Fase/Kelas : C / VI
Mata Pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia.
Matematika
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (fiksi dan informasional) yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi, serta mampu menulis teks naratif dan surat untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.
Tujuan Pembelajaran: Murid dapat memahami dan menganalisis perasaan tokoh, permasalahan yang dihadapinya, serta solusi dalam teks narasi "Aku Anak Indonesia".
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Matematika
1. Pecahan adalah bagian dari suatu kesatuan yang dibagi menjadi beberapa bagian yang sama besar. Pecahan terdiri dari dua bagian:
· Pembilang (numerator): Angka yang ada di atas garis pecahan.
· Penyebut (denominator): Angka yang ada di bawah garis pecahan.
Contoh:3/4
· Pembilang = 3
· Penyebut = 4
Ini berarti "3 dari 4 bagian yang sama besar."
2. Jenis-jenis Pecahan
Pecahan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
· Pecahan Sejenis: Pecahan yang penyebutnya sama.
o Contoh: 1/4, 3/4, 2/4
· Pecahan Tak Sejenis: Pecahan yang penyebutnya berbeda.
o Contoh: 1/4, 1/3, 1/2
· Pecahan Campuran: Gabungan antara bilangan bulat dan pecahan.
o Contoh: 1 1/2
· Pecahan Desimal: Pecahan yang penyebutnya adalah kelipatan 10 (10, 100, 1000, dll).
o Contoh: 0.5 (1/2), 0.75 (3/4)
3. Operasi pada Pecahan
A. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Sejenis
Untuk penjumlahan atau pengurangan pecahan sejenis, hanya pembilang yang dijumlahkan atau dikurangkan, sedangkan penyebutnya tetap sama.
Contoh Penjumlahan Pecahan Sejenis:
1/4 + 2/4 = (1 + 2)/4 = 3/4
Contoh Pengurangan Pecahan Sejenis:
3/5 - 1/5 = (3 - 1)/5 = 2/5
B. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Tak Sejenis
Untuk pecahan tak sejenis, kita harus mencari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari penyebut pecahan-pecahan tersebut, kemudian menyamakan penyebutnya.
Contoh Penjumlahan Pecahan Tak Sejenis:
1/3 + 1/4
Cari KPK dari 3 dan 4, yaitu 12.
1/3 = 4/12 dan 1/4 = 3/12.
Jadi, 4/12 + 3/12 = 7/12.
BAHASA INDONESIA
Formulir pendaftaran dan daftar riwayat hidup adalah dua dokumen yang berbeda namun seringkali digunakan bersamaan dalam proses aplikasi atau pendaftaran. Formulir pendaftaran digunakan untuk mengumpulkan data dasar dan informasi kontak, sedangkan daftar riwayat hidup (atau Curriculum Vitae/CV) memberikan gambaran lebih rinci tentang pengalaman, pendidikan, dan kualifikasi seseorang.
Formulir Pendaftaran
Definisi:
Formulir yang digunakan untuk mengumpulkan data dasar dan informasi kontak saat mendaftar ke suatu kegiatan, organisasi, atau program.
Tujuan:
Memudahkan proses pengumpulan data awal dan memastikan semua peserta/pelamar memberikan informasi yang dibutuhkan.
Isi:
Biasanya berisi data pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan informasi kontak lainnya.
Contoh:
Formulir pendaftaran untuk kursus, seminar, keanggotaan organisasi, atau acara tertentu.

Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae/CV):
Definisi:
Dokumen yang merinci riwayat hidup seseorang, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan informasi relevan lainnya.
Tujuan:
Memberikan gambaran lengkap tentang kualifikasi dan pengalaman seseorang kepada pihak yang berkepentingan, seperti perusahaan atau lembaga pendidikan.
Isi:
Biasanya mencakup informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, penghargaan, organisasi, dan informasi relevan lainnya.
Contoh:
CV yang digunakan untuk melamar pekerjaan, beasiswa, atau program pendidikan lanjutan.

Perbedaan Utama:
Informasi yang Dikumpulkan:
Formulir pendaftaran mengumpulkan data dasar, sedangkan CV memberikan informasi rinci tentang kualifikasi dan pengalaman.
Tujuan:
Formulir pendaftaran digunakan untuk mengumpulkan data awal, sedangkan CV digunakan untuk memberikan gambaran lengkap tentang kualifikasi seseorang.
Format:
Formulir pendaftaran biasanya memiliki format yang lebih sederhana dan terstruktur, sedangkan CV bisa lebih fleksibel dalam format dan penyajian informasi.
- Contoh Penggunaan Bersamaan:Dalam banyak kasus, formulir pendaftaran dan CV digunakan bersamaan. Misalnya, saat melamar pekerjaan, pelamar biasanya diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang berisi informasi dasar, dan juga menyerahkan CV untuk memberikan informasi yang lebih rinci tentang kualifikasi mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar