Materi Kelas 6
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Agustus 2021
Tema : 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Subtema : 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)
Pembelajaran : 1
Mapel : B. Indonesia (3.4), IPS (3.4), IPA (3.3), Matematika
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan menuliskan peristiwa penting pada teks tentang semangat persatuan dengan menggunakan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
2. Menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran.
3. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya.
4. Menyelesaikan soal hitung campuran dengan benar.
Apa kabar anak sholih dan sholiha? Semoga semua dalam keadaan sehat walafiyat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin
Dalam masa pandemi ini ibu guru harap kalian tetap waspada dan selalu melakukan 5M yaitu:
1. Memakai masker
2. Menjaga jarak
3. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
4. Menjauhi kerumunan
5. Mengurangi mobilitas
Serta makan-makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur supaya badan tetap sehat.
Baik anak sholih dan sholiha kita awali pembelajaran pagi hari ini dengan membaca doa dilanjutkan murojaah dan sholat Dhuha.
Mari kita mulai pembelajaran kita hari ini, mintalah bantuan kepada orangtua untuk mendampingi ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran. Jangan lupa ucapkan Tolong ketika meminta bantuan dan ucapkan terima kasih setelah mendapat bantuan, serta ucapkan maaf apabila berbuat salah
Baik hari ini kita akan belajar tentang materi tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan) pembelajaran 1 dan Matematika.
Yang pertama kita akan membahas tentang matematika terlebih dahulu.
Urutan Pengerjaan Operasi Hitung
1. tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu
2. Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan (sebelah kiri)
3. Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan.
Agar mudah mengingat langkah-langkah operasi hitung bilangan cacah,
ingatlah KUKUBATAKU (Kurang Kali bagi Tambah Kurang)
Peta Pikiran Pertempuran Surabaya
Apa : Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya | Mengapa : Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya | Siapa : Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby dan Pemuda Surabaya |
Pertempuran Surabaya | ||
Bagaimana : Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. | Di Mana : Kota Surabaya | |
Kapan : 10 Nopember 1945 |
Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!
- Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
- Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
- Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
- Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan
1. Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa
Apa : Pertempuran yang berkobar di Ambarawa | Mengapa : Sekutu mengingkari perundingan damai | Siapa : Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA |
Pertempuran Ambarawa | ||
Bagaimana : Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur | Di Mana : Ambarawa | |
Kapan : 12 Desember 1945 |
Ayo Mengamati
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Ayam | Ciri ciri ayam yaitu : Hewan berkaki dua memiliki bulu Termasuk kedalam kelompok unggas Memiliki paruh Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain. |
2. | Bebek | Ciri ciri Bebek : Memiliki paruh Memiliki kaki yang lebar dan berselaput Bernafas dengan paru paru Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa. |
3. | Cicak | Ciri ciri Cicak Memiliki kaki perekat Hewan melata memiliki kulit yang bersisik Memiliki ekor yang panjang dan dapat putus Berkembang biak secara ovipar (bertelur) Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
4. | Ikan | Ciri ciri Ikan : Memiliki sisik dan lendir Memiliki sirip dan bernapas dengan insang Berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Kucing | Ciri ciri kucing yaitu : Memiliki kumis atau misai, Memiliki bantalan halus di telapak kaki. Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik Memiliki alat keseimbangan Memiliki cakar untuk menangkap mangsa Ciri ciri habitat kucing : Terdapat di daratan seperti hutan dan perumahan |
2. | Kelinci | Ciri ciri Kelinci Memiliki telinga panjang Hewan ini berjalan dengan cara melompat Selalu siaga bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman Pertumbuhan giginya secara terus menerus Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
3. | Belut | Ciri ciri belut : Belut tidak memiliki sirip, Memiliki lendir pada tubuhnya Bernafas dengan insang. Banyak menghuni rawa-rawa, persawahan, Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!
Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, kucing memiliki bantalan halus di telapak kaki agar tidak bersuara saat berjalan, kelinci berjalan dengan melompat menggunakan kakinya, dan belut memiliki insang agar dapat bernapas di air.
Nah bagaimana dengan penjelasan diatas? Ibu harap kalian dapat memahaminya dengan baik.
Baik untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian terhadap materi yang telah disampaikan, coba kalian kerjakan latihan berikut ini!!!
TUGAS HARI INI:
1. Matematika
1) 120 + 30 : 6 = ...
2) 20 : 5 x 4 + 3 = ...
3) (-32 + 50) : 9 x 3 = ...
4) 16 : 2 + (-5) x 2 - (-3) = ...
5) 7 x (-6) + (-81) : 9 = ...
2. B. Indonesia : KLIK DISINI
Tugas dikirim beserta kolase kegiatan daring kalian hari ini melalui WA Ibu Guru ya Nak !!!
Demikian pembelajaran kita hari ini semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat.
Tetap semangat, kerjakan sholat lima waktu on time, biasakan membaca Al Quran dan murojaah hafalannya, serta patuhi nasehat kedua orangtua di rumah. Ibu akhiri
Wassalamualaikum wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar