Tema : 1 (Selamatkan Makhluk Hidup)
Subtema : 2 (Hewan Sahabatku)
Pembelajaran : 5 dan 6
Mata Pelajaran : B.Indonesia (3.1), PPKN (3.1) IPA (3.1), sbdp 3.1
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa mampu Menemukan ide pokok dan menyimpulkan teks berdasarkan ide pokok dengan tepat.
2. Siswa mampu Menemukan dan menerapkan 3 contoh sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
3. Siswa mampu memahami ciri2 khusus pada makhluk hidup (hewan) dengan baik.
4. Siswa mampu mengetahui Teknik pembuatan patung dengan baik.
Ayo Membaca
Hewan ini memiliki fakta yang menarik. Kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia. Berikut ini fakta tentang kelelawar.
Kelelawar merupakan hewan mamalia.
Tubuh kelelawar sangat bersih.
Pada umumnya kelelawar mempunyai satu anak dalam satu tahun.
Kelelawar hidup 20 sampai 30 tahun.
Kelelawar berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman.
Kotoran kelelawar yang menempel pada gua justru akan melestarikan ekosistem, karena pada kotoran tersebut beberapa bakteri dan organisme lain menggantungkan hidup.
Kelelawar tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari.
Kegiatan hari ini membutuhkan panca indra pendengaran. Kamu harus konsentrasi agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Gurumu akan membacakan teks laporan dan kamu harus menyimpulkannya. Kesimpulanmu harus ditulis dengan menggunakan kosakata baku. Simaklah gurumu dengan saksama
Hiu Gergaji
Hiu gergaji hidup di Danau Sentani. Hiu gergaji dikenal dengan nama pari atau hiu sentani karena memang hidup di Danau Sentani, Papua.
Hiu gergaji menggunakan giginya yang berjumlah 14 hingga 22 gigi gergaji. Ia menggunakan giginya ini untuk mencari makan dan pertahanan diri. Tubuhnya berwarna keabu-abuan dan ramping. Ia dapat berenang dengan cepat.
Kesimpulan :
Hiu gergaji hidup di Danau Sentani. Hiu ini memiliki gigi gergaji, berwarna keabu-abuan, dan dapat berenang dengan cepat..
Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di rumah Udin. Di sana banyak makanan. Di meja sebelah kiri ada ayam goreng, sate ayam, dan ikan bakar. Di meja sebelah kanan terlihat ada rendang dan soto ayam. Wah, Siti dan teman-temannya bingung memilihnya. Semua terlihat enak. Beni mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam, 2 rendang, dan sepotong ikan bakar. Siti mengambil 3 tusuk sate saja. Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja.
Jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan dengan teman kelompokmu.
Apa pendapatmu tentang sikap Beni?
Beni anak yang rakus, alangkah baiknya jika mengambil makanan secukupnya saja.
Apa pendapatmu tentang sikap Siti?
Siti hanya mengambil 3 tusuk sate saja, sehingga cukup untuknya
Apa pendapatmu tentang sikap Edo?
Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja dan jangan berlebihan
Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
- Ketuhanan yang Maha Esa
- Kemanusiaan yang adil dan beradab
- Persatuan Indonesia
- Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Apakah yang dilakukan oleh Beni sesuai dengan sila kelima Pancasila? Beni melakukan pemborosan dan hal tersebut tidak baik bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup orang banyak. Pemborosan yang dilakukan Beni dapat berakibat langkanya sumber hewani sebagai sumber makanan.
Bersikap adil, menghormati hak-hak orang lain, suka memberi pertolongan, tidak boros, tidak bergaya hidup mewah, tidak merugikan kepentingan orang lain, suka bekerja keras, dan menghargai hasil karya orang lain adalah merupakan contoh penerapan sila kelima.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila. Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
- Bersikap adil, dengan menghargai semua teman, guru dan semua pegawai-pegawai di sekolah
- Menghormati hak-hak orang lain, dengan minta ijin sebelum meminjam barang milik teman.
- Suka memberi pertolongan, dengan membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.
- Tidak boros, ditunjukan dengan mengambil makanan secukupnya saja.
- Tidak bergaya hidup mewah, dengan menggunakan pakaian sesuai aturan sekolah.
- Tidak merugikan kepentingan orang lain, dengan mematuhi peraturan yang ada di sekolah
- Suka bekerja keras, ditunjukan dengan belajar rajin dan tekun.
- Menghargai hasil karya orang lain dengan memberikan pujian terhadap hasil pekerjaan teman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar