Hari/Tanggal : Senin, 18 Januari 2021
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 3 : Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat
Pembelajaran : 2, 4 dan 5
Mapel : IPA, B. Indonesia, dan SBdP
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga negara
2. Menyebutkan gagasan utama dari setiap paragraf dalam teks nonfiksi.
3. Menyebutkan contoh kegiatan tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.
Apa kabar anak sholeh sholehah di rumah ? semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 3 M, yaitu Memakai masker terutama saat berada di luar rumah, Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. dan tetap Menjaga jarak. jangan lupa agar imunitas tubuh kita tetap terjaga dengan baik, makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup.
Baiklah anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!Janganlupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Pelajaran tematik hari ini, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat. Pembelajaran 2. 4 dan 5.
Materi pembelajaran
Ciri masyarakat sejahtera antara lain dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, kesehatan tubuh dan kesehatan lingkungan harus diperhatikan oleh semua warga negara. Setiap warga negara hendaknya memiliki kesadaran untuk hidup sehat. Apa yang sudah kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu? Banyak papan reklame yang mengajak kita untuk hidup sehat. Apakah kamu pernah melihat?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Macam-Macam Reklame
Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.
Ada bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.
Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut.
Apa yang akan kamu tuliskan dan gambarkan jika kamu diminta membuat baliho sederhana tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera?
Gambarkan rancangan baliho tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera. Kamu dapat mencari gambar-gambar di media cetak maupun internet untuk mendukung rancanganmu. Gambar-gambar dapat digunakan dengan cara teknik montase. Buatlah rancangannya pada selembar kertas.
Montase adalah susunan gambar yang diambil dari berbagai media sperti koran, majalah, tabloid dll. sedangkan teknik montase adalah teknik menggambar dengan cara menempelkan susunan gambar yang telah ada sebelum gambar tersebut dibentuk.
Langkah membuat montase :
- Siapkan kertas gambar yang akan digunakan untuk menggambar
- Ambil gambar yang anda inginkan dari majalah,koran,tabloid atau lainnya
- Siapkan alat yang digunakan untuk menggambar seperti gunting, cutter, lem,spidol, pewarna(crayon), pensil dll
- Gunting bagian gambar yang diinginkan sehingga dapat digunakan atau ditempel di kertas gambar (usahakan gunting serapih mungkin dan tidak terlihat jika itu adalah potongan gambar)
- Susunlah gambar tadi pada kertas gambar sesuai yang diinginkan dengan menggabung-gabungkan gambar yang ada
- Usahakan gambar satu dan lainnya bisa dipadukan agar terlihat artistik dan menarik
- Jika sudah ditempel maka saatnya melakukan finishing dengan mewarnai menggunakan crayon,bisa juga digambar menggunakan spidol atau pensil agar gambar dapat lebih elegan
Contoh MONTASE
1. Masa Pubertas Anak Laki-laki
Kesimpulan
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalah
Pada segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas, diantaranya adalah pada masa kanak-kanak belum muncul rambut halus di ketiak dan alat kelam*n, sedang masa pubertas sudah mulai tumbuh. Belum berubahnya suara pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas, sudah ada perubahan, dan pada masa kanan-kanan belum tumbuh jakun, sedangkan masa pubertas sudah tumbuh jakun.
2. Masa Pubertas Pada Anak Perempuan
Kesimpulan
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalah
Pada segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas, diantaranya adalah pada masa kanak-kanak suara belum melengking, sedang masa pubertas sudah melengking. Belum tumbuh dan membesarnya pay*dara pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas pay*dara sudah membesar, dan pada masa kanan-kanan pinggul belum membesar, sedangkan masa pubertas pinggul sudah membesar.
Ayo Membacaa
Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
Tingkat kesejahteraan masyarakat setiap daerah di Indonesia tidaklah sama. Perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut di antaranya disebabkan pendapatan setiap kepala keluarga berbeda-beda. Selain itu, tingkat kesejahteraan masyarakat juga disebabkan oleh kemiskinan, letak geografis, globalisasi, lapangan kerja, kualitas masyarakat, dan persebaran penduduk.
Pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengubah pembangunan yang berorientasi di kota besar menjadi pembangunan yang merata hingga kepelosok desa. Pembangunan hendaknya dilakukan secara merata hingga ke desa maupun sampai ke pelosok desa.
Pembangunan di kota besar hanya akan memicu urbanisasi. Masyarakat desa akan berbondong-bondong bekerja di kota. Akibatnya, masyarakat desa enggan melakukan usaha di desa misalnya di sektor pertanian.
Sektor pertanian memiliki ketahanan paling tinggi dalam menghadapi imbas berbagai krisis. Pedesaan dapat berperan penting dalam penyediaan pangan. Bahkan, pedesaan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat karena kemampuannya menyerap tenaga kerja (khususnya di bidang pertanian). Dengan membangun pedesaan, kesejahteraan masyarakat di desa akan meningkat.
Upaya lain untuk meningkatkan kesejahteraan yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan untuk masyarakat desa. Sebagai contoh, pemerintah memberdayakan ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) untuk dilatih membatik. Ibu-Ibu di desa diberikan pelatihan membatik dengan mendatangkan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Mereka dilatih hingga mahir dalam membatik. Selanjutnya, mereka diberi pelatihan tentang manajemen usaha dan cara pemasaran produk. Pelatihan tersebut menjadi bekal yang cukup bagi ibu-ibu di desa untuk mandiri berkegiatan ekonomi. Dengan demikian, pelatihan membatik dapat melatih jiwa kewirausahaan dan mengurangi kemiskinan yang ada di Indonesia.
Tugas tematik
Tugas hari ini kerjakan soal latihan cerdas di buku LKS ( cerdas hal 9 - 10 . Silakan klik Google form di bawah ini
https://forms.gle/55X48V2wGhhaENcZ8
Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.
Biasakan ......
sholat lima waktu tepat pada waktunya
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh
Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar