MATERI AJAR KELAS 6
Hari/Tanggal : Kamis, 22 September
Tema : 3 ( Tokoh dan Penemuan )
Subtema : 3 ( Ayo, Menjadi Penemu )
Pembelajaran : 3
Mata Pelajaran : B.Indonesia (3.2), IPA (3.4)
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks eksplanasi ilmiah.
2. Mampu menulis informasi penting dan menulis informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah yang dibaca dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku
3 Mampu menemukan fakta penerapan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari dan mampu mempresentasikan fakta penerapan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari.
Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar anak sholeh dan sholeha, semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat dan tetap dalam lindungan Allah SWT aamiin
Anak sholih dan sholihah, hari ini kita akan belajar Tematik Tema 3 Subtema 3 pembelajaran 3
Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.
Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.
Cermati kembali teks eksplanasi tersebut.
Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks, dan perbaiki! Tulis dalam tabel berikut!
Kosa kata tidak Baku |
Perbaikan Kosakata Baku |
Kalimat Tidak Efektif |
Perbaikan Kalimat Tidak Efektif |
dipake, buat |
dipakai, untuk |
Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake untuk
penerangan di berbagai tempat. |
Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakai untuk
penerangan di berbagai tempat. |
banget |
sekali |
Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon
natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. |
Rangkaian seri sering sekali kita lihat pada hiasan pohon
natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. |
buat |
untuk |
Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah,
rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah
merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. |
Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah,
rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi untuk penerangan adalah
gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. |
- |
- |
Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan
biaya listrik. |
Rangkaian paralel akan sangat membantu penghematan biaya
listrik. |
- |
- |
Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai
kebutuhan. |
Kita hanya perlu menyalakan lampu sesuai kebutuhan. |
Sekarang, coba temukan informasi penting dari teks eksplanasi tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya.
Paragraf 1 : Topik Masalah
Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakai buat penerangan di berbagai tempat.
Paragraf 2 : Penjelas
Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.
Paragraf 3 : Kesimpulan dan Pesan/Pendapat Pribadi Penulis
Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap
Ayo Mengamati
Temukan jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut:
1. Pilih satu ruangan di sekolah yang kamu sukai.
2. Amati jenis rangkaian yang digunakan dengan memperhatikan jumlah sakelar dan jumlah lampu di ruangan tersebut.
3. Nyala dan matikan sakelar untuk mengetahui posisi lampu yang menyala dan yang mati.
4. Catat hasil pengamatanmu.
5. Gambar rangkaian lampu tersebut sesuai dengan hasil pengamatan.
Untuk lebih jelasnya mari kita simak video di bawah ini
Jangan lupa kerjakan sholat lima waktu dengan on time, biasakan murojaah juz 30 dan patuhi selalu nasehat orangtua.
Ibu akhiri pembelajaran hari wassalamualaikum wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar