Tema 7 : Kepemimpinan
Sub Tema 3 : Ayo, memimpin !
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan Pembelajaran :
PPKn : penerapan nilai nilai sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari hari.
Bahasa Indonesia : struktur dari teks pidato dan contoh pidato.
IPA : perubahan primer dan sekunder pada masa pubertas dan cara menyikapi perubahan di masa pubertas.
IPS : kerja sama ASEAN dalam bidang Iptek.
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
SBdP : pengertian patung, bentuk patung dan bahan pembuatan patung
Matematika : Operasi hitung Bilangan Bulat
Anak-anak hari ini kita akan melaksanakan PH tema 7 subtema 3 dan matematika. Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik mampu mengidentifikasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyusun teks pidato, menyampaikan pidato, mengidentifikasi peran Indonesia di bidng pendidikan, dan mmebuat patung dari bahan lunak
Ayo MembacaApabila kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat agar kamu tahu kemampuan apa yang harus kamu kembangkan. Kamu bisa belajar tentang kebutuhan dasar seorang pemimpin dari cerita di bawah ini. Bacalah dalam hati teks berikut ini.
Ayo Membaca
Bacalah teks pidato berikut, kemudian tentukanlah bagian pembuka, inti, dan penutup.
Bagian PidatoKeterangan
Pembuka “Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini. Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”
Inti “Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan adalah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.” “Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitupun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.” “Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”
Penutup “Bapak dan ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”
Tulislah teks pidatomu di bawah ini!
Unsur PidatoKeterangan
Topik "Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam Pembuka Assalamualaikum Wr Wb. Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, juga teman-teman yang saya cintai. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan topik Bermusyawarah untuk kepentingan bersama.
Pendahuluan Musyawarah merupakan kegiatan membahas suatu masalah dengan tujuan agar mendapatkan solusi. Musyawarah sering juga kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh kecil di saat kita menentukan waktu belajar kelompok.
Inti Beberapa manfaat musyawarah antara lain sebagai berikut : Pertama musyawarah melatih untuk menyuarakan pendapat (ide). Setiap orang pasti memiliki ide atau gagasan yang dapat diungkapkan dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas.
Kedua melalui musyawarah masalah dapat segera terpecahkan. Dengan bermusyawarah, akan bisa didapatkan beberapa jalan alternatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan bersama.
Ketiga musyawarah dapat mengambil keputusan yang memiliki nilai keadilan. Musyawarah merupakan proses dengar pendapat yang nantinya keputusan yang diambil adalah merupakan kesepakatan bersama antar sesama anggota.
Keempat musyawarah menghasilkan keputusan yang dapat menguntungkan semua pihak. Keputusan yang diambil dalam suatu musyawarah tidak boleh merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah.
Marilah mulai sekarang kita membudayakan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari karena melalui musyawarah kepentingan bersama akan tetap terjaga. Musyawarah memiliki kelebihan, salah satu diantaranya adalah keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama yang merupakan jalan tengah yang membuat masalah teratasi.
Penutup Dari pidato yang telah saya sampaikan di atas maka dapat saya simpulkan tentang musyawarah untuk kepentingan bersama yaitu: pertama musyawarah dapat melatih menyuarakan ide. Kedua musyawarah dapat memecahkan masalah yang sedang kita hadapi. Ketiga musyawarah dapat menghasilkan keputusan yang menguntungkan semua pihak. Keempat musyawarah menghasilkan keputusan yang dapat menguntungkan semua pihak.
Salam Penutup Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang kurang jelas. Terima kasih. Wasalamualaikum wr.wb
Bacalah teks pidatomu di depan temanmu dan mintalah masukan agar teksmu lebih baik lagi. Tulislah masukan dari temanmu dan salin kembali teksmu di kertas kosong.
Ternyata, bergotong royong pun dapat dilakukan saat belajar untuk menghasilkan yang terbaik. Saat kamu melakukannya, kamu sudah belajar untuk menjadi seorang pemimpin.
Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi?
Sila PacasilaNilai yang Diterapkan
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Keanggotaan koperasi secara umum tanpa membeda-bedakan agama dan kepercayaan yang di anut. Setiap pelaksanaan kegiatan koperasi juga tidak boleh terlepas dari norma-norma agama yang telah ditetapkan
Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Semua anggota koperasi berhak mendapat perlakuan yang sama dan mengesampingkan perbedaan yang ada. Dalam sila kedua ini bersikap adil, menghargai hak dan kewajiban, dan bersikap tenggang rasa perlu diterapkan dalam keanggotaan koperasi
Sila Persatuan Indonesia Anggota koperasi perlu menanamkan sikap rela berkorban, cinta tanah air, dan menjaga persatuan antar anggota koperasi itu sendiri
Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan Koperasi dikelola secara demokratis. Pengambilan keputusan dalam koperasi melalui musyawarah mufakat di suatu rapat anggota. uga pemegang kekuasaan tertinggi dari koperasi adalah Keputusan Rapat Anggota Koperasi.
Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Koperasi bekerja tidak hanya untuk kepentingan anggotanya saja, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat di sekitar koperasi. isa Hasil Usaha yang timbul akibat dari pemberian pelayanan terhadap anggota, sisa tersebut dibagikan dengan adil sesuai dengan jasa partisipasinya kepada koperasi
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah ini.
Kedua gambar itu merupakan bagian dari kampus perguruan tinggi ternama. Gambar kiri merupakan kampus Nanyang Technology University (NTU) di Singapura. Gambar kanan merupakan kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok. Banyak mahasiswa NTU berasal dari Indonesia. Sebaliknya, banyak pula mahasiswa yang belajar di UI berasal dari luar negeri.
Posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang pendidikan dalam lingkup ASEAN
Kerja sama sektor pendidikan di ASEAN dilakukan oleh Komite ASEAN untuk pendidikan (ASEAN Committee on Education). Komite ini memfokuskan pada upaya mensinkronisasi standar ijazah, memperkuat dan meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan pemuda ASEAN. Untuk mendukung pencapaian tersebut, negara-negara ASEAN melakukan kerja sama berikut.
Mendorong hubungan kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan di berbagai tingkat pendidikan.
Mendorong organisasi dan sekolah di tiap-tiap negara mencari mitra kerja sama di kawasan Asia Tenggara.
Mengikuti pertukaran pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Mengadakan lokakarya atau mengundang dosen untuk memberikan kuliah di universitas negara lain.
Menjalin kerja sama di bidang akademis dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
Ayo Berkreasi
Buatlah patung dari bahan lunak di sekitarmu. Kamu dapat menggunakan tanah liat, bubur kertas, lilin, sabun batangan, atau plastisin. Buatlah bentuk seperti yang kamu inginkan. Berikut contoh membuat patung dari bubur kertas.
Siapkan kertas bekas.
Rendam kertas kira-kira selama 24 jam sampai lunak.
Buatlah kerangka menggunakan kawat. Besar kecilnya kawat menyesuaikan besar kecilnya patung yang akan dibuat.
Kertas yang sudah lunak dapat ditumbuk lagi, lalu diperas dan dicampur dengan lem kanji (sampai berbentuk seperti tanah liat).
Tempelkan bubur kertas pada kerangka kawat sesuai dengan bentuk yang dinginkan.
Untuk mendapatkan lapisan luar yang halus, lapislah dengan kertas yang berwarna putih dengan lem.
Jemur patung di bawah sinar matahari.
Setelah kering, warnai patung dengan cat kayu atau cat tembok, sesuai warna yang kamu sukai.
Matematika
1. Data hasil pengukuran berat badan kelas VI SD Tambakromo adalah sebagai berikut ( dalam Kg) :
25 25 26 28 24 27 25 28 28 24 24 27 28 24 26 26
26 28 25 24 25 25 28 27 27
Data di atas jika disajikan dalam bentuk tabel adalah ….
Perhatikan diagram lingkaran berikut!
Keterangan : Jumlah panen kedelai adalah 75 kuintal.
2. Jumlah panen ketela adalah ….
a. 10 kuintal b. 30 kuintal c. 20 kuintal d. 40 kuintal
3. Selisih jumlah panen kedelai dan jagung adalah ….
a. 40 kuintal b. 45 kuintal c. 35 kuintal d. 30 kuintal
4. Jumlah panen padi adalah ….
a. 105 kuintal b. 125 kuintal c. 150 kuintal d. 90 kuintal
5. Rata-rata jumlah panen adalah ….
a. 60 kuintal b. 50 kuintal c. 65 kuintal d. 55 kuintal
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham abi berikan kesempatan untuk bertanya.
Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini
Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?
Semoga selalu semangat ya. 👍😁
Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah .....
Semoga bermanfaat......
Semoga bermanfaat......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar