragraf 1: Topik Masalah
Apa yang dibahas pada teks di atas?
Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Siapakah Thomas Alva Edison?
Thomas Alva Edison penemu bola lampu pijar yang lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847.
Paragraf 3: Deret Penjelas
Bagaimana Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar?
Untuk menemukan bola lampu pijar ia menghabiskan waktu selama 2 tahun.
Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang sikap Thomas Alva Edison?
Thomas Alva Edison adalah seorang pemikir, pekerja keras, pantang menyerah dan seorang yang gigih. Dia seorang penemu yang telah mengubah dunia menjadi jauh lebih baik dengan penemuannya.

Ayo Berdiskusi
Dengan ditemukannya lampu pijar, saat ini kita dapat melakukan berbagai hal di malam hari. Seperti yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.

Lampu Belajar Hadiah dari Ayah
Setiap malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.

Siti selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh ketika belajar. Lampu belajarnya rusak. Lampu belajarnya rusak karena sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel karena jarang dibersihkan.

Ayah berpesan kepada Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini membuat barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan berikut.
1. Apakah hak yang didapatkan oleh Siti?
Siti mendapatkan haknya di rumah yaitu mendapatkan fasilitas belajar yang baik
2. Apakah hak yang didapatkan oleh adik Siti?
Adik Siti juga mendapatkan hak fasilitas belajar di rumah
3. Apakah Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?
Siti menggunakan lampu belajar dengan baik. Siti selalu menjaga,lampu belajarnya dengan mematikan ketika sudah selesai digunakan, dan membersihkannya jika kotor.
4. Apakah adik Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?
Adik Siti belum menggunakan haknya dengan baik, ia sering tidak dimatikan dan jarang dibersihkan lampu belajarnya.
5. Apa manfaatnya ketika kita menggunakan hak kita dengan tanggung jawab?
Jika kita menggunakan hak dengan baik maka maka barang-barang yang kita miliki tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang lama


Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!
Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?
BendaBagaimana kamu menggunakannyaBagaimana kamu merawatnyaApakah kamu sudah bertanggungjawab?Apa Manfaatnya
SandalMengunakan setiap hariMemberishkan jika kotorYaSandal menjadi awet
SepatuMenggunakan sepatu ke sekolahMencuci jika kotorYaSepatu menjadi awet
Tas SekolahMengisi tas dengan buku-bukuMencuci jika kotorYaTas menjadi bersih dan awet
Buku TulisUntuk menulis pelajaranMemberi sampul plastikYaBuku menjadi aet dan tidak kotoe
Tempat tidurUnuk istirahatMembersihkan setiap hariYaTidu nyaman
Apa yang dapat kamu simpulkan?
• Apakah kamu sudah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab?
Sudah, saya sudah menggunakan barang-barang dengan bertanggung jawab
• Apa manfaat ketika kamu bertanggung jawab terhadap barang-barang yang menjadi hakmu?
Jika kita bertanggung jawab terhadap barang yang menjadi hak kita kita manfaatkan dalam waktu yang lama.
Apakah kamu sudah bertanggung jawab atas hak yang sudah kamudapatkan?

Orang tua kita telah memberikan hak kepada kita untuk menggunakan barang-barang seperti sepatu, sepeda, dan lain-lain. Kita harus bertanggung jawab ketika menggunakan barang-barang tersebut. Menggunakan dengan hatihati, menyimpan ketika sudah digunakan, dan merawatnya adalah contoh bentuk tanggung jawab. Ketika kita bertanggung jawab maka barang-barang tersebut dapat kita manfaatkan dalam waktu yang lama.

Bacalah teks berikut!
Terang yang Membawa Kemudahan
Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko-toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?
Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.
2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?
Dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat antara lain sebagai berikut.
Kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan terjaga.
Di kota-kota besar kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari.
Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari.
Toko-toko buka hingga larut malam
Anak-anak dapat belajar dan mengerjakan tugas di malam hari.

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!
Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.Tuliskan dalam tabel berikut!
No.Pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat
1. Masyarakat dapat berjualan di pasar tradisional pada saat malam hari
2. Kegiatan pertemuan warga dilaksanakan pada malam hari
3. Keamanan lingkungan lebih terjamin karena berkurangnya tempat yang gelap
4. Ekonomi masyarakat bertambah karena lebih banyaknya kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan
5 Jalan raya menjadi terang sepanjang malam

Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?
Penemuan Alat
Perubahan masyarakat setelah ditemukannya setrika listrik, kompor gas, dan komputer adalah kehidupan masyarkat akan lebih peraktis dan dapat menghemat tenaga dan waktu
Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Penemuan tersebut memudahkan pekerjaan manusia.
Bola lampu pijar yang ditemukan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia di dunia. Dapatkah kamu menunjukkan diameter dari dudukan bola lampu pijar yang dibawa oleh gurumu?

Kesimpulan :

Alhamdulillah pembelajaran berjalan dengam lancar dan sudah mendapatka. Pengetahuan yaitu :
Siswa sudah mengetahui ciri Teks Eksplanasi, mengetahui susunan Rangkaian Seri dan mengetahui pengertian Tanggung Jawab

Kamis, 05 September 2024

Materi ajar : Jumat, 6 September 2024 Tema 3 Sibtema 1 pembelajaran 3

 

Hari /tgl           : Jumat 6 September 2024
Tema 3             : Tokoh dan Penemuan
Subtema 1       : Penemuan yang mengubah dunia
Pembelajaran : 3
Muatan Pembelajaran :
1. B. Indonesia : Teks Eksplanasi
2. IPA : Rangkaian Seri
3. PKN : Tanggung Jawab

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mengetahui ciri Teks Eksplanasi
- Siswa mengetahui Rangkaian Seri
- Siswa mengetahui pengertian Tanggung Jawab

Perhatikan rangkuman materi hari ini :



Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar pada hari ini berjalan dengan tertib dan dari 27 siswa di kelas, untuk mapel IPA semua siswa sudah mengetahui dan memahami rangkaian listrik sederhana yaitu rangkaian listrik seri, tetapi untuk mapel B.Indonesia masih ada beberapa siswa yang belum memahami tentang teks eksplanasi.

Rabu, 04 September 2024

Materi ajar : Kamis, 5 September 2024 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2

Hari /Tgl          : Kamis, 5 September 2024
Tema 3             : Tokoh dan Penemuan
Subtema 1       : Penemuan yang mengubah dunia
Pembelajaran : 2

Muatan Pembelajaran :
1. IPA : Manfaat listrik bagi kehidupan
2. PKN : Hak dalam kehidupan sehari hari
3. SBdP : Menyanyikan lagu daerah

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran :

- Siswa mengetahui Manfaat listrik bagi kehidupan
- Siswa mengetahui Hak dalam kehidupan sehari hari
- Siswa mampu Menyanyikan lagu daerah

Perhatikan rangkuman materi hari ini :



Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar pada hari ini berjalan dengan tertib dan dari 27 siswa di kelas, semua siswa sudah mengetahui Manfaat listrik bagi kehidupan, Siswa mengetahui Hak dalam kehidupan sehari hari dan Siswa mampu Menyanyikan lagu daerah yang berjudul apuse

Selasa, 03 September 2024

Materi ajar : Rabu, 4 September 2024 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1

Hari/Tanggal  : Rabu, 4 September 2024
Tema 3             : Tokoh dan Penemuan
Subtema 1       : Penemuan yang mengubah dunia
Pembelajaran : 1
Muatan Pembelajaran :
1. B.Indonesia : Menemukan informasi penting dari teks ilmiah tentang penemuan listrik
2. PKN : Mengamati perubahan sosial setelah ditemukan listrik
3. IPA : Rangkaian Arus Listrik

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran :

- Siswa mampu Menemukan informasi penting dari teks ilmiah tentang penemuan listrik
- Siswa Mengamati perubahan sosial setelah ditemukan listrik
- Siswa mengetahui Rangkaian Arus Listrik



Perhatikan rangkuman materi hari ini :


Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari berjalan dengan lancar dan siswa sudah mampu Menemukan informasi penting dari teks ilmiah tentang penemuan listrik lalu Siswa Mengamati perubahan sosial setelah ditemukan listrik serta Siswa mengetahui Rangkaian Arus Listrik baik yang seri maupun pararel Sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas.

Senin, 02 September 2024

Materi Ajar : Selasa, 3 September 2024 Tema 2 subtema 3 Pembelajaran 6

Hari/Tanggal    : Selasa, 3 September 2024
Tema                : 2 (Persatuan Dalam Perbedaan)
Subtema           : 3 (Bersatu Kita Teguh)
Pembelajaran   : 6
Mata Pelajaran : PKN 3.2, Bahasa Indonesia 3.2

Tujuan Pembelajaran

1. Mengetahui manfaat persatuan dan kesatuan dengan baik
2. Mencoba membuat peta pikiran tentang manfaat persatuan dan kesatuan dengan kreatif.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

MATERI PEMBELAJARAN

Bersatu untuk Maju
Kita semua tahu pepatah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh“, dan kita bisa mengambil pelajaran dari pepatah tersebut pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia. Apabila kita semua bersatu padu, tentunya bangsa kita akan semakin kuat. Kuat menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri.

Persatuan dan kesatuan bukan hanya diterapkan dalam kehidupan bernegara melainkan juga dalam kehidupan rumah tangga juga bermasyarakat. Persatuan dan kesatuan ini menjadi landasan hidup yang harmonis di segala lingkungan. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, niscaya hidup menjadi tidak tentram, lebih berat, rawan konflik dan sulit mencapai tujuan bersama yang diinginkan.
Gotong Rooyong
Beberapa contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga masyarakat sekolah bangsa negara adalah sebagai berikut.
  1. Bekerja bakti secara berkala membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal (masyarakat)
  2. Bergotong royong dalam membangun jembatan desa (masyarakat)
  3. Melakukan rapat RT/RW rutin untuk bermusyawarah dan bersilaturahmi (masyarakat)
  4. Bersama-sama merayakan hari kemerdekaan indonesia dengan berbagai perlombaan (masyarakat)
  5. Bersama-sama membersihkan rumah di hari minggu (rumah)
  6. Mengadakan rapat keluarga saat menentukan destinasi liburan akhir tahun misalnya (rumah)

Persatuan dan kesatuan memiliki beberapa manfaat bagi kesejahteraan rakyat. Manfaat persatuan dan kesatuan bagi kesejahteraan rayat antara lain sebagai berikut.
  1. Bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran.
  2. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik.
  3. Bangsa Indonesia lebih mudah untuk maju
  4. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.
  5. Supaya keutuhan dan keamanan NKRI tetap terjaga

Kesimpulan yang bisa kita ambil yaitu kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan, agar tujuan nasional yang ditargetkan bisa berjalan dengan baik. Serta beberapa manfaat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang disebutkan diatas bisa terwujud
Apa :
Apabila kita semua bersatu padu, tentunya bangsa kita akan semakin kuat..
Mengapa :
Persatuan dan kesatuan bukan hanya diterapkan dalam kehidupan bernegara melainkan juga dalam kehidupan rumah tangga juga bermasyarakat.
Siapa :
Semua Warga Masyarakat
Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesajahteraan Umum?
Bagaimana :
Bekerja bakti membersihkan lingkungan, bergotong royong, musyawarah dan silaturahmi, dan bersama-sama membersihkan rumah
Di Mana :
Di Indonesia
Kapan :
Setiap Saat

Diskusikan peta pikiran yang telah dibuat dalam kelompok!


Kesimpulan:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran pada hari ini berjalan dengan tertib dan lancar.
Untuk mapel PPKn dari 27 siswa di kelas semuanya sudah mampu memahami manfaat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat dan membuatnya dalam bentuk peta fikiran dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas.


Minggu, 01 September 2024

Materi Ajar : Senin, 2 September 2024 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5

Hari/Tanggal    : Senin, 2 September 2024
Tema                : 2 (Persatuan Dalam Perbedaan)
Subtema           : 3 (Bersatu Kita Teguh)
Pembelajaran   : 5
Mata Pelajaran : SBdP 3.2, IPS 3.2

Tujuan Pembelajaran

1. Mengetahui Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyatdi Awal Masa Kemerdekaan Indonesia dengan baik
2. Mencoba memperagakan gerakan tari Indang dengan tepat.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.


MATERI PEMBELAJARAN

Bersatu Kita Teguh’ adalah semboyan bangsa Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.
Apakah kamu masih ingat arti dari semboyan tersebut? Apa makna semboyan tersebut jika dikaitkan dengan makna upaya mengembangkan kesejahteraan rakyat di awal masa kemerdekaan Indonesia? Ayo, kita cari tahu!

Ayo Berdiskusi
Baca teks berikut dalam hati! Kemudian, diskusikan dalam kelompok!

Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyatdi Awal Masa Kemerdekaan Indonesia
Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya:


Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi:

Pinjaman Nasional
Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.

Konferensi Ekonomi
Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan.

Pembentukan Badan Perancang Ekonomi
Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.

Rencana Kasimo (Kasimo Plan)
Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar :
Menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.
Di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul;
Pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan;
Di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit;
Transmigrasi.

Persatuan Tenaga Ekonomi
Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.


Tuliskan kesimpulan dari teks tersebut pada bagan berikut!
Upaya Ekonomi
Di Awal Masa Kemerdekaan, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk dikarenakan harga barang-barang mahal akibat inflasi dan blockade ekonomi oleh NICA.
  1. Pinjaman Nasional dilaksanakan oleh menteri Keuangan Ir. Surachman dengan 40 tahun jangka waktu pengembaliannya.
  2. Konferensi Ekonomi dipimpin oleh menteri Kemakmuran, yakni Ir. Darmawan Mangunkusumo yang dihadiri oleh cendikiawan, gubernur, pejabat yang berhubungan dengan masalah ekonomi.
  3. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi merupakan inisiatif menteri Dr. A.K. Gani yang membuat rencana pembangunan ekonomi selama 2 samapi 3 tahun.
  4. Rencana Kasimo merupakan rencana produksi 3 tahun yang disusun oleh menteri urusan Bahan Makanan, yakni I.J. Kasimo.
  5. Persatuan Tenaga Ekonomi yang dipimpin oleh B.R. Motik tujuannya adalah mengiatkan kembali partisisapi pengusaha swasta.

Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu telah mempelajari seluruh gerakan dan pola lantai tari Indang. Sekarang kamu akan menampilkan seluruh gerakan dan pola lantai yang telah dipelajari.

Kesimpulan:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar.
Alhamdulillah peserta didik sudah mampu mengetahui upaya uapaya yang dilakukan oleh Indonesia untuk mensejahterakan Rakyat diawal kemerdekaan.
Dan peserta didik juga sudah mampu untuk mempraktikkan beberapa gerakan tari yang ada di Indonesia sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas.