Minggu, 26 Juli 2020

Senin, 27 Juli 2020

Simak Video Pembelajaran diatas.

Materi Ajar :
Menyebutkan kalimat ajakan pada teks percakapan
Melakukan gerak koordinasi kepala, tangan dan kaki sesuai hitungan.
Membandingkan dua bilangan cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari.


Tugas
1. Buatlah kalimat ajakan seperti contoh dari video di atas!

2.Praktikan gerakan kaki, tangan, dan kepala seperti video yang ananda lihat di atas (dalam bentuk foto)!

Kamis, 23 Juli 2020

Materi ajar ( Jumat, 24 Juli 2020 )
Tema 1.             : Hidup Rukun
Subtema 1.       : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran. : 5

Assalamualaikum Wr.Wb
Bagaimana kabarnya anak-anakku yang solih dan solihah...
Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya...
Jangan lupa awali hari ini dengan Basmalah.
Dan untuk pembelajaran hari ini silahkan buka Video di bawah ini.




Bahasa Lampung
Kalian masih ingat cara menulis aksara Lampung yang sudah dipelajari di kelas 1?


Contoh:
Ada mama papa





Latihan:
Tulislah kalimat di bawah ini ke dalam aksara lampung dengan melihat aksara lampung yang ada di atas.
1. ada raja malaka

2. kata papa ada bahaya


Jazakumullah Khoir..
Atas kerjasamanya...

Wassalamualaikum. wr. wb









    Rabu, 22 Juli 2020

    MATERI AJAR ( Kamis, 23 Juli 2020 )
    Tema I              : Hidup Rukun
    Subtema I        : Hidup Rukun di Rumah
    Pembelajaran : 4

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Bagaimana kabarnya anak-anakku yang solih dan solihah...
    Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya...
    Jangan lupa awali hari ini dengan Basmalah.
    Dan untuk pembelajaran hari ini silahkan buka Video di bawah ini.






    Tugas
    Tulislah lambang bilangannya!
    1. Seratus tujuh belas = ....
    2.  Dua ratus empat puluh enam = ....


    Tulislah nama bilangannya!
    1. 632 = _______________________
    2. 784 =________________________
    Semangat belajar dan tetap semangat..


    Jazakumullah Khoir..
    Atas kerjasamanya...

    Wassalamualaikum. wr. wb

    Selasa, 21 Juli 2020

    Rabu. 22 Juli 2020

    Materi Ajar 

    Hari/Tanggal: Rabu, 22 Juli 2020
    Kelas : 2
    Tema : Hidup Rukun
    Subtema : Hidup rukun dirumah (PB 3)



    Bahasa Indonesia

    Sekarang coba perhatikan lagu Peramah dan Sopan Ciptaan Pak Dal dibawah ini!
    Apa ungkapan Tinggi Hati memiliki arti yang serupa pada salah satu lirik lagu Peramah dan Sopan dibawah ini?


    SBdP
    Silahkan copy link youtube dibawah ini dan dengarkan lagu Peramah dan Sopan
    Silahkan copy link youtube dibawah ini dan dengarkan lagu Peramah dan Sopan


    Bagian yang tebal mendapat penekanan kuat. Nyanyikan bagian tersebut sambil bertepuk.
    Bu-kan-nya  cong-kak
    Bu-kan-nya  som-bong
    Yang  di-sa-yang-i  han-dai  dan  tau-lan
    Ha-nya  a-nak  yang  tak  per-nah  bo-hong
    Ra-jin  be–ker–ja
    Pe-ra-mah   dan  so- pan

    Matematika

    Udin meraih juara pertama lomba menggambar. Nomor peserta Udin 232.


    Senin, 20 Juli 2020

    Selasa, 21-07-2020



    MATERI AJAR
    PPKN
    Anak-anak coba perhatikan gambar diatas. Gambar apakah itu?
    Ya benar, gambar Burung Garuda. Jika diperhatikan secara seksama, terdapat perisai Burung Garuda.


    Nah, perisai Burung Garuda ini merupakan symbol-simbol pada Pancasila.
     Simbol Bintang adalah symbol Sila ke-1 Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa




     Simbol Rantai adalah symbol Sila ke-2 Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab





     Simbol Pohon Beringin adalah symbol Sila ke-3 Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia






     Simbol Kepala Banteng adalah symbol Sila ke-4 Pancasila yang berbunyi Kerakyatan Yang dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

    Simbol Padi dan Kapas adalah symbol Sila ke-5 Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia



    Penerapan sila pertama dengan cara melakukan beberapa hal, contohnya:
    1.   Beribadah sesuai dengan kepercayaan yang dianut.
    2.   Menghargai orang lain yang agamanya berbeda dengan kita.
    3.   Tolong menolong, meski memiliki agama yang berbeda.
    Penerapan sila kedua dengan melakukan hal-hal di bawah ini:
    1.   Tidak membeda-bedakan orang yang ada di sekitar kita.
    2.   Saling membantu, misalnya melakukan kerja bakti atau memberi bantuan pada korban bencana alam.

    Penerapan Sila ketiga ini dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan hal ini:
    1.   Mencintai negara Indonesia dengan cara menjaga warisan budaya yang ada.
    2.   Menjaga hubungan baik dengan teman-teman satu negara, meski beda suku, agama, dan bahasa.
    Penerapan sila keempat dengan melakukan beberapa hal, misalnya:
    1.   Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
    2.   Tidak memaksakan kehendak kita saat bermusyawarah.
    3.   Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.
    Penerapan Sila Kelima melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.

    Bahasa Indonesia
    Bacalah teks percakapan berikut ini:

    Udin          : “Buku Kakak banyak sekali.”
    Mutiara      : “Kakak memang senang membaca buku.”
    Udin          : “Wah, Kakak memang pantas dijuluki kutu buku.”
    Mutiara      : “Ayo, kamu juga harus rajin membaca. Ini ada buku cerita bagus, judulnya  Bintang Lapangan.”
    Udin          : “Ceritanya tentang apa, Kak?”
    Mutiara      : “Cerita tentang pemain sepak bola yang rendah hati, meskipun sudah terkenal.”
    Udin          : “Berarti dia tidak besar kepala ya, Kak. Terima kasih ya, Kak. Saya boleh meminjam buku Kakak.”
    Mutiara : “Sama-sama, Dik.”
    Percakapan di atas mengajarkan kita mengenal kata ungkapan baru lainnya. diantaranya adalah : kutu buku, bintang lapangan, rendah hati dan besar kepala. Dari percakapan di atas bisa kita analisis bahwa arti dari kata ungkapan tersebut memiliki arti yang berbeda. Perhatikan kotak di bawah ini !


     Kutu Buku = Rajin Membaca

    Bintang Lapangan = Idola
    Rendah Hati = Sifat yang baik (tidak sombong)
    Besar Kepala = Sombong


    TUGAS
    1.      Kirimkan video Ananda menghapal Sila-Sila Pancasila beserta simbolnya!
    2.      Sebutkan 5 kata ungkapan yang kamu ketahui beserta arti ungkapannya!

    Tugas PB 2
    1.      Kirimkan dokumentasi Ananda dalam bentuk foto penerapan Sila kedua (bentuk membantu orangtua di rumah)!

    Minggu, 19 Juli 2020

    senin, 20 juni 2020


    Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
    Tema 1 Hidup Rukun
    Sub 1 Hidup Rukun di Rumah

    Pembelajaran 1
    Tujuan Pembelajaran           :
    • 1.      Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung
    • ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
    • cerita tersebut dengan tepat
    • 2.      Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang
    • mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang
    • terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
    • 3.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat
    • menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999
    • dengan benar.
    • 4.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca.
    • 5.      Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek
    • bunyi pada lagu anak dengan tepat.
    • 6.      Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek
    • bunyi pada lagu anak dengan tepat.    
    Media dan Alat Pembelajaran
    • 1.      Gambar kerukunan keluarga di rumah
    • 2.      Teks lagu “Peramah dan Sopan”
    •  

    Materi Ajar    :
    • 1.      Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
    • 2.      Menirukan ungkapan pada teks percakapan.
    • 3.      Menyatakan lambang bilangan tiga angka dengan menggunakan gambar.
    • 4.      Membaca bilangan tiga angka sampai 999.
    • 5.      Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
    • 6.      Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak.
     Kita semua menginginkan suasana damai di rumah. Kedamaian terjadi karena adanya kerukunan. Ayah dan ibu rukun. Kakak dan adik rukun. Semua anggota keluarga menjaga kerukunan di rumah.

                                                  Ayah dan Ibu Menyayangi
    Mutiara dan Udin

    Suatu hari ayah membawakan buah tangan untuk
    Mutiara dan Udin.
    Mutiara mendapatkan buku cerita.
    Udin mendapatkan mainan.
    Mutiara dan Udin berterima kasih kepada ayah dan
    ibu.
    Mutiara dan Udin tidak saling berebut oleh-oleh.
    Ayah dan ibu bahagia melihat buah hati mereka
    selalu rukun.
    Buah tangan = oleh-oleh
    Buah hati = anak

    Bilangan Cacah merupakan bilangan yang dimulai dari angka nol dan selalu bertambah satu dengan bilangan setelahnya. Bilangan-bilangan lain yang termasuk bilangan cacah yakni 0,1,2,3,4,5....980,981,982,983,984,985,986,987,988,989, 990,991,992,993,994,995,99,997,998,999


    1 kubus satuan  

    Kubus satuan berjumlah
    sepuluh digambarkan
    menjadi satu kubus
    puluhan 
    Kubus puluhan berjumlah sepuluh dapat diganti dengan satu kubus ratusan.





     Kubus ratusan digambarkan dengan kubus satuan berjumlah seratus.


    Berilah tanda ⧭  pada bagian yang dinyanyikan pendek. 
    Berilah tanda ___ pada bagian yang dinyanyikan panjang.
    TUGAS

    3. Kumpulkan fotomu bersama dengan orang tua yang telah diberi teks percakapan singkat mengandung ungkapan “ Buah Tangan” !

    Rabu, 01 Juli 2020

    BIODATA GURU

    BIODATA GURU

    Nama         : Aryanti
    NIP/NIK.    : 198402122013072309
    Unit Kerja : SD Al- Azhar 1
    Pendidikan terakhir : SI
    Kelas yang diajar : kelas 2D
    Jenis Kelamin : Perempuan
    Medsos yang dimiliki:
    1. Instagram ( aryanti2020 )