Rabu, 19 Februari 2020

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Kamis, 20 Februari 2020
Kelas : I 
Tema : Lingkungan Bersih dan Sehat (6)
Subtema : Lingkungan Sekolahku (3)

Kalimat Perintah (Bahasa Indonesia)

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan berkampanye kepada warga sekolah. Mereka akan melakukan gerakan sekolah bersih dan sehat. Mereka akan membuat poster. Melalui poster mereka akan menyampaikan pesan. Poster tersebut akan dibawa keliling sekolah. Harapan mereka, warga sekolah mau melaksanakan pesan yang ada pada poster. Berikut ini salah satu contoh posternya.

Perhatikan poster di atas, pesan pada poster disampaikan menggunakan kalimat perintah. Dapatkah kamu membuat poster lainnya yang berisi pesan berbeda? Gunakan kalimat perintah yang baik dan santun!

Mengukur Berat Benda (Matematika)

Murid-murid melakukan kerja bakti membersihkan sekolah. Murid-murid mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang. Menurut Bu Guru sampah itu dapat disetorkan ke Bank Sampah. Sebelum disetor, murid-murid ingin tahu berat sampah. Mereka segera mengukur beratnya dengan timbangan sederhana. Sebagai alat ukurnya mereka menggunakan bola
tenis.
Inilah hasil pengukuran berat sampah.

Berdasarkan berat sampah tersebut, dapat disimpulkan bahwa:
Sampah paling berat yang dibuang siswa adalah sampah jenis ….

Nilai Persatuan Sila ke-3 Pancasila (PPKn)


Kerja bakti sudah selesai. Guru mengajak murid-murid mencari kartu bergambar. Guru menyembunyikan beberapa kartu bergambar lambang sila ketiga di halaman sekolah. Mereka harus menemukan tiga kartu-kartu bergambar tersebut. Kelompok yang paling cepat menjadi pemenang.

Selasa, 18 Februari 2020

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Rabu, 19 Februari 2020
Kelas : I 
Tema : Lingkungan Bersih dan Sehat (6)
Subtema : Lingkungan Sekolahku (3)

Kalimat Perintah (Bahasa Indonesia)

Keadaan lingkungan yang bersih dan asri tidak didapat begitu saja. Kita harus membiasakan diri menjaga kebersihan dan keasrian sekolah. Oleh karena itu, guru selalu memerintahkan kita
membersihkan lingkungan sekolah. Kita pun harus mematuhi perintah guru. Siti dan teman-temannya juga mematuhi perintah guru.

Bacalah percakapan mereka di bawah ini.
Guru : Anak-anak hari ini kita akan kerja bakti. Kita kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.
Siti : Setuju Pak. Bagaimana pembagian tugasnya, Pak?
Guru : Kelompok Siti, sapu halaman sekolah!
Siti : Baik, Pak.
Guru : Kelompok Beni, sapu lantai sekolah ya!
Beni : Siap, laksanakan Pak.
Guru : Kelompok Dayu, bersihkan kaca jendela!
Dayu : Segera kami kerjakan Pak.
Guru : Selebihnya silakan bersihkan ruang kelas masing-masing!
Siswa : Baik, Pak.

Kita harus mencontoh sikap mereka. Mereka semua melaksanakan perintah guru dengan senang hati. Sekolah milik bersama, jadi harus dirawat bersama.

Karya Seni 3 DImensi (SBdP)

Selesai kerja bakti mereka melanjutkan kegiatan. Mereka akan membuat hasil karya. Hasil karya digunakan untuk pajangan di kelas. Mereka sudah mencetak dan mengeringkan tanah liat.

Selanjutnya, mereka akan menghias tanah liat tersebut. Pak Guru memberi contoh tanah liat cetakan yang sudah dihias.


Selesai bekerja, mereka merapikan peralatan yang digunakan. Mereka juga membersihkan kembali meja kerja mereka. Mereka menjaga agar kelas mereka selalu bersih.

Senin, 17 Februari 2020

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Selasa, 18 Februari 2020
Kelas : I 
Tema : Lingkungan Bersih dan Sehat (6)
Subtema : Lingkungan Sekolahku (3)

Nilai Persatuan Sila k-3 (PPKn)

Kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan. Kebersihan lingkungan sekolah tanggung jawab semua warga sekolah. Semua warga sekolah harus memiliki rasa persatuan dalam menjaga lingkungan sekolah. Memiliki rasa persatuan adalah sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
Masih ingatkah kamu dengan bunyi sila ke-3? Bunyi sila ke-3 adalah “Persatuan Indonesia” dengan simbol pohon beringin.

Kalimat Perintah (Bahasa Indonesia)

Perhatikan percakapan berikut ini.
Ibu Guru : Dayu, bersihkan papan tulisnya ya.
Dayu : Ya Bu, segera saya laksanakan.
Ibu Guru : Edo, jangan lupa bersihkan bekas pekerjaanmu.
Edo : Siap, Bu.
Ibu Guru : Dan kamu Beni, bersihkan sampah di bawah mejamu.
Beni : Baik, Bu Guru.

Apakah kalian menemukan kalimat perintah pada percakapan di atas? Bagaimana cara yang baik menanggapi sebuah perintah?
Berdasarkan percakapan di atas, kita dapat mengetahui bahwa kita sebagai warga sekolah harus bekerja sama. Kita harus bekerja sama menjaga kebersihan. Guru selalu memerintahkan untuk membersihkan lingkungan sekolah. Kita harus menanggapi perintah tersebut dengan
santun. Ayo garis bawahi tanggapan dari sebuah perintah pada percakapan di atas!

Ayo berlatih!
Susunlah kata-kata di bawah ini menjadi sebuah kalimat perintah, kemudian buatlah kalimat tanggapannya!
1. sampah – pada – buanglah – tempatnya – Ani!
Susunannya : …………………………………………………………………………………
Tanggapannya : …………………………………………………………………………………
2. Sapulah – bersih – sampai – sekolah – halaman!
Susunannya : …………………………………………………………………………………
Tanggapannya : …………………………………………………………………………………
3. sepatumu – rak – Letakkan – Beni – di!
Susunannya : …………………………………………………………………………………
Tanggapannya : …………………………………………………………………………………
4. rapikan – Selesai – mejamu – kembali – bekerja!
Susunannya : …………………………………………………………………………………
Tanggapannya : …………………………………………………………………………………

Mengukur Berat Benda (Matematika)

Guru memerintahkan murid-murid untuk mengumpulkan sampah. Sampah yang dikumpulkan adalah sampah yang dapat didaur ulang. Misalnya sampah plastik, kaleng, kertas, atau kardus.
Sampah-sampah tersebut mempunyai berat yang berbeda. Berat sampah dapat diukur menggunakan timbangan sederhana. Ayo mengukur berat menggunakan timbangan sederhana.

Ayo timbang juga benda-benda lainnya di sekitarmu, lalu berilah tanda centang(v) pada benda yang lebih berat!

Minggu, 16 Februari 2020

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Senin, 17 Februari 2020
Kelas.              : I 
Tema : Lingkungan Bersih dan Sehat (6)
Subtema : Lingkungan Sekolahku (3)

Kalimat Perintah (Bahasa Indonesia)

Kalimat perintah merupakan kalimat yang dungkapkan untuk menyuruh seseorang melakukan sesuatu. Kalimat perintah diakhiri dengan tanda seru (!).

Ayo membaca!

Aku senang belajar di sekolah. Sekolahku bersih dan nyaman. Lingkungannya hijau dan asri. Banyak pohon ditanam di sekolahku. Setiap hari tanamannya disiram. Udara di sekolahku menjadi segar. Ruang kelas di sekolahku juga bersih. Guruku mengingatkan, “Jangan buang sampah sembarangan!”. “Buanglah sampah di tempatnya!”. Kami semua bekerja sama menjaga kebersihan. Tidak ada yang membuang sampah sembarangan.

Terdapat kalimat perintah pada cerita di atas, ayo beri garis bawah pada kalimat perintah pada cerita di atas!

Sila ke-3 Pancasila (PPKn)

Masih ingatkah kamu dengan bunyi sila-sila Pancasila? Ayo kita cari tahu! Berilah tanda (v) pada sila ke-3 Pancasila di bawah ini!
Sekarang kita tahu bunyi sila ke-3 adalah “Persatuan Indonesia”. Tahukah kamu apa lambang sila ke-3 Pancasila? Ayo kita cari tahu!
Susunlah potongan-potongan gambar di bawah ini!
 
Jadi, lambang sila-3 Pancasila adalah pohon beringin.

Karya Seni 3 Dimensi (SBdP)

Karya seni 3 dimensi dapat dibuat dari tanah liat. Contoh karya seni 3 dimensi adalah patung, guci, dsb.

Ayo kita buat pajangan dari tanah liat! Berikut urutan cara membuatnya.

1. Siapkan adonan tanah liat dan cetakan yang diinginkan.

2. Masukkan adonan tanah liat ke dalam cetakan hingga penuh.

3. Lepaskan tanah liat dari cetakannya.

4. Keringkan hasil cetakan tersebut dengan cara dijemur atau dibakar.


Untuk sementara hasil cetakanmu selesai. Biarkan sampai hasil cetakan tersebut kering. Setelah kering, hasil cetakan tersebut bisa dipajang di kelas. Kelas pun menjadi semakin indah. Kelas yang bersih dan indah meningkatkan semangat belajar. Mari kita jaga kebersihan dan kerapian kelas dan sekolah kita.


 
 

Kamis, 13 Februari 2020


MATERI AJAR

HARI/TANGGAL  : JUMAT/14 FEBRUARI 2020

ULANGAN HARIAN KELAS 1 TEMA 6 SUBTEMA 2

A. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar!
Beni : udara sangat sejuk, mari kita bermain bola di taman
Udin : maaf, aku tidak bisa. Kakiku sedang sakit
Beni : oh, maaf, aku tidak tahu. Mari kita bermain yang lain saja.
Udin: ide yang bagus, kamu teman yang baik
Beni : ayo, kita ajak eman-teman yang lain
Udin: ayo, aku sangat suka
1. Yang mengajak udin bermain bola adalah ... .
a. Kakak beni
b. Beni
c. Udin
2. Dimana beni mengajak udin bermain bola?
a. Di alun-alun
b. Di lapangan
c. Di taman
3. Mengapa udin tidak bermain bola?
a. Dimari ibunya
b. Malas
c. Kaiknya sakit
4. Kalimat permintaaf maaf padda percakapan diatas adalah ... .
a. Udara sangat sejuk
b. Maaf, aku tidak bisa
c. Kakiku sedang sakit
5. Orang yang tinggal disekitar rumah kita disebut .... .
a. Teman
b. Saudara
c. Tetangga
6. Beni mengunjungi rumah udin, beni mengajak udin main sepeda. Udin langsun berangkat
sepeda, seharusnya udin ... .
a. Langsung mengambil sepeda
b. Keluar rumah secara sembunyi=sembunyi

ibu
7. Kita harus bersikap...kepada tetangga.
a. Angkuh
b. Sombong
c. Ramah
8. Kakakmu suka bermain bola, sedangkan kamu suka bermain sepeda. Saat kakakmu
minta tolong untuk mengambilkan bola, sikapmu adalah ... .
a. Tidak mau
b. Marah
c. Mengambilkan bola
9. Waktu melihat ayahmu membersihkan taman, sikapmu adalah ... .
a. Melihat saja
b. Bermain-main dekat ayah
c. Membantu ayah
10. Pada gerakan berdiri, tubuh berpijak pada ... .
a. Tangan
b. Badan
c. Kaki
11. Gerakan tubuh yang dapat dibuat menjadi sebuah tarian adalah ... .
a. Duduk
b. Tidur
c. Menyiram tanaman
12. Gerakan memungut sampah bila dilakukan berulang-ulang dapat menjadi suatu ... .
a. Nyanyian
b. Tarian
c. Pukulan
13. Gambar di bawah ini adalah ... .
a. Segitiga
b. Segi empat
c. Lingkaran
14. Papan berbentuk ... .
a. Segitiga
b. Segi empat
c. Lingkaran
15. Piring berbentuk ... .
a. Segitiga
b. Segi empat
c. Lingkaran

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
16. Rudi: ...., kamu memang pantas menjadi juaranya.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat pujian tersebut adalah ... .
17. ...., matikan TV nya.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat permintaan tersebut adalah ... .
18. Mari, kita bermain bola di taman!
Itu adalah contoh kalimat ... .
19. Saat belajar, televisi harus di ... .
20. Jika lingkungan bersih, makapenghuni rumah akan ... .
21. Adikmu membuang sampah sembarangan, sikapmu adalah ... .
22. Saat menari, hati kita harus ... .
23. Gerakan seperti memetik ranting menjadi gerakan tari jika dilakukan secara... .
24. Jika dua bangun segitiga digabungkan akan terbentuk bangun datar ... .
25. Bangun datar yang digunakan untuk lantai berbentuk ... .

C. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
26. Buatlah satu kalimat pujian pada temanmu!
27. Jika adikmu belum bisa jalan, sikap apa yang kamu lakukan?
28. Sebutkan 2 anggota tubuh yang ikut bergerak saat kamu menari!
29. Gambarlah lingkaran!
30. Sebutkan 2 benda yang berbentuk persegi di sekitarmu!

Rabu, 12 Februari 2020

MATERI AJAR

HARI/TANGGAL      : KAMIS/13 FEBRUARI 2020
KELAS                        : 1 (SATU)
TEMA                          : 5 SUB TEMA 2


Lani bercakap-cakap dengan teman-temannya.
Mereka ingin lingkungan tetap bersih.
Lengkapilah percakapan Lani.
Gunakan kata ajakan.
Peragakan percakapan itu bersama temantemanmu.
Lani : Lingkungan rumahku tidak bersih. Sampah menumpuk di jalan. Lalat beterbangan
Siti : .... kita bekerja bakti membersihkan sampah.
Udin : Lingkungan rumahku kotor. Banyak kaleng dan genangan air. Nyamuk ada di
mana. Tetanggaku banyak terkena penyakit demam berdarah.
Beni : .... kita kubur kaleng-kaleng.
Siti : Di musim kemarau udara terasa panas. Debu-debu bertebaran. Banyak orang terkena flu dan batuk.
Edo : .... kita tanam banyak pohon.
Udin : Saat hujan deras selokan di depan rumahku meluap. Air tumpah ke jalan. Sampah-sampah bertebaran. Ternyata selokan di depan rumahku tersumbat sampah.
Lani : .... kita bersihkan selokan setiap hari.


Lingkungan di sekitar rumah Udin tampak kotor.
Udin dan teman-temannya ingin membersihkannya.
Mereka menyapu dan memungut sampah.
Mereka mencabut rumput liar.
Mereka bekerja dengan gembira.

Dapatkah kamu melakukan kegiatan itu?
Lakukan di lingkungan sekolahmu.
Lakukan bersama teman-temanmu.

Siti ingin berkreasi dengan bangun datar.
Siti menggambarkan dinding rumah impiannya.
Mari berkreasi bersama Siti.
Amati bentuk bangun datar pada halaman berikut.
Bentuk apa saja yang kamu lihat? Sebutkan.

Selasa, 11 Februari 2020

MATERI AJAR

HARI/TANGGAL      : RABU/12 FEBRUARI 2020
KELAS                        : 1 (SATU)
TEMA                             : 5 SUB TEMA 2


AYO MEMBACA

Peragakan percakapan Beni dan Udin berikut ini.
Beni : Udara sangat sejuk. Mari kita bermain bola di taman.
Udin : Maaf, aku tidak bisa. Kakiku sedang sakit.
Beni : Oh, maaf, aku tidak tahu. Mari kita bermain yang lain saja.
Udin : Ide yang bagus. Kamu teman yang baik.
Beni : Ayo, kita ajak teman-teman yang lain.
Udin : Ayo. Aku sangat suka.

Beni bermain di taman bermain.
Beni baru saja bermain ayunan tangan.
Ayunan tangan membuat tangan Beni lentur.
Ayunan tangan membuat tangan Beni kuat.
Beni bersyukur memiliki tubuh sehat.
Beni berdiskusi tentang gerakan yang dilakukan.



Berdiskusilah seperti Beni.
Ayunan tangan apa saja yang kamu ketahui?
Apa manfaatnya untuk kesehatan?
Tuliskan hasil diskusimu.
Gerakan ayunan tangan:
_______________________________________________
Manfaat gerakan ayunan tangan:
_______________________________________________


Di dekat taman bermain ada balai desa.
Di balai desa ada banyak kegiatan.
Salah satu kegiatan adalah menari.
Dayu sangat suka menari.
Dayu berlatih tari di balai desa.
Ia menirukan gerakan sehari-hari.


Setiap gerakan dilakukan berulang-ulang.
Empat kali ke kiri dan empat kali ke kanan.
Gerakan tubuh Dayu sangat luwes.
Dayu menari dengan gembira.
Menarilah seperti Dayu.

Dayu sangat gembira.
Ia baru selesai berlatih menari.
Ia menari bersama teman-temannya.
Banyak gerakan yang dilakukan Dayu saat menari.
Semua anggota tubuhnya ikut bergerak.
Anggota tubuh apa saja yang bergerak?
Gerakan apa sajakah itu?
Tulislah jawabanmu dengan rapi.

Siti sangat suka dengan lingkungan rumahnya.
Ia ikut kegiatan menari di balai desa.
Siti sangat suka berada di balai desa.

Isilah titik-titik dengan kata ajakan.
Siti : Aku suka lantai balai desa. Susunan keramiknya indah.
Lani : ......... kita ke balai desa........ amati lantai kesukaan Siti.
Dayu : Maaf, aku tidak bisa ikut.Aku harus menemani ibu ke pasar.
Udin : Terima kasih Lani. Tetapi, lain waktu sajaaku ikut. Kakiku sedang sakit.
Edo : Semoga cepat sembuh, Udin. Aku ikut, Lani.
Lani : .... Edo, kita ke balai desa.
Edo : Baiklah.