Senin, 21 Juli 2025

Materi ajar : Selasa, 22 Juli 2025 IPAS dan B.Indonesia

Hari/Tanggal     : Selasa, 22 Juli 2025
Kelas                   :VI (Enam) Fase C
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPAS


BAHASA INDONESIA

CP:
Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.1. Menyimak
Menganalisis informasi dari teks nonsastra berbentuk teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengarkan; dan menganalisis isi teks sastra berbentuk teks aural.

1.2. Membaca dan Memirsa

Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dari bacaan dan/atau tayangan yang dipirsa; dan menganalisis informasi serta nilai-nilai dalam teks sastra dan nonsastra berwujud teks visual dan/atau audiovisual.

1.3. Berbicara dan Mempresentasikan

Mempresentasikan gagasan dari berbagai tipe teks dengan efektif dan santun; dan menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk teks sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.

1.4. Menulis

Menulis berbagai tipe teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan/atau imajinasi dengan rangkaian kalimat kompleks secara kreatif, menarik, dan/atau indah; dan menggunakan kaidah kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif dan konotatif.

TP:

Memahami dan menganalisis tokoh, alur, dan permasalahan dalam teks narasi "Aku Anak Indonesia"

IPAS

CP: Pemahaman IPAS

Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; menganalisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi, serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerapkan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.

TP: Murid mampu mengetahui organ organ utama pada sistem peredaran darah

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Menyimak Cerpen “Aku Anak Indonesia”. Tujuan pembelajaran kali ini adalah menyimak dengan saksama, memahami, memaknai instruksi yang lebih kompleks sesuai jenjangnya, memahami dan menganalisis ide pokok dan ide yang lebih terperinci dalam paparan guru atau teman dan dalam teks audiovisual dan teks aural (teks yang dibacakan, misalnya buku atau yang dibacakan nyaring atau siaran berita)

Menyimak adalah suatu kegiatan atau keterampilan seseorang dalam mendengarkan, memperhatikan, dan memahami lambang-lambang bahasa lisan atau ujaran yang diterima melalui pendengaran untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, serta memahami makna komunikasi disampaikan oleh pembicara.

Cerpen juga bisa disebut sebagai fiksi prosa karena cerita yang disuguhkan hanya berfokus pada satu konflik permasalahan yang dialami oleh tokoh mulai dari pengenalah karakter hingga penyelesaian permasalahan yang dialami oleh tokoh. Cerpen juga terdiri tidak lebih dari 10.000 kata saja.

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Saat membaca cerpen biasanya sangat cepat selesai. Selain itu, isi pada cerpen juga sangat mudah dipahami karena ceritanya yang relatif pendek. Oleh karena itu banyak orang yang suka dengan cerita yang singkat dan tidak rumit seperti pada cerpen.

Tujuan menyimak setiaporang pun berbeda-beda, itu semua sesuai dengan bahan yang disimak. Kegiatanmenyimak cerpen mempunyai tujuan agar siswa mampu menangkap isi dari pesan yang disampaikan serta dapat mengungkapkannya kembali.
Aku Anak Indonesia
Kalian suka cerita Hana itu? Sekarang, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Siapa tokoh utama dalam cerita ini? 
Tokoh utama dalam cerita ini adalah Hana
2. Apa yang dikhawatirkan oleh tokoh utama?
Hana khawatir tidak dapat diterima oleh teman-teman di sekolah barunya
3. Apakah kekhawatiran tokoh utama terbukti? Mengapa?
Kekhawatiran Hana tidak terbukti karena teman-teman baru Hana terbuka berkenalan dengannya dan senang membantunya dalam menyesuaikan diri di sekolah barunya.
4. Pada awal cerita, Pak Rizal menyatakan bahwa anak-anak Indonesia mempunyai sifat ramah. Apakah kalian setuju dengan pendapat Pak Rizal? Jelaskan alasannya.
Setuju, anak-anak Indonesia bersifat terbuka, berkawan, dan senang membantu.
5. Apa saja yang akan kalian lakukan jika ada murid baru di kelasmu?
Kalau ada murid baru di kelas saya, saya akan berkenalan dengannya dan menawarkan bantuan supaya dia tidak merasa sungkan di sekolah barunya.
6. Sekarang, tuliskan daerah asal kalian!
Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah
7. Apakah daerah yang kalian tulis tersebut tempat kelahiran, tempat tinggal, atau keduanya? 
Tempat tersebut merupakan tempat kelahiran dan tempat tinggalku.

Kosa Kata Baru
Adakah kata-kata sulit yang belum kalian pahami dalam cerita tersebut?Gunakan kamus untuk mencari arti kata-kata berikut ini. Buatlah kalimat menggunakan kata-kata tersebut lalu tulislah dalam tabel ini di buku tulis kalian.Satu kata telah dikerjakan untuk kalian

Kosakata Baru dalam Bacaan “Aku Anak Indonesia”
KBBI https://kbbi.kemdikbud.go.id
  1. menjura: v ark membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan (dengan maksud menghormat)
  2. berdentang: v berbunyi “tang, tang” (seperti besi dipukul keras-keras dan sebagainya)
  3. siang bolong: ki tengah hari ketika matahari sedang panas-panasnya
  4. degup: n tiruan bunyi denyut jantung yang keras
  5. menyanggah: v mempunyai pendapat lain (berbeda) dengan pemrasaran dan sebagainya (dalam diskusi)
  6. menciut: v ki menjadi tawar atau takut (tentang hati, perasaan)
  7. membesarkan hati: 1. menggembirakan hati, 2. memberanikan hati, 3. membanggakan
  8. buah tangan: barang yang dibawa dari bepergian; oleh-oleh
  9. cendera mata: n pemberian (sebagai kenang-kenangan, sebagai pertanda ingat, dan sebagainya); tanda mata
  10. arsitektur: 1.seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan; 2. metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan
  11. doktor: n gelar kesarjanaan tertinggi yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada seorang sarjana yang telah menulis dan mempertahankan disertasinya

Demikian pembahasan mengenai Menyimak Cerpen “Aku Anak Indonesia”. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.

IPAS
Darah sangat penting peranannya bagi manusia. Peranan darah antara lain mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju paru-paru. Dalam tubuh manusia, darah mengalir melalui organ-organ peredaran darah. Apa saja organ peredaran darah manusia? Apa fungsi organ peredaran darah manusia?

ayo simak video berikut ini:


Ayo Mengamati
Mengalirnya darah di dalam tubuh disebut sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah dalam tubuh ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

A. Sistem Peredaran Darah Kecil
Sistem peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut :Bilik kanan ↠arteri pulmonalis ↠paru-paru ↠vena pulmonalis ↠serambi kiri.
Peredaran Darah Kecil
B. Peredaran Darah Besar
Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paruparu) melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbon dioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan. Sistem peredaran darah besar adalah sebagai berikut.
Bilik kiri →arteri besar (aorta) →arteri →seluruh tubuh →vena →serambi kanan


Organ tubuh manusia yang berperan dalam peredaran darah adalah : Jantung, Pembuluh Darah, dan Paru-Paru. Fungsi atau peranan organ peredaran darah pada manusia adalah sebagai berikut.
  1. Jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  2. Pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.
  3. Paru-paru. Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah

1. Jantung
Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis.

Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri
atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
Jantung
Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida

Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut. Dengan demikian, melalui denyut nadi kamu dapat mengetahui denyut jantung. Denyut nadi akan terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga.

Ayo hapalkan:
Ayo hapalkan:




2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.

Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ujung cabang pembuluh terkecil disebut, pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus berdinding tipis dan berpori. Dalam pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran dua zat, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang seluruh pembuluh darah manusia jika dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain dapat mencapai sekitar 160.000 km.

Berikut ini perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.
No.Perbedaan
Pembuluh NadiPembuluh Balik
1.Nama lain pembuluh nadi adalah arteri.Nama lain pembuluh balik adalah vena.
2.Berisi darah bersih (kaya oksigen).Berisi darah kotor (kaya karbon dioksida).
3.Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.Mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.
4.Denyut terasaDenyut tidak terasa
5.Jika terluka darah meluncur derasJika terluka darah hanya menetes
6.Dinding pembuluh kuat, tebal dan elastisDinding pembuluh tipis dan tidak elastis
7.Pembuluh nadi letaknnya agak kedalam,  tersembunyi dari permukaan tubuhPembuluh balik letaknnya dekat permukaan :tubuh dan tampak kebiru-biruan

Pembuluh dan Paru-paru
3. Paru-Paru
Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil dan diganti dengan oksigen melalui proses pernapasan.

Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”. Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Ayo Berkreasi
Kamu telah mempelajari peredaran darah manusia. Coba pahami materinya dan gambarlah. Kemudian, tuliskan keterangan gambar yang kamu buat. Tuliskan juga cara kerjanya. Gambar organ peredaran darah manusia.
Fungsi Organ
Cara kerja organ peredaran darah manusia.
Kerja sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung yang berguna untuk memompa darah agar mampu mengalir ke semua tubuh. Saat otot jantung berelaksasi, jantung dalam keadaan mengembang, volumenya besar, dan tekanannya kecil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar