Minggu, 30 Agustus 2020

Materi Ajar : Senin, 31 Agustus 2020 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2

MATERI AJAR

Hari / tanggal                         :  Senin, 31 Agustus 2020                                      
Tema 2                                    : Persatuan Dalam Perbedaan
Subtema 2                              : Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Pembelajaran                         : 2
Muatan materi                       : PPKn (3.4),  SBdP (3.3)

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang
terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.
Mengapa persatuan dan kesatuan penting? Apa yang akan terjadi jika Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bersatu?
 
Ayo, kita pelajari simak video berikut ini :

Manfaat Bekerjasama
Kerjasama berarti suatu usaha mencapai tujuan yang dilakukan secara bersama-sama. Melakukan sesuatu secara bekerjasama membawa banyak manfaat antara lain:
       1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai
       2. Pekerjaan terasa lebih ringan
       3. Memperkuat semangat persatuan

Contoh Kerjasama yang dapat dilakukan dengan teman
      1. Membersihkan ruang kelas
      2. mengerjakan tugas kelompok
      3. Mengadakan peringatan ulang tahun sekolah
      4. Melakukan permainan tradisional secara bersama-sama
      5. Mengumpulkan dana untuk korban bencana

Pola lantai pada tarian daerah
Gerakan dalam tarian daerah harus diperagkan secara selaras. Penari biasanya berpindah-pindah tempat mengikuti sebuah formasi yang disebut pola lantai.
Macam-macam pola lantai antara lain, vertikal, horizontal, diagonal dan melingkar.
Sekarang kita akan mengidentifikasi pola lantai tari suatu daerah yaitu Tari indang yang merupakan kebudayaan asli masyarakat suku minangkabau di Sumatra Barat. Tari indang disebut juga tari badinding.

Memperagakan Gerakan dan Pola Lantai Tari Indang
Amati gambar dan baca penjelasannya!
Pola lantai dalam tari Indang:
  1. Tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi tangan kanan menumpu tangan kiri.
  2. Tangan kanan ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kiri menumpu tangan kanan).
  3. Tangan kiri ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kanan ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama 3x. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).
  4. Ulangi gerakan nomor 2.
  5. Ulangi gerakan nomor 3
  6. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  7. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
  8. Ulangi gerakan nomor 6.
  9. Ulangi gerakan nomor 7.
  10. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  11. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
Tari Indang

Tari indang biasanya ditampilkan secara berkelompok, sehingga diperlukan panggung yang luas. Panggung di sekolahku memiliki panjang 4,5 meter, lebar 3,5 meter, dan luas 15,75 m2. Panggung tersebut cukup menampung kelompok tari di kelasku.

Matematika
Simak video berikut ini :

Tugas!
Silahkan dibuka buku cetak matematika halaman 32 kerjakan no 1-5 dikerjakan dibuku tulis latihan matematika krimkan jawaban ke WA ibu guru yaa, untuk penjelasannya bisa dilihat dihalamann sebelumnya halaman 31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar