Tema : 2 (Persatuan Dalam Perbedaan)
Subtema : 2 (Bekerjasama Mencapai Tujuan)
Pembelajaran : 4
Mata Pelajaran : PKN 3.2, IPS 3.2
Tujuan Pembelajaran
1. Mengetahui upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan secara diplomasi dengan baik.
2. Memahami makna dari persatuan dan kesatuan dengan tepat.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
MATERI PEMBELAJARAN
Ayo Berdiskusi
Pada pertemuan sebelumnya kamu telah mempelajari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, kamu juga sudah ditugaskan secara berkelompok untuk mencari informasi tentang berbagai peristiwa terkait upaya mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah seperti di bawah ini.
1. Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa
Apa : Pertempuran yang berkobar di Ambarawa | Mengapa : Sekutu mengingkari perundingan damai | Siapa : Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA |
Pertempuran Ambarawa | ||
Bagaimana : Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur | Di Mana : Ambarawa | |
Kapan : 12 Desember 1945 |
2. Peta Pikiran Pertempuran Medan Area
Apa : Pertempuran yang berkobar di Kota Medan | Mengapa : Kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA serta ultimatum Sekutu | Siapa : Barisan Pemuda Indonesia dan Sekutu dibawah pimpinan T.E.D Kelly |
Pertempuran Medan Area | ||
Bagaimana : Medan jatuh ke tangan pasukan sekutu dan TKR harus mengungsi Pematang Siantar | Di Mana : Kota Medan | |
Kapan : 13 Oktober 1945 - 1946 |
3. Peta Pikiran Bandung Lautan Api
Apa : Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung | Mengapa : Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata. | Siapa : Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia |
Pertempuran Bandung Lautan Api | ||
Bagaimana : TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. | Di Mana : Kota Bandung | |
Kapan : 23 Maret 1946 |
4. Peta Pikiran Agresi Militer 1
Apa : Operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia | Mengapa : Belanda merencanakan negara-negara boneka dan ingin mengembalikan kekuasaan Belanda atas Indonesia. | Siapa : Pemerintah Belanda di bawah van Mook dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman |
Pertempuran Agresi Militer 1 | ||
Bagaimana : Gencatan senjata akhirnya tercipta sementara. Belanda kembali mengingkari dengan Agresi Militer Belanda II. | Di Mana : Sumatra dan Jawa | |
Kapan : 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947. |
5. Peta Pikiran Agresi Militer 2
Apa : Belanda melancarkan agresinya yang kedua dengan menggempur Ibu kota RI, Yogyakarta. | Mengapa : Belanda masih ingin menjajah Indonesia dan mereka melihat persetujuan renvile lebih menguntungkan Indonesia | Siapa : Pemerintah Belanda di bawah Simon Hendrik Spoor dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman |
Pertempuran Agresi Militer 2 | ||
Bagaimana : Jatuhnya ibu kota menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat RI di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara. | Di Mana : Sumatra dan Jawa | |
Kapan : 19–20 Desember 1948 |
Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu telah mempelajari beberapa gerakan dalam tari Indang. Latih kembali gerakan tersebut secara berpasangan.
Apakah kamu sudah dapat melakukan seluruh gerakan dengan baik?
Gerakan mana yang sudah kamu kuasai dengan baik? Jelaskan!
Gerakan mana yang belum kamu kuasai dengan baik?
Apa rencanamu agar gerakan tersebut lebih baik lagi?
Kamu telah melakukan kerja sama secara berkelompok untuk mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Apakah kerja sama yang kamu lakukan dapat terlaksana dengan baik?Apakah tujuan dapat tercapai melalui kerja sama tersebut?
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan
Dari 27 siswa di kelas 25 siswa untuk mapel PPKN sudah mampu memahami upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan secara diplomasi dengan baik, namun masih ada 2 siswa yang belum memahami dan untuk mapel IPS dari 27 siswa semuanya telah memahami makna dari persatuan dan kesatuan dengan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas.
Sebelumnya kamu telah mempelajari beberapa gerakan dalam tari Indang. Latih kembali gerakan tersebut secara berpasangan.
Apakah kamu sudah dapat melakukan seluruh gerakan dengan baik?
Gerakan mana yang sudah kamu kuasai dengan baik? Jelaskan!
Gerakan mana yang belum kamu kuasai dengan baik?
Apa rencanamu agar gerakan tersebut lebih baik lagi?
Kamu telah melakukan kerja sama secara berkelompok untuk mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Apakah kerja sama yang kamu lakukan dapat terlaksana dengan baik?
Iya. Dapat terlaksana dengan baik. Dengan kerjasama tugas mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dapat terselesaikan dengan baik
Tujuan juga dapat tercapai yaitu selesainya tugas tepat waktu
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan
Dari 27 siswa di kelas 25 siswa untuk mapel PPKN sudah mampu memahami upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan secara diplomasi dengan baik, namun masih ada 2 siswa yang belum memahami dan untuk mapel IPS dari 27 siswa semuanya telah memahami makna dari persatuan dan kesatuan dengan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar