Materi Kelas 6
Hari/Tanggal : Jumat, 20 Agustus 2021
Tema : 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Subtema : 2 (Bekerja sama Mencapai Tujuan)
Pembelajaran : 3 dan 4
Mapel : IPA, PKN,B.Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih dan sholiha? Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.
Baik anak sholih dan sholiha mari kita awali dengan membaca doa dilanjutkan dengan murojaah dan sholat Dhuha.
Mari kita mulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan orangtua untuk mendampingi ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran. Jangan lupa ucapkan "Tolong"ketika meminta bantuan, dan ucapkan " Terima kasih" setelah mendapat bantuan , serta ucapkan "Maaf" ketika berbuat salah.
Baik materi yang akan kita pelajari hari ini yaitu Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4
Untuk lebih jelasnya mari kita simak video pembelajaran berikut ini:
- Apa peristiwa yang terjadi pada bacaan di atas? Pertempuran yang Berkobar di Kota Ambarawa antara Tentara Keamanan Rakyat dan Sekutu.
- Mengapa terjadi pertempuran Ambarawa? Pertempuran Ambarawa terjadi karena pihak Sekutu mengingkari janji yang sudah disepakati sebelumnya.
- Siapa saja pihak yang terlibat dalam pertempuran Ambarawa? Pertempuran Ambarawa melibatkan Tentara Keamanan Rakyat, Sekutu, dan NICA
- Di mana pertempuran Ambarawa terjadi? Pertempuran Ambarawa Terjadi di Kota Ambarawa,
- Kapan pertempuran Ambarawa berlangsung? Peretempran Ambarawa terjadi pada 12 Agustus 1945.
- Bagaimana akhir dari pertempuran Ambarawa? Pasukan Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.
Contoh kalimat tanya:
Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol.
Perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah adalah Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan.
Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’ Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya. Kemungkinan NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa.
Kemampuan adaptasi mempunyai nilai untuk kelangsungan hidup. Dengan kemampuan adaptasi yang besar, suatu jenis makhluk hidup dapat menempati suatu habitat yang beraneka ragam .
Perjanjian Linggarjati (15 November 1946-25 Maret 1947)
- Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura.
- Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
- Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
- Dalam bentuk RIS, Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth/ Persemakmuran. Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.
- Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.
- Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.
- TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur
- Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan semua aktivitas gerilya. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB.
- Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
- Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tawanan perang.
- Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka dan berdaulat.
- Status Irian Barat diselesaikan dalam waktu setahun sesudah pengakuan kedaulatan.
- Akan dibentuk Uni Indonesia- Belanda.
- RIS mengembalikan hak milik Belanda dan memberikan hak konsesi dan izin baru untuk perusahaan-perusahaan Belanda.
- Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.
Apa : Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat | Mengapa : Diadakannya perundingan Linggarjati dilatarbleknagi oleh masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia | Siapa : Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Belanda diwakili oleh Wim Schermerhorn, Inggris diwakili oleh Lord Killearn. |
Perjanjian Linggarjati | ||
Bagaimana : Belanda mengakui secara de facto wilayah RI dan meninggalkan wilayah RI. Sepakat membentuk RIS dan tergabung dalam Persemakmuran. | Di Mana : Linggarjati-Jawa Baat | |
Kapan : 15 November 1946-25 Maret 1947 |
Apa : Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian antara Indonesia dan pemerintah Belanda | Mengapa : Perundingan Linggarjati sudah tidak diakui oleh kedua belah pihak | Siapa : Pemerintah Indonesia, Pemerintah Belanda dan Komisi Tiga Negara (KTN). |
Perjanjian Renville | ||
Bagaimana : Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda. TNI harus ditarik mundur. | Di Mana : Kapal perang Amerika Serikat (USS Renville) | |
Kapan : 8 Desember 1947 – 17 Januari 1948 |
Apa : Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian antara Indonesia dan pemerintah Belanda | Mengapa : Terjadinya serangan dari pihak Belanda terhadap Indonesia setelah kemerdekaan | Siapa : Mohammad Roem dan Herman van Roijen. |
Perjanjian Roem-Roijen | ||
Bagaimana : ABRI dan tentara Belanda menghentikan semua aktivitas, Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB dan dikembalikan ke Yogyakarta. | Di Mana : Hotel Des Indes, Jakarta | |
Kapan : 14 April 1949 - 7 Mei 1949 |
Apa : KMB adalah perjanjian antara Indonesia dan pemerintah Belanda | Mengapa : Kegagalan Belanda untuk meredam kemerdekaan Indonesia dan adanya kecaman dari dunia internasional | Siapa : Indonesia dipimpin Drs. Moh Hatta, BFO dipimpin oleh Sultan Hamid II dan Belanda dipimpin oleh Mr. Van Marseveen. Dari PBB dipimpin oleh Crittchlay. |
Perjanjian Konferensi Meja Bundar | ||
Bagaimana : Belanda mengakui RIS. Status Irian Barat akan diselesaikan. Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda. RIS mengembalikan hak milik Belanda, dan Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh RIS. | Di Mana : Den Haag Belanda | |
Kapan : 23 Agustus 1949 - 2 November 1949 |
Ayo Mencoba
Rasa persatuan dan kesatuan menurutku dapat meningkatkan rasa persahabatan, kekeluargaan dan tolong menolong antar sesama dan meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air
Contoh sikap yang menunjukan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari antara lain :
- Hidup rukun antara sesama manusia, saling tolong menolong jika ada yang membutuhkan pertolongan.
- Selalu menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
- Ikut serta dalam kegiatan desa, seperti gotong royong, kerja bakti, ronda, dan acara desa lainnya.
- Menjaga keamanan dan perdamaian di sekitar lingkungan bermasyarakat.
- Ikut serta dalam kegiatan pembangunan yang di selenggarakan pemerintah.
Manfaat Persatuan dan Kesatuan adalah bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.
TUGAS HARI INI:
1. IPA : KLIK DI SINI2. PKN : KLIK DI SINI
Demikian kegiatan pembelajaran kita hari ini, semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat.
tetap semangat belajar di rumah, Kerjakan sholat lima waktu on time, biasakan murojaah hafalannya dan selalu patuhi nasehat orangtua. Ibu Guru akhiri
Wassalamualaikum wr. wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar