Hari/Tanggal : Kamis, 31 Oktober 2024
Satuan Pendidikan : Sd Al Azhar I Bandar Lampung
Kelas : 6
Pelajaran : Bilangan Bulat Negatif:
Sub Pelajaran : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Negatif
Mata Pelajaran : Matematika
Media ajar : Alat peraga dan PPT
1. Siswa mampu memahami bilangan bulat
2. Siswa mampu menjelaskan tentang bilangan bulat
3. Siswa mampu menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif dengan baik.
4. Siswa mampu menyelesaikan masalah operasi penjumlahan bilangan bulat negatif
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri atas bilangan bulat positif, bilangan nol dan bilangan bulat negatif. Operasi hitung bilangan bulat ada 4 macam yaitu operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
A. Penjumlahan Bilangan Bulat
Dalam menghitung hasil penjumlahan dua bilangan bulat, dapat digunakan dengan menggunakan garis bilangan. Bilangan yang dijumlahkan digambarkan dengan anak panah dengan arah sesuai dengan bilangan tersebut. Apabila bilangan positif, anak panah menunjuk ke arah kanan.Sebaliknya, apabila bilangan negatif, anak panah menunjuk ke arah kiri.
Seseorang berdiri di atas lantai berpetak. Ia memilih satu garis lurus yang menghubungkan petak-petak lantai tersebut. Ia berdiri di satu titik dan ia namakan titik 0. Penjumlahan pada garis bilangan:dilakukan dengan aturan sebagai berikut.
- Operasi penjumlahan, berarti menghadap pada arah yang tetap.
- Tanda positif, berarti ke kanan.
- Tanda negatif, berarti ke kiri.
Perhatikan langkah-langkah penjumlahan berikut!
Langkah 1
Bilangan 9 atau positif 9, artinya ke kanan 9 langkah ke depan dari 0
Langkah 2
Penjumlahan, artinya menghadap pada arah yang tetap.
Langkah 3
Bilangan –6 atau negatif 6 artinya ke kiri 6 langkah ke belakang dari 9.
Jadi, hasil dari 9 + (–6) adalah 3
Coba hitung soal berikut!
(–8) + 4 = ...
Penyelesaian
Perhatikan langkah-langkah berikut!
Langkah 1
Bilangan –8 atau negatif 8, artinya bilangan tersebut ke kiri 8 langkah ke belakang dari 0.
Langkah 2
Penjumlahan, artinya menghadap pada arah yang tetap.
Langkah 3
Bilangan 4 atau positif 4, artinya bilangan tersebut ke kanan 4
Jadi, hasil dari (–8) + 4 adalah –4
B. Pengurangan Bilangan Bulat
Seperti pada penjumlahan bilangan bulat, untuk menghitung hasil pengurangan dua bilangan bulat dapat digunakan bantuan garis bilangan. Pengurangan pada garis bilangan:dilakukan dengan aturan sebagai berikut.
Operasi pengurangan, berarti berbalik arah.
Tanda positif, berarti ke kanan.
Tanda negatif, berarti ke kiri.
Perhatikan langkah-langkah penjumlahan berikut!
Coba hitung soal berikut!
9 – 6 = ...
Penyelesaian
Perhatikan langkah-langkah berikut!
Langkah 1
Bilangan 4 atau positif 4, artinya ke kanan 4 langkah ke depan dari 0.
Langkah 2
Pengurangan, artinya berbalik arah dari langkah 1
Langkah 3
–5 atau negatif 5, artinya ke kiri 5 langkah ke belakang.
Jadi, hasil dari 4 – (–5) adalah 9.
1. Ubahlah kalimat matematika berikut ke dalam garis bilangan!
a. –5 + 12 = 7
b. 10 + (–8 ) = 2
c. 8 – (–7) = 15
d. –11 – (–8) = –3
e. –2 + (–8) – (–7) = –3
Seperti pada penjumlahan bilangan bulat, untuk menghitung hasil pengurangan dua bilangan bulat dapat digunakan bantuan garis bilangan. Pengurangan pada garis bilangan:dilakukan dengan aturan sebagai berikut.
Operasi pengurangan, berarti berbalik arah.
Tanda positif, berarti ke kanan.
Tanda negatif, berarti ke kiri.
Perhatikan langkah-langkah penjumlahan berikut!
Coba hitung soal berikut!
9 – 6 = ...
Penyelesaian
Perhatikan langkah-langkah berikut!
Langkah 1
Bilangan 9 atau positif 9, artinya bilangan tersebut ke kanan 9 langkah ke depan dari 0.
Langkah 2
Pengurangan, artinya berbalik arah.
Langkah 3
Bilangan 6 atau positif 6, artinya maju 6 langkah ke kanan dari 9.
Jadi, hasil dari 9 – 6 adalah 3.
Kerjakan soal berikut!
4 – (–5) = ...
Penyelesaian
Perhatikan langkah-langkah berikut!
Bilangan 9 atau positif 9, artinya bilangan tersebut ke kanan 9 langkah ke depan dari 0.
Langkah 2
Pengurangan, artinya berbalik arah.
Langkah 3
Bilangan 6 atau positif 6, artinya maju 6 langkah ke kanan dari 9.
Jadi, hasil dari 9 – 6 adalah 3.
Kerjakan soal berikut!
4 – (–5) = ...
Penyelesaian
Perhatikan langkah-langkah berikut!
Bilangan 4 atau positif 4, artinya ke kanan 4 langkah ke depan dari 0.
Langkah 2
Pengurangan, artinya berbalik arah dari langkah 1
Langkah 3
–5 atau negatif 5, artinya ke kiri 5 langkah ke belakang.
Jadi, hasil dari 4 – (–5) adalah 9.
1. Ubahlah kalimat matematika berikut ke dalam garis bilangan!
a. –5 + 12 = 7
b. 10 + (–8 ) = 2
c. 8 – (–7) = 15
d. –11 – (–8) = –3
e. –2 + (–8) – (–7) = –3
2. Ubahlah garis bilangan berikut menjadi kalimat matematika!
Nomor 2b = 7 + (-9) = -2
3. Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berikut!
a. –12 + 7 = -5
b. 10 – (–14) = 10 + 14 = 24
c. –25 + (–53) = -78
d. 15 + (-35) = –20
e. 27 – (–23) = 50
4. Sebuah bola dilemparkan ke atas hingga ketinggian 5 meter. Bola tersebut jatuh ke dalam sumur di kedalaman 4 meter. Berapa meter jarak yang ditempuh bola dari posisi awal hingga akhir?
5 - (-4) = 5 + 4 = 9
Demikian pembelajaran kita hari ini semoga ilmu yang di dapatkan dapat bermanfaat dan menambah wawasan.
KESIMPULAN
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran pada hari ini berjalan dengan tertib dan lancar. Alhamdulillah untuk mapel Matematika untuk materi bilangan bulat dari 27 siswa di kelas, 25 siswa semuanya sudah memahami dan dapat menghitung bilangan bulat dengan baik, namun masih ada 2 siswa yang masih kesulitan, dikarenakan kurang fokus dalam memahami konsep bilangan bulat, sehingga guru akan memberikan pendekatan lagi agar siswa dapat memahami materi bilangan bulat yang diajarkan.
39°C - 4°C = 35°C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar