Materi Ajar : Jumat, 3 September 2021 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4
Sekolah :Sd Al Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas /Semester : 6 / 1 (Satu )
Tema 3: Tokoh dan Penemuan
Subtema 1 : Penemu yang Mengubah Dunia
Mapel : IPA (3.4), B. Indonesia (3.2) dan PPKn ( 3,2)
Pembelajaran ke- : 3 dan 4
Tujuan pembelajaran : Siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan sistematis, dan mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak sholih sholihah dan keluarganya selalu dalam
keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan duha.
Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya!
Nah anak sholih sholihah sekarang Ananda akan lanjutkan pembelajaran tematik hari ini yaitu Tema 3 Tokoh dan penemuan, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia, Pembelajaran 3 dan 4.
Langsung saja kita simak video pembelajaran 3 berikut:
Baiklah anak-anak sholihah. masih ingatkah Ananda tentang pembelajaran sebelumny. Bu Guru ingatkan kembali materi pembelajaran bahasa indoensia tentang teks eksplanasi
Teks Eksplanasi Ilmiah
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.
Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab akibat.
Teks eksplanasi terdiri atas:
1. pernyataan umum (pembukaan)
2. deretan penjelas (isi)
3. penutup (kesimpulan).
Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.
Baiklah Anak sholih sholihah langsung saja Ananda tonton dan simak video pembelajaran 4 berikut ini
Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.
Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam. Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.
Berikut adalah informasi yang dapat Ananda peroleh pada teks eksplanasi di atas
Ayo Berdiskusi
Dengan ditemukannya lampu pijar, saat ini kita dapat melakukan berbagai hal di malam hari. Seperti yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.
Lampu Belajar Hadiah dari Ayah
Setiap malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.
Siti selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh ketika belajar. Lampu belajarnya rusak. Lampu belajarnya rusak karena sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel karena jarang dibersihkan.
Ayah berpesan kepada Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini membuat barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.
Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!
Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar