Minggu, 10 Januari 2021

Materi Ajar : Senin 11 Januari 2020 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 3

  MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal     : Senin, 11 Januari 2021
Tema 6              : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 2       : Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran    :  1 dan 3
Muatan Pembelajaran : PKN, IPS, Bahasa Indonesia 

 Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.  

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

Sekarang, mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
 
Ok my lovely students ......... Are you ready to study, .......

 300+ Gambar Kartun Muslimah Bercadar, Cantik, Sedih, Keren [Lengkap] Floral Text - Stiker LINE | LINE STORE


Pembelajaran tematik hari ini Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 dan 3

Anak sholih sholihah, berikut materi  pembelajaran hari ini ....

Kamu telah mengetahui beberapa hak warga negara Indonesia. Hak-hak warga negara Indonesia tersebut ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia.
 
No.Hak-Hak Warga Negara IndonesiaKetentuan dalam UUD 1945
1.Mendapat perlindungan hukumPasal 27 ayat (1)
2.Pekerjaan dan penghidupan yang layakPasal 27 ayat (2)
3.Ikut serta dalam upaya bela negaraPasal 27 ayat (3)k
4.Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiranPasal 28E ayat (3)
5.Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya masingmasingPasal 28E ayat (1)
6.Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.Pasal 30 ayat 1
7.Mendapat pendidikanPasal 31 ayat (1)
8.Kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasionalPasal 28C ayat (1)
9.Memanfaatkan sumber daya alamPasal 33 ayat (3)
10.Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negaraPasal 34 ayat (1)
11.Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatanPasal 28H ayat (1)

Setiap warga negara Indonesia memiliki hak. Hak-hak tersebut ditetapkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Minggu siang Siti ikut ibunya ke balai desa. Ibu Siti bersama-sama ibu-ibu PKK lainnya hendak mengikuti pelatihan membatik. Pelatihan membatik diprogramkan oleh pemerintah desa tempat tinggal Siti. Pelatihan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Pelatihan membatik ini membuka peluang besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga, ada hak masyarakat sebagai warga negara yang dapat terpenuhi. Hak yang dapat terpenuhi yaitu hak atas pekerjaan dan penghidupan layak bagi kemanusian.

 
Ayo Membaca :
 
Hak sebagai Warga Negara Indonesia
 

Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterima seseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapa bentuk hak warga negara Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. Hak ini dapat diperoleh warga negara Indonesia salah satunya dalam bentuk perlindungan hukum saat menjadi saksi dalam perkara hukum. Perlindungan hukum juga bisa diberikan atas hak kekayaan intelektual seseorang seperti hak cipta. sebagai contoh, hak cipta dalam penerbitan buku. Biasanya yang diberikan hak cipta atas isi buku adalah penulis atau penerbit.
Hak Warga Negara
Selain itu, setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hak ini seperti yang telah diperoleh ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti melalui pelatihan membatik. Melalui pelatihan membatik diharapkan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK bisa menciptakan lapangan pekerjaan demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Satu lagi hak warga negara yang tidak kalah pentingnya untuk mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Pemenuhan hak warga negara Indonesia ini dapat mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

Masih banyak hak warga negara Indonesia lainnya yang ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Beberapa diantaranya adalah memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan, kebebasan memilih dan memeluk serta menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini, mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Indonesia dari serangan musuh, serta kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku. Penuhilah hakmu secara seimbang dengan cara melaksanakan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.


Teks yang telah disajikan di atas merupakan jenis teks nonfiksi yaitu teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benarbenar terjadi. Teks nonfiksi tersebut terdiri atas lima paragraf yang setiap paragrafnya terdapat gagasan utama. Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran.

Dalam setiap paragraf terdapat gagasan utama, baik tertulis maupun tersirat. Gagasan utama dapat kamu kenali dengan dua cara. Pertama, membaca teks dengan cermat, kemudian menjawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Kedua, menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, kemudian menarik kesimpulan gagasan-gagasan utamasetiap paragraf dan menyimpulkan gagasan utama teks. Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.


Ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti sudah mahir membatik. Secara swadaya dan subsidi dari pemerintah desa, ibu-ibu PKK membuka usaha produksi kain batik. Akhirnya ibu-ibu PKK dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Dengan membuka usaha produksi batik, berarti ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti telah ikut serta melestarikan warisan budaya nenek moyang kita. Mengapa demikian? Batik adalah identitas budaya Indonesia. Bahkan sejak tahun 2009, UNESCO telah mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Batik memiliki beragam motif yang mencerminkan identitas dari tiap-tiap daerah. Oleh karena itu, batik menjadi salah satu akar budaya bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan oleh setiap warga negara Indonesia.

Melestarikan budaya bangsa Indonesia termasuk upaya mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI). Cara lainnya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI, misalnya dengan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sudahkah perilakumu mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI? Bagaimanakah contoh perilaku tersebut?
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan  untuk mempertahankan kemerdekaan.
  • Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri
  • Melestarikan budaya asli Indonesia
  • Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah sebagai seorang pelajar
Beberapa perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :
  1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan siskamling
  2. Mengamalkan nilai - nilai Pancasila dengan bergotong royong memperbaiki Masjid
  3. Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda asal daerah
  4. Menggunakan produk buatan dalam negeri dan mengurangi penggunaan barang impor.
  5. Mendukung pembangunan dengan taat membayar pajak.
  6. Mengikuti semua protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah

Tugas Tematik
 
1. Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi mengenai : Hak sebagai Warga Negara Indonesia yang telah disajikan di atas. Kemudian tentukan kalimat utama dan gagasan utama paragraf ke 1 dan 4 dalam bentuk tabel seperti contoh berikut:
 
ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama
Paragraf 1


paragraf 4


 
 
2. Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tuliskan perilaku-perilaku warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
 
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
No.Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRIPerilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
1.

2.

3.

Segera kerjakan tugasnya dan dikumpulkan kepada Bu Guru melali WA, batas pengumpulan tugas pukul 12.00. 


Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.

Kamis, 07 Januari 2021

Materi Ajar : Jumat 8 Januari 2021 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5

 MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal     : Jumat 8 Januari 2021
Tema 6              : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1       : Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran    :  5 

Apa kabar anak sholih sholihah di rumah ? semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....ya robbal alamin 

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini,  kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 3 M, yaitu Memakai masker terutama saat berada di luar rumah atau saat berinteraksi dengan orang lain, sering mencuci tangan terutama sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. dan tetap Menjaga jarak. jangan lupa, supaya imunitas tubuh kita tetap kuat, makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, insya Allah kita selalu sehat.........

 

Bu Guru berharap anak-anak masih semangat  belajar daring hari ini  ya.......

300+ Gambar Kartun Muslimah Bercadar, Cantik, Sedih, Keren [Lengkap]

 

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

 

Sekarang, mari kita bersiap-siap  memulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan pembelajaran 5 dan 6.   

 Adapun Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat menjelaskan cara menyikapi pubertas, memahami cara membuat poster ciri-ciri pubertas pada laki-laki, menyebutkan perkiraan informasi  dari teks nonfiksi berdasarkan kata kunci pada judul, menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warha negara dalam kehidupan sehari-hari, dan menuliskan daerah asal alt musik dengan tepat.   

                 Ok my lovely students ......... Are you ready to study, .......

 300+ Gambar Kartun Muslimah Bercadar, Cantik, Sedih, Keren [Lengkap] Floral Text - Stiker LINE | LINE STORE


Pembelajaran tematik hari ini Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 5 dan 6

Anak sholih sholihah, berikut materi  pembelajaran hari ini .....

Ayo Menulis
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar poster berikut!
Poster Pubertas

Poster pada gambar tersebut memberikan informasi kepada kita tentang pubertas pada anak laki-laki. Selain itu, poster tersebut juga memberikan informasi tentang cara menyikapi pubertas. Pubertas terjadi pada anak lakilaki dan perempuan.

Perhatikan kembali gambar poster tersebut. Untuk membuat poster, terdapat berbagai unsur yang harus diperhatikan. Berikut unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster.
1. Judul
Judul poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster juga harus mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang digunakan dalam membuat poster. Judul poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 2 meter. Contoh judul poster yang dapat dibuat adalah Cara Menyikapi Ciri-ciri Pubertas.

2. Informasi (Isi)
Isi poster berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien. Ukuran huruf yang digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan. Isi poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter. Contoh isi poster yang dapat dibuat berdasarkan judul di atas yaitu pengertian pubertas, ciri kelamin sekunder pada pubertas, dan cara menyikapi ciri-ciri pubertas.

3. Gambar
Gambar membuat poster menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar juga memperjelas isi poster. Carilah atau buatlah gambar yang sesuai dengan judul poster. Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat memperjelas isi poster.

4. Sumber (Daftar Pustaka)
Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau internet. Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster. Contoh penulisan daftar pustaka dari buku dengan satu orang penulis sebagai berikut.

Ayo Membaca
 
Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas
 
Peduli dengan lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60 telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan kecil bisa berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar itu.

Apa yang dilakukan Sam itu sebagai bagian dari gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG) dalam kampanye ‘Recycle, Reforest, Repeat’. Sam yang tercatat sebagai siswa di Sekolah Dasar Al Wathba di Abu Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu dengan menyumbang 450 kg koran bekas. Kemudian kembali lagi dengan 200 kg koran bekas lainnya.
Flavian Abe Sam
Sam, dikutip dari Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di usia enam tahun saat dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah. Setelahnya, Sam mulai kerap mengikuti kampanye lingkungan seperti mengumpulkan kertas dan kaleng bekas, serta penghijauan. Sam bahkan mendatangi sejumlah toko elektronik untuk mengumpulkan telepon genggam tak terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang harus dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.


 
PEMBELAJARAN 6
 
1. Contoh kewajiban di rumah yang sudah kamu laksanakan.
Beberapa contoh kewajibanku di rumah yang sudah dilaksanakan antara lain :
Membersihkan dan merapikan tempat tidur
Menjaga kebersihan lingkungan rumah
Menyapu rumah, beranda/teras rumah, halaman rumah
Menyiram tanaman/bunga
Memberi makan hewan peliharaan/hewan ternak
Membantu jaga toko orang tua

2. Manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab.
Beberapa manfaat yang saya peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab anata lain sebagai berikut :
Melatih disiplin dan tanggung jawab
Mempermudah/memperlancar kegiatan sehari-hari
Menyenangkan orangtua
Mendapat kepercayaan orang tua dan saudara
Mendapat kepuasan pribadi karena mampu melaksanakan

3. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melaksanakan kewajiban.
Beberapa hal yang perlu diperbaiuki dalam melaksanakan kewajiban antara lain :
Harus lebih rutin dan berkelanjutan
Harus lebih ikhlas tanpa paksaan
Harus lebih bersemangat
Harus dilakukan dengan riang gembira
SBdP
Ayo Mengamati
Alat Musik Daerah
 Berdasarkan gambar di atas alat musik yang dimainkan dan daerah asalnya adalah sebagai berikut :
1. Angklung berasal dari Sunda Jawa Barat.
2. Gamelan bali berasal dari daerah Bali.
3. Tifa berasal dari daerah Maluku dan Papua.
4. Margondang berasal dari Tapanuli atau Sumatra Utara


Ayo Membaca
Memainkan Interval Nada
Kita mengenal jarak antara dua nada sebagai interval. Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan interval melodis. Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian. Perhatikan contoh berikut.
 
 
Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval) Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.

Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
  1. Interval prim ( “prime”). Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman,contohnya do saja.
  2. Interval sekon (“secondo”). Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
  3. Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
  4. Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).
  5. Interval kuint, kuint murni terdengar nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (dosol).
  6. Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman (do-la).
  7. Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman (do-si).
  8. Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman (do-do)’


TUGAS TEMATIK 
 
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !
1. Apa yang dimaksud dengan poster/plakat ?
2. Apakah informasi yang diperoleh setelah mengamati poster " Tips Sukses Pubertas " ?
3. Untuk membuat poster, terdapat berbagai unsur yang harus diperhatikan. Tuliskan unsur-unsur apa saja yang ada dalam poster ! ( tuliskan inti-intinya )

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai judul  Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas ( no 4 - 6)
 
4. Apa judul bacaan di atas? 
 
5. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

6. Sebutkan 3 manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secra bertanggungjawab?
 
 Perhatikan Gambar berikut untuk menjawab no 7 -10
 
7. Tuliskan asal daerah alat musik pada gambar no. 1

8. Tuliskan asal daerah alat musik pada gambar no. 2
 
9. Tuliskan asal daerah alat musik pada gambar no. 3 dan 4 !
 
10. Tuliskan 3 ciri-ciri interval berdasarkan bunyinya !
 
Segera kerjakan tugasnya dan dikumpulkan kepada Bu Guru melali WA, batas pengumpulan tugas pukul 12.00. 

 
Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.

Rabu, 06 Januari 2021

Materi Ajar : Kamis 7 Januari 2021 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4

 MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal     : Kamis 7 Januari 2021
Tema 6              : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1       : Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran    :  4 
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP dan Matematika

 Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.  

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

Sekarang, mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Pelajaran tematik hari ini, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat  Peduli Lingkungan Pembelajaran 4

Anak sholih sholihah langsung saja tonton dan simak video berikut ini ya ....
 


Video Tematik
 
Setelah mempelajari Tematik yuk kita lanjutkan kepelajaran Matematika, silahkan simak video berikut ini :
 
 

 Video Matematika
 
Bagaimana video pembelajaran hari ini, menarik bukan? mudah-mudahan dapat dipahami ya. 

Tugas Hari Ini :

1. a. Gambarlah bangun ruang prisma segitiga beserta bagian-bagiannya!

    b. Sebutkan sifat-sifat prisma segitiga

    c. Gambarlah jaring-jaring prisma segitiga

2. a. Gambarlah bangun ruang Tabung beserta bagian-bagiannya!

    b. Sebutkan sifat-sifat Tabung

    c. Gambarlah jaring-jaring Tabung

 Semangat ! 😁 

Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru. 

Selasa, 05 Januari 2021

Materi Ajar : Rabu 6 Januari 2021 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

  MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal     : Rabu 6 Januari 2021
Tema 6              : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1       : Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran    :  3

 Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.  

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

Sekarang, mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Pelajaran tematik hari ini, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat  Peduli Lingkungan Pembelajaran3

Anak sholih sholihah langsung saja tonton dan simak video berikut ini ya ....
 

 
Video Tematik
 
Bagaimana video pembelajaran hari ini, menarik bukan? mudah-mudahan dapat dipahami ya. 

Untuk mengetahui sejauhmana kemampuan kalian silakan kerjakan tugas tematik berikut. 

Tugas Tematik 

Setelah menonton video di atas jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi video !

1. Apa yang dimaksud dengan kewajiban ?

2. Apa kewajibanmu sebagai seorang siswa baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahmu ?

3. Tuliskan 5 upaya mengisi kemerdekaan 

4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan

5. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat

 
 Semangat ! 😁 

Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.

Senin, 04 Januari 2021

Materi Ajar : Selasa 5 januari 2021 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2

 MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal     : Selasa 5 Januari 2021
Tema 6              : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1       : Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran    :  2

 Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.  

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

Sekarang, mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Pelajaran tematik hari ini, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat  Peduli Lingkungan Pembelajaran 2


Anak sholih sholihah langsung saja tonton dan simak video berikut ini ya ....
 

Video Tematik 
 
Bagaimana video pembelajaran hari ini, menarik bukan? mudah-mudahan dapat dipahami ya. 
 
Untuk tugas hari ini silahkan ananda lihat di video diatas kerjakan soal yang ada video berikut dan kirimkan hasilnya melalui wa bu guru . Semangat ! 😁 

Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.

Minggu, 03 Januari 2021

Materi Ajar : Senin 4 Januari 2021 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

 MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal     : Senin 4 Januari 2021
Tema 6              : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1       : Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran    :  1

 Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.  

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

Sekarang, mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Pelajaran tematik hari ini, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat  Peduli Lingkungan Pembelajaran 1

Adapun Tujuan Pembelajaran hari ini adalah menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera, dan menyampaikan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat dalam judul

Anak sholih sholihah langsung saja tonton dan simak video berikut ini ya ....
 

 Video Tematik
 
Bagaimana video pembelajaran hari ini, menarik bukan? mudah-mudahan dapat dipahami ya. 
 
Untuk tugas hari ini silahkan ananda kirimkan foto kegiatan ananda yang berisi tentang cara menjaga lingkungan disekitarmu (menyapu halaman, membersihkan selokan, mendaur ulang sampah, menanam tanaman dan sebagainya) kirimkan melalui WA ibu guru ya. Semangat ! 😁 

Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.