Selasa, 17 Agustus 2021

Materi Ajar : Rabu, 18 Agustus 2021 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1

 Materi Kelas 6
Hari/Tanggal            : Rabu, 18 Agustus 2021
Tema                        : 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Subtema                   : 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan)
Pembelajaran           : 1
Mapel                       : B. Indonesia (3.4), IPS (3.4), IPA (3.3), Matematika

Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan menuliskan peristiwa penting pada teks tentang semangat persatuan dengan menggunakan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
2. Menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran.
3. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya.
4. Menyelesaikan soal hitung campuran dengan benar.

Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar anak sholih dan sholiha? Semoga semua dalam keadaan sehat walafiyat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin

Dalam masa pandemi ini ibu guru harap kalian tetap waspada dan selalu melakukan 5M yaitu:
1. Memakai masker
2. Menjaga jarak
3. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
4. Menjauhi kerumunan
5. Mengurangi mobilitas
Serta makan-makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur supaya badan tetap sehat.

Baik anak sholih dan sholiha kita awali pembelajaran pagi hari ini dengan membaca doa dilanjutkan  murojaah dan sholat Dhuha.
Mari kita mulai pembelajaran kita hari ini, mintalah bantuan kepada orangtua untuk mendampingi ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran. Jangan lupa ucapkan Tolong ketika meminta bantuan dan ucapkan terima kasih setelah mendapat bantuan, serta ucapkan maaf apabila berbuat salah

Baik hari ini kita akan belajar tentang materi tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) subtema 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan) pembelajaran 1 dan Matematika.
Yang pertama kita akan membahas tentang matematika terlebih dahulu.

Urutan Pengerjaan Operasi Hitung
1. tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu
2. Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan (sebelah kiri)
3. Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan.
Agar mudah mengingat langkah-langkah operasi hitung bilangan cacah,
ingatlah KUKUBATAKU (Kurang Kali bagi Tambah Kurang)


Nah tadi kita sudah membahas tentang materi Matematika, selanjutnya kita akan mempelajari materi tematik. Mari kita simak video berikut ini:



Peta Pikiran Pertempuran Surabaya
Apa :
Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya
Mengapa :
Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya
Siapa :
Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby dan Pemuda Surabaya

Pertempuran
Surabaya

Bagaimana :
Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.
Di Mana :
Kota Surabaya
Kapan :
10 Nopember 1945

Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!


Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat efektif.
  1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
  2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
  3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
  4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan
Kamu akan mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian tugas sebagai berikut:

1. Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa

Apa :
Pertempuran yang berkobar di Ambarawa
Mengapa :
Sekutu mengingkari perundingan damai
Siapa :
Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA

Pertempuran
Ambarawa

Bagaimana :
Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur
Di Mana :
Ambarawa
Kapan :
12 Desember 1945

Ayo Mengamati 

Amati gambar berikut!
Hewan dan Habitatnya

Tuliskan hasil diskusimu pada diagram berikut!
Ciri Hewan dan habitatnya
No.Nama HewanCiri-Ciri dan Habitat
1.AyamCiri ciri ayam yaitu :
Hewan berkaki dua memiliki bulu
Termasuk kedalam kelompok unggas
Memiliki paruh
Berkembang biak dengan bertelur

Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain.
2.BebekCiri ciri Bebek :
Memiliki paruh
Memiliki kaki yang lebar dan berselaput
Bernafas dengan paru paru
Berkembang biak dengan bertelur

Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa.
3.CicakCiri ciri Cicak
Memiliki kaki perekat
Hewan melata memiliki kulit yang bersisik
Memiliki ekor yang panjang dan dapat putus
Berkembang biak secara ovipar (bertelur)

Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat
4.IkanCiri ciri Ikan :
Memiliki sisik dan lendir
Memiliki sirip dan bernapas dengan insang
Berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar

Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan


Ayo Mengamati
Amati tiga hewan yang ada di sekitarmu!
Berdasarkan pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta habitatnya! Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu!
No.Nama HewanCiri-Ciri dan Habitat
1.KucingCiri ciri kucing yaitu :
Memiliki kumis atau misai,
Memiliki bantalan halus di telapak kaki.
Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik
Memiliki alat keseimbangan
Memiliki cakar untuk menangkap mangsa

Ciri ciri habitat kucing : Terdapat di daratan seperti hutan dan perumahan
2.KelinciCiri ciri Kelinci
Memiliki telinga panjang
Hewan ini berjalan dengan cara melompat
Selalu siaga bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman
Pertumbuhan giginya secara terus menerus 

Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat
3.BelutCiri ciri belut :
Belut tidak memiliki sirip,
Memiliki lendir pada tubuhnya
Bernafas dengan insang.
Banyak menghuni rawa-rawa, persawahan, 

Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan

 kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!

Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, kucing memiliki bantalan halus di telapak kaki agar tidak bersuara saat berjalan, kelinci berjalan dengan melompat menggunakan kakinya, dan belut memiliki insang agar dapat bernapas di air.

Nah bagaimana dengan penjelasan diatas? Ibu harap kalian dapat memahaminya dengan baik.
Baik untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian terhadap materi yang telah disampaikan, coba kalian kerjakan latihan berikut ini!!!

TUGAS HARI INI:
1. Matematika 
    1)  120 + 30 : 6    = ...
    2)  20 : 5 x 4 + 3    = ...
    3)  (-32 + 50) : 9 x 3 = ...
    4)  16 : 2 + (-5) x 2 - (-3) = ...
    5)  7 x (-6) + (-81) : 9 = ...

2. B. Indonesia :  KLIK DISINI
Tugas dikirim beserta kolase kegiatan daring kalian hari ini melalui WA Ibu Guru ya Nak !!!

Demikian pembelajaran kita hari ini semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat.
Tetap semangat, kerjakan sholat lima waktu on time, biasakan membaca Al Quran dan murojaah hafalannya, serta patuhi nasehat kedua orangtua di rumah. Ibu akhiri
Wassalamualaikum wr.wb.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar