Kamis, 13 Maret 2025

Kisi-kisi LUS jumat, 14 Maret 2025


Mata Pelajaran : Bahasa Lampung

Kelas : 6 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)

Capaian Pembelajaran : peserta didik mampu memahami kisi-kisi dan menjawab soal dengan tepat.



Tujuan Pembelajaran :


1. Mampu memahami kisi-kisi yang diberikan
2. Mampu menjawab soal yang diberikan dengan tepat.

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Pada pertemuan kali ini, miss akan memberikan kisi-kisi untuk Latihan Ujian Sekolah. Sholeh-Sholehah bisa mempelajari dari kisi-kisi ini ya :). Berikut kisi-kisi nya:

https://realitaputrisoleha.blogspot.com/2025/03/kisi-kisi-lus-latihan-ujian-sekolah.html


Baiklah untuk pertemuan hari ini hanya itu saja yang dapat Miss sampaikan. Semoga apa yang Miss sampaikan berguna untuk sholeh-sholehah belajar ya:)

Jangan lupa berdoa sebelum memulai ujian dan good luck kids:)

Tetap semangat sekolahnya dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu. Sampai bertemu minggu depan. Atas perhatiannya Miss ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr wb 

Rabu, 12 Maret 2025

Kisi-kisi LUS kamis, 13 Maret 2025

 Mata Pelajaran : TIK / Komputer

Kelas : 6 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)

Tema : Menggunakan Program Microsoft Office, Program Coreldraw, dan HTML

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Pada pertemuan kali ini, miss akan memberikan kisi-kisi untuk Latihan Ujian Sekolah. Sholeh-Sholehah bisa mempelajari dari kisi-kisi ini ya :). Berikut kisi-kisi nya:

https://docs.google.com/document/d/1m11lr9UpyYCgIii0N9HV0b5rvx87POU7/edit?usp=sharing&ouid=111766177864914153420&rtpof=true&sd=true



KISI-KISI LUS BAHASA ARAB

KELAS 6 

2024/2025

MATERI INDIKATOR

Jam

Disajikan soal, peserta didik dapat mengartikan ke dalam bahasa arab

(30 menit, kurang, tepat, 15 menit) 

Pukul 3 lewat 30 menit

Pukul 1 kurang 15mnit

Pukul 9 kurang 30 menit

Pukul 7 pagi

Pukul 1 siang

Nama bulan dalam bahasa arab(februari, april, november)

Aku cinta bahasa arab Disajikan soal, peserta didik dapat mengartikan ke dalam bahasa indonesia

liburan Menerjemahkan  kata-kata ke dalam bahasa indonesia: teks cerita di buku halaman 84 

Kata kerja yang sedang dilakukan

Kata kerja yang sudah di lakukan

Kata perintah

tamasya Diajikan gambar (pantai, taman bunga, taman burung, pameran buku)

Disajikan gambar (motor, mobil, kereta, pesawat, 

Disajikan soal, peserta didik mengartikan ke dalam bahasa indonesia. (TMII, Rumah adat, museum qur’an, pameran buku)

Perubahan fiil mudhari menjadi fiil madhi dan sebaliknya 

Baiklah untuk pertemuan hari ini hanya itu saja yang dapat Miss sampaikan. Semoga apa yang Miss sampaikan berguna untuk sholeh-sholehah belajar ya:)

Jangan lupa berdoa sebelum memulai ujian dan good luck kids:)

Tetap semangat sekolahnya dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu. Sampai bertemu minggu depan. Atas perhatiannya Miss ucapkan Terima kasih

Selasa, 11 Maret 2025

Materi ajar : Rabu, 12 Maret 2025 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5

Hari/tanggal  : Rabu 12 Maret 2025
Tema : 9 (Menjelajah Ruang Angkasa)
Subtema : 1 (Keteraturan Yang Menakjubkan)
Pembelajaran : 5
Mata Pelajaran : Bhs Indonesia (3.9), IPA (3.7), SBDP (3.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa berdiskusi tentang keteraturan alam dengan penuh rasa ingin tahu.
2. siswa dapat mengurutkan planet berdasarkan kategori yang berbeda-beda dengan teliti.
3. siswa dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan antara planet dalam dan planet luar dengan saksama.
4. siswa dapat menjelaskan watak tokoh utama dan tokoh tambahan serta jalan ceritanya dengan saksama.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan mempelajari tentang mengamati terbit dan tenggelamnya matahari, mengurutkan planet berdasarkan kategori yang berbeda-beda, menjelaskan persamaan dan perbedaan antara planet dalam dan planet luar, menjelaskan watak tokoh utama dan tokoh tambahan serta jalan ceritanya,, mengembangkan watak tokoh utama ke dalam sebuah paragraf secara, dan memainkan beberapa jenis akor. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebsagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Mengamati
Keteraturan siang dan malam
Matahari terbit di timur dan terbenam di sebelah barat setiap hari. Tidak pernah berubah hingga kini. Apa saja yang kamu amati ketika matahar terbit dan tenggelam? Adakah perbedaan yang kamu lihat dan rasakan ketika kamu menyaksikan peristiwa alam itu? Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa alam tersebut!
  1. Apa penyebab terjadinya siang dan malam?
  2. Mengapa jika malam hari susananya gelap?

Ayo Berdiskusi
Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan salah satu peristiwa alam. Ketua peristiwa tersebut menunjukkan keteraturan yang terus berlangsung hingga saat ini. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan hal-hal berikut ini:

1. Adakah keteraturan peristiwa alam yang kamu amati selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?
Beberapa contoh keteraturan di alam semesta antara lain :
  • Planet mengelilingi Matahari dalam gerak Revolusi pada waktu yang teratur, misalnya revolusi planet Bumi selama 365,25 hari
  • Setiap planet teratur berputar dalam porosnya (gerak Rotasi), misalnya revolusi planet Bumi selama 24 jam dalam sehari
  • Rasi bintang yang berbeda akan terlihat pada bulan yang berbeda
2. Bagaimana kamu menjelaskan makna keteraturan?
Keteraturan adalah kesamaan keadaan, kegiatan, atau proses yang terjadi beberapa kali atau lebih (KBBI)
3. Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada manusia?
Manfaat keteraturan bagi manusia antara lain sebagai berikut :
  • Keteraturan revolusi bumi bermanfaat bagi manusia menentukan arah melalui rasi bintang (terbentuknya rasi bintang) dan menentukan musim yang tepat untuk bercocok tanam (perubahan musim).
  • Keteraturan rotasi bumi bermanfaat bagi manusia dalam menentukan kapan melakukan aktivitas dan kapan beristirahat (terjadinya siang dan malam)
4. Keteraturan seperti apa yang kamu harapkan terjadi di sekitarmu?\
Keteraturan yang saya harapkan di sekitarku adalah keteraturan masyarakat dalam menjalankan hak dan kewajibannya.
5. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan di dalam kehidupan pribadimu?
Cara memastikan keteraturan dalam kehidupan pribadi saya adalah dengan menyeimbangkan antara kewajiban dan hak saya sebagai seorang anak.
6. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan dalam hidup bermasyarakat?
Keteraturan dalam masyarakat terjadi jika setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang

Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran. Lalu, presentasikanlah di dalam kelompok kecil di dalam kelas. Catatlah hal-hal menarik dan baru dari hasil diskusi dengan teman-temanmu. Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang muncul pada saat diskusi tersebut.

Ayo Membaca
Matahari Pusat Sistem Tata Surya

Matahari merupakan salah satu bintang yang ada di dalam galaksi. Matahari terdiri atas gumpalan gas raksasa dan memiliki banyak sekali lidah api. Lidah api matahari yang merupakan ledakan-ledakan yang dapat mencapai jutaan kilometer tingginya. Suhu permukaan Matahari mencapai 5.800°C.

Matahari adalah satu-satunya bintang di dalam tata surya kita yang menghasilkan panas dan cahaya. Panas dan cahaya Matahari inilah yang memberikan kehidupan di bumi. Perubahan panas Matahari dapat menyebabkan kehidupan makhluk hidup di bumi juga terpengaruh. Jika panas Matahari berkurang, maka seluruh bagian di dunia akan membeku. Tetapi jika panas Matahari bertambah, es di Kutub Utara akan mencair dan air laut serta sungai akan naik.

Matahari berukuran sangat besar. Jarak antara pusat Matahari hingga ke permukaannya sama dengan dua kali jarak Bumi dengan Bulan yang berjarak 384.000 km. Inti Matahari sangat panas, yaitu 15 juta derajat Celsius.

Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda, oleh Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu planet dalam dan planet luar. Perhatikanlah gambar berikut! 
Planet dalam dan planet luar
Planet dalam adalah planet-planet yang terdekat dengan Matahari dan termasuk empat planet yang pertama (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars). Planet luar adalah planet yang lebih jauh dari Matahari dan mencakup empat planet berikutnya seiring dengan peningkatan jarak dari Matahari, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kedua golongan planet tersebut dibatasi oleh sabuk asteroid. Sabuk asteroid yang merupakan bongkahan-bongkahan batu yang tersusun oleh materi-materi seperti materi penyusun planet, yaitu gas beku dan debu.

Planet-planet dalam terdiri atas batuan dan logam. Planet-planet ini bergerak perlahan karena mereka dianggap berat. Diameter rata-rata planetplanet ini kurang lebih 13.000 km, oleh karenanya mereka dianggap sebagai planet kecil. Planet luar tersusun atas gas. Gas-gas penyusunnya antara lain adalah Hidrogen dan Helium. Planet-planet ini seperti balon besar yang mengambang di ruang angkasa. Planet-planet ini dianggap sebagai planet gas raksasa. Planet-planet ini memiliki diameter rata-rata kurang lebih 48.000 km.

Sumber: Antariksapedia, Aguilar David, 2015 dengan penyesuaian

Ayo Berdiskusi
Berkat perkembangan ilmu pengetahuan, kamu mendapatkan banyak informasi tentang luar angkasa. Keteraturan tata surya yang kamu pahami saat ini masih menyimpan banyak misteri. Misteri-misteri tersebut dapat diungkapkan melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara untuk mengetahui keteraturan dari sistem tata surya adalah dengan melakukan pengelompokan berdasarkan kriteria tertentu.

Bacalah kembali artikel tentang “Mengenal Tata Surya” pada Pembelajaran 2. Bacaan “Matahari Pusat sistem Tata Surya”. Melalui dua bacaan tersebut, kita dapat melakukan pengelompokan sifat-sifat anggota tata surya. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut. Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari.

1. Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Merkurius ±57 juta km5.Jupiter ±778 juta km
2.Venus ±108 juta km6.Saturnus ±1.400 juta km
3.Bumi ±149,6 juta km7.Uranus ±2.870 juta km
4.Mars ±227 juta km8Neptunus ±4.500 juta km

2. Urutkan planet dari yang paling kecil ke yang paling besar
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Merkurius : (± 4.879 km)5.Neptunus :(± 49.530 km)
2.Mars : ( ± 6.779 km)6.Uranus : (± 50.724 km)
3.Venus (± 12.104 km)7.Saturnus :(± 116.463 km)
4.Bumi : ( ± 12.742 km)8Jupiter : (± 139.820 km)

3. Urutkan planet dari yang terpanas hingga yang terdingin
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Venus : (± 465°C)5.Jupiter :(± -145°Ckm)
2.Merkurius : ( ± 430°C)6.Saturnus : (± 50.724 km)
3.Bumi (± 58°C)7.Saturnus :(± -178°C)
4.Mars : ( ± 20°C km)8Uranus : (± -224°C)

4. Urutkan planet yang melakukan rotasi paling cepat hingga yang paling lambat
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Jupiter : 10 jam5.Bumi : 24 jam (1 hari)
2.Saturnus : 10,7 jam6.Mars : 24,6 jam
3.Neptunus : 16 jam7.Merkurius : 59 hari
4.Uranus : 17 jam8Venus : 243 hari

5. Perbedaan dan persamaan antara planet dalam dan planet luar
AspekPlanet DalamPlanet Luar
Persamaan
  1. Sama-sama mengelilingi matahari
  2. Sama-sama berputar pada pososnya
  3. Sama-sama beredar pada orbit masing masing
  4. Sama-sama anggota tata surya
Perbedaan
  1. Partikel penyusunnya berupa benda padat (batuan dan mineral)
  2. Gerakannya lambat karena dianggap lebih berat
  3. Diameter kecil
  4. Berada dalam sabuk asteroid
  5. Berjarak lebih dekat ke matahari
  1. Partikel penyusunnya berupa benda gas (hidrogen dan helium)
  2. Gerakannya lambat karena dianggap lebih ringan
  3. Diameter besar
  4. Berada di luar sabuk asteroid
  5. Berjarak lebih jauh ke matahari

Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan pembelajaran di atas?
Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda. Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu planet dalam dan planet luar.

Adakah pertanyaan yang kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?
Mengapa Pluto tidak disebut lagi sebagai planet? 

Ayo Membaca
Masih Ada Waktu, Arya!
Oleh Diana Karitas

Arya senang sekali hari ini. Ayah akan mengajaknya menonton film tentang makhluk luar angkasa. Ia sudah lama menantikan kesempatan ini. Kebetulan, kali ini ayah dapat menemaninya.

“Wah, antreannya sudah panjang, Ayah!” kata Arya agak murung ketika telah sampai di bioskop. Penjualan tiket ternyata sudah dibuka setengah jam yang lalu, dan sekarang antreannya cukup panjang. Seandainya saja tadi Ayah tidak membantu Mbak Ita membetulkan sepedanya, pasti kita tidak akan mengantri sepanjang ini.

“Tidak apa, Arya. Kita masih punya waktu. Pemutaran filmya masih 45 menit lagi, kok. Yuk, segera mengantre!” ajak Ayah sambil berjalan menuju antrean.

“Seandainya tadi sepeda Mbak Ita tidak rusak, kita bisa sampai ke sini lebih cepat ya Yah! Jadi tidak harus mengantri lama,” Arya masih menggerutu tentang peristiwa sebelumnya.

“Arya, Mbak Ita juga tidak berharap sepedanya akan rusak, kan? Mbak Ita akan pergi les menari, kalau sepedanya rusak di tengah jalan, lebih kasihan lagi Mbak Ita. Beruntung rusaknya di rumah dan Ayah tahu. Jadi, Ayah harus bantu Mbak Ita dulu supaya ia tetap bisa latihan menari dengan selamat. Memang Arya ingin Mbak Ita celaka di jalan?” hibur Ayah. Arya hanya tersenyum dan mengangguk. Tentu saja ia tidak ingin kakak perempuannya itu mengalami kecelakaan.

“Yuk, Arya, di depan kita tinggal dua pengantri lagi, tuh! Sebentar lagi giliran kita!” kata Ayah setelah kurang lebih seperempat jam berdiri mengantre. Arya tampak gembira dan bersemangat.

Ketika Arya dan Ayah hendak maju untuk membayar tiket, tiba-tiba terdengar suara dari belakang mereka.

“Aduh, Bu. Perutku sakit sekali!” seru seseorang di belakang Arya dan Ayah. Seketika mereka menoleh ke belakang. Tampak seorang anak perempuan sebaya Arya sedang memegang perut. Wajahnya pucat. Keringat tampak mengucur di dahinya. Ibu anak perempuan itu pun terlihat panik. Beberapa kali si ibu menghibur anaknya untuk bertahan dalam antrean.

“Ibu, silakan Ibu beli tiket dulu. Kasihan anak Ibu,” tiba-tiba Arya berkata kepada ibu si anak itu. Si Ibu langsung menatapnya dan melihat Ayah. Ayah mengangguk dan mempersilakan keduanya untuk maju mengambil antrean mereka

Setelah Si Ibu mengucapkan terima kasih, mereka maju untuk membeli tiket mereka dan segera beranjak pergi menuju toilet bioskop. Film memang masih akan dimulai 30 menit lagi.

“Terima kasih, Arya. Kamu menunjukkan kepekaanmu terhadap orang lain yang lebih membutuhkan. Tindakanmu membantu tadi sebenarnya juga membantu kita semua yang ada di tempat antrean untuk tetap teratur. Coba kalau kamu tidak cepat menawarkan antrean kita, pasti antrean di belakangnya akan terganggu karena situasi yang dialami anak dan ibu itu,” kata Ayah.

“Ah, Ayah. Arya kan hanya melakukan persis seperti yang Ayah lakukan kepada Mbak Ita tadi. Arya hanya ingin memastikan semua teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai yang telah direncanakan. Kasihan anak itu, Ayah. Arya juga jadi terbayang Mbak Ita jika ia tidak dibantu Ayah tadi,” jelas Arya. Ayah tersenyum sambil mengusap kepala Arya.

Ayo Menulis
Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!
Masih ada waktu
Isi Cerita
Arya gembira karena bisa menonton film bersama ayah di bioskop. Namun kegembiraannya berkurang setelah mengetahui antrian yang cukup panjang. Arya pun berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, mungkin ia tidak perlu mengantri lama. Ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Ketika terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya.,Arya berinisiatif mempersilahkan anak perempuan tersebut untuk membeli tiket lebih dahulu. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.

Apa yang terjadi jika Arya tidak cepat mempersilakan orang di belakangnya mengambil antreannya? Lanjutkan cerita di atas dengan menggunakan imajinasimu. Lalu, tuliskanlah hasil pengembangan ceritamu ke dalam sebuah paragraf.
Jika Arya tidak cepat mempersilakan orang dibelakangnya mengambil antreannya tentu saja dibioskop akan timbul kekacauan. Beberapa orang yang dekat dengan peristiwa tersebut akan menyingkir menjauh. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.

Ayo Berlatih
Pemahaman tentang jarak nada (interval) akan membantumu untuk menghasilkan sebuah akor. Akor merupakan bunyi yang dibunyikan serempak yang dibentuk dari beberapa nada dengan jarak nada tertentu. Sebuah akor paling sedikit terdiri dari tiga nada. Akor biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Akor juga dapat dimainkan dengan melodi lagu pada alat musik. Tangga nada natural terdiri atas tujuh buah akor yaitu, C mayor (C), D minor (Dm), E minor (Em), F mayor (F), G mayor (G), A minor (Am), dan B diminished (B dim). Perhatikanlah beberapa akor yang sering digunakan pada alat musik piano berikut ini.
Akord Pianika
Cobalah akor berikut ini dengan menggunakan alat musik yang tersedia. Jika kamu menggunakan rekorder, kamu memerlukan temanmu yang lain untuk membunyikannya secara bersamaan. Dengarkan dengan saksama bunyi yang dihasilkannya. Bagaimana menurutmu?

Dapatkah kamu mencoba untuk mengingat nada yang dihasilkan pada setiap akor di atas? Ketika kamu memainkannya dengan temanmu, apa yang kamu rasakan? Cobalah perhatikan kembali lagu “Ambilkan Bulan Bu” yang telah kamu pelajari sebelumnya. Carilah tangga nada dan akornya. Cobalah untuk memainkannya dengan menggunakan alat musik yang kamu punya (gitar, pianika, atau gitar) sesuai akor yang sudah ditentukan. Apakah yang kamu rasakan? Apakah kamu dapat mengenali akor-akor tersebut pada saat dimainkan

Senin, 10 Maret 2025

Materi ajar : Selasa, 11 Maret 2025 Tema 9 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4

Hari/Tanggal : Selasa 11 maret 2025
Tema : 9 (Menjelajah Ruang Angkasa)
Subtema : 1 (Keteraturan Yang Menakjubkan)
Pembelajaran : 3 dan 4
Mata Pelajaran : PKn (3.9), Bhs Indonesia (3.4), IPS (3.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengetahui cara hidupmereka dan membuat kesimpulan dengan akurat.
2. siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan tokoh, menggambar tokoh utama, dan tokoh tambahan serta membuat ringkasan cerita dengan baik.
3. siswa dapat menjelaskan maknanya dengan penuh percaya diri

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Pada Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan akan mempelajari tentang, persamaan dan perbedaan cara hidup masyarakat, ciri-ciri masyarakat modern, membuat kesimpulan, menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan tokoh, menggambar tokoh utama, dan tokoh tambahan serta membuat ringkasan cerita, menjelaskan makna persatuan dan kesatuan, dan mengasosiasikan makna persatuan dan kesatuan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru Anda. Berikut ini kegiatan pembelajarannya.

Perhatikan gambar-gambar berikut ini dengan saksama!
Alat modern dan tradisional
Amatilah dengan saksama gambar-gambar di atas. Lalu, diskusikan dengan temanmu dengan mengikuti kegiatan berikut:

1. Sebutkan nama dan kegunaan benda-benda tersebut.
  • Bajak dan traktor digunakan untuk mengolah lahan pertanian
  • Mesin ketik dan laptop digunakan untuk menulis
  • Setrika arang dan setrika listrik digunakan untuk merapikan baju
  • Telepon rumah dan telepon seluler digunakan untuk komunikasi

2. Jelaskan di mana kamu menjumpai benda-benda tesebut.
  • Bajak dan traktor sering dijumpai di sawah
  • Mesik ketik dan laptop sering dijumpai di kantor-kantor
  • Setrika arang dan setrika listrik sering dijumpai di rumah
  • Telepon dan telepon seluler sering dijumpai di kantor atau di rumah

3. Urutkanlah benda-benda tersebut, dari yang paling sering ke yang paling jarang kamu lihat dan gunakan.
  • Telepon seluler, setrika listrik, laptop, telepon, setrika arang, mesin ketik, bajak, dan traktor,

4. Tentukan benda-benda mana saja yang sampai sekarang ada di rumahmu dan masih digunakan.
  • Telepon genggam, setrika listrik, laptop

5. Pilihlah satu benda dari benda-benda di atas yang paling kamu inginkan,dan jelaskan alasanmu.
  • Telepon seluler, karena hampir setiap hari aku menggunakannya

Ayo Membaca
Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia
Kita mungkin sudah sering mendengar kata modern untuk menjelaskan sesuatu yang bukan bersifat tradisi, tetapi bersifat masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju.

Modernisasi yang membentuk masyarakat modern tentu akan mengubah cara pikir dan cara hidup masyarakatnya. Para ahli menyebutkan beberapa ciri masyarakat modern. Masyarakat modern memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan. Mereka memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya tentang lingkungannya sendiri. Mereka juga sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu. Selain itu, masyarakat modern juga memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang. Rasa percaya diri yang tinggi, percaya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menghargai orang lain melalui prestasinya dalam masyarakat juga ciri masyarakat modern.

Perubahan masyarakat menjadi masyarakat modern tidak terjadi begitu saja. Perubahan pada umumnya terjadi karena adanya peningkatan jenis kebutuhan manusia yang semakin beragam. Oleh karena itu, mereka memerlukan cara-cara baru untuk memenuhinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menjadi pendorong kuat terjadinya perubahan masyarakat. Kemudahan-kemudahan yang tercipta karena adanya penggunaan teknologi, membuat masyarakat menyesuaikannya dengan cepat juga.

Sumber : IPS kelas 6, Pusbuk 2010; http://rocketmanajemen.com/definisi-modernisasi/ dengan penyesuaian

Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca dan mengetahui tentang masyarakat modern. Bersama dengan teman dalam kelompok tentukanlah ciri-ciri masyarakat modern dari bacaan di atas. Lalu, gambarlah atau carilah gambar yang sesuai untuk menjelaskan ciri masyarakat modern tersebut. Buatlah tabel untuk menjelaskan hasil diskusimu. Lalu, presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri.
Modernisasi
No.Ciri-ciri Masyarakat Modern
1.Memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan
2.Memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya tentang lingkungannya sendiri.
3.Sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu
4.Memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang
5.Memiliki rasa percaya diri yang tinggi,
6.Mempercayai ilmu pengetahuan dan teknologi
7.Menghargai orang lain melalui prestasinya

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Lakukanlah wawancara terhadap orang tua atau kakek nenekmu tentang cara hidup mereka ketika mereka seusia Kamu. Sebagai pewawancara, kamu harus mencari tahu bagaimana cara mereka melakukan kegiatan belajar di rumah dan di sekolah. Apa saja yang mereka lakukan pada saat hari libur atau ketika tidak bersekolah. Apa saja yang mereka gunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Lalu, ringkaslah hasil wawancaramu untuk dibandingkan dengan kegiatan yang sama yang kamu lakukan saat ini. Catatlah hasil wawancaramu dengan menggunakan tabel berikut. Perhatikan contoh!

Nama Narasumber : Karto Supomo (Kakek)
Nama Pewawancara : Udin
Usia Narasumber : 68 Tahun
Tempat Wawancara : Rumah Kakek

KegiatanNarasumberPewawancara
Cara belajar di rumahBelajar di ruang yang sama bersama saudara yang lain karena hanya ada satu lampu yang terang. Belajar ditemani Ayah dan Ibu di ruang yang samaBelajar di kamar masing-masing dan menggunakan penerangan lampu listrik
Cara belajar di sekolah.Guru menyampaikan pelajaran dengan menulis di papan tulis menggunakan kapurGuru menyampaikan pembelajaran dengan LCD dan Laptop
Cara menuju sekolahBerjalan kakiMenggunakan kendaraan umum
Alat yang dibawa ke sekolahMembawa alat tulis dalam tas kresekTas dan alat-alat tulis
Kegiatan setelah pulang sekolah atau saat liburMencari pakan ternak kambingBermain dengan anggota keluarga dan teman
Cara melakukan kegiatan selama libur atau tidak sekolahBermain gobak sodor dan egrangBermain game online di Handphone
Mainan atau permainan favoritPermainan egrangBermain game online

Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf untuk membuat kesimpulan dari wawancara tersebut.
Cara-cara hidup yang dilakukan masyarakat saat ini dibandingkan dengan cara hidup masyarakat di masa lalu sangat berbeda. Salah satu penyebab perbedaan tersebut adalah perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan menjalankan aktivitasnya.

Ayo Membaca
Si Hitam
Oleh Diana Karitas

Kak Irma mendapati adiknya, Rina menangis tersedu di teras rumah. Kak Irma yang baru pulang kuliah segera memeluk adiknya yang masih kelas enam itu. Keadaan rumah terlihat sepi, tidak seperti biasanya. Ia tahu ayah dan ibu masih di kantor, tetapi biasanya keadaan rumah tidak sesepi ini.

“Kenapa, Dik?” tanya Kak Irma. Rina tak segera menjawab. Ia malah tersedu semakin keras. Mbak Tati, yang biasa menemani Rina bergegas datang menghampiri mereka memasuki pekarangan rumah. Mbak Tati tampak terengah dan berkeringat.

“Ada apa, Mbak? Mbak Tati dari mana? Mengapa Rina ditinggal sendiri di rumah?” tanya Kak Irma tanpa melepas pelukannya kepada adiknya.

“Ini, Kak Irma. Si Hitam tidak pulang sedari tadi. Saya tadi berusaha mencarinya ke seluruh komplek ini. Tetapi saya tidak menemukannya,” jawab Mbak Tati dengan wajah panik.

Segera Kak Irma tersadar. Rumah yang sepi, tidak ada suara manja kucing kesayangan Rina. Ternyata ini penyebab Rina sedih. Kucing kesayangannya belum kembali.

“Kak Irma, apa yang bisa kita lakukan agar Si Hitam kembali, Kak? Si Hitam pasti bersedih mencariku. Bagaimana ia akan makan? Bagaimana ia akan tidur? Pergi ke manakah kucing kecil itu?” tanya Rina masih tersedu.

“Ah, Kak Irma punya ide. Semoga berhasil. Mbak Tati, tolong temani Rina sebentar ya!” pinta Kak Irma kepada Mbak Tati sambil melepas pelukannya.

Kak Irma segera mengambil telepon genggamnya dari dalam tasnya. Ia tampak sedang mencari-cari sesuatu dari dalam telepon genggam itu.

“Rina, apakah kamu pernah menggunakan telepon genggam Kakak untuk menyimpan foto Si Hitam?” Tanya Kak Irma.

Pernah, Kak!” jawab Rina. Tampak wajahnya mulai berbinar.

“Baik, Kakak cari dulu,” kata Kak Irma sibuk mencari foto Si Hitam di dalam telepon genggamnya.

Ah, ini foto Si Hitam!” Teriak Kak Irma.

“Apa yang hendak Kakak lakukan dengan foto Si Hitam? Apakah Kakak akan menyebar foto itu?” tanya Rina penasaran. Ia sedikit lupa dengan kesedihannya.

“Tepat sekali, adikku yang cerdas! Kakak terpikir beberapa cara, Rin. Pertama, Kakak akan cetak gambar Si Hitam beberapa lembar, lalu menempelkannya di beberapa lokasi di sekitar sini. Kamu dan teman-temanmu bisa membantu menempelkannya. Kedua, Kakak bisa menyebarkannya secara digital kepada teman-teman Kakak, atau kenalan Ayah dan Ibu melalui telepon genggam ini. Dengan begitu, banyak orang akan ikut mencari kucingmu!” jelas Kak Irma dengan bersemangat.

Kak Irma mulai sibuk menekan-nekan bagian telepon genggamnya. Setelah beberapa lama, ia masuk ke dalam rumah dan mulai membuka komputer jinjingnya. Ia terlihat sibuk. Ia menyalakan mesin pencetak, dan tak lama kemudian beberapa lembar kertas dengan gambar Si Hitam dan keterangan di bawahnya mulai muncul. Rina bergegas mengambil kertas-kertas itu.

Rina bergegas menuju pesawat telepon di dekat televisi. Ia menelepon beberapa temannya yang tinggal tidak jauh dari rumah mereka. Ia meminta mereka untuk membantunya menempelkan kertas berisi keterangan tentang Si Hitam, kucingnya yang hilang. Tidak berapa lama, tiga teman Rina datang dengan menggunakan sepeda. Tanpa menunggu lama, mereka mengambil kertas-kertas yang telah dicetak gambar Si Hitam. Mereka bergegas berangkat bersama Rina. Sementara, Kak Irma juga tak henti menelepon teman-temannya untuk meminta bantuan mencari kucing adiknya. Telepon genggam Kak Irma pun berbunyi beberapa kali. Kak Irma sibuk menjelaskan ciri-ciri Si Hitam melalui telepon genggamnya

Tak lama berselang, Rina dan teman-temannya telah kembali pulang. Kak Irma dan Mbak Tati meminta mereka tetap menemani Rina yang terlihat cemas. Lalu, telepon Kak Irma kembali berbunyi.

“Halo. Ya, betul dengan saya sendiri,” jawab Kak Irma melalui telepon genggamnya.

“Benarkah? Ya, betul, itu kucing kami. Kucing itu memiliki tanda pengenal di kalungnya. Wah, terima kasih, Pak! Kami tunggu di rumah, ya Pak. Ya, alamatnya ada di kertas yang kami sebar tadi. Terima kasih banyak, Pak!” Kak Irma menutup pembicaraan dengan lawan bicaranya dengan wajah gembira. Melihat itu, Rina dan teman-temannya bersorak kegirangan! Kucing Rina telah ditemukan dan akan segera diantarkan!

“Terima kasih teman-teman. Kalian telah membantuku menemukan kucing kesayanganku! Apa jadinya kalau tidak ada kalian semua!” kata Rina sambil memeluk teman-temannya.

Jangan khawatir, Rin. Itulah gunanya teman,” jawab salah satu teman Rina.

“Terima kasih juga, Kak Irma! Kakak memang hebat!” seru Rina sambil memeluk kakaknya.

“Sama-sama, Rin. Berkat teman-teman kamu, juga berkat telepon genggam kakak ini, masalah kita bisa diselesaikan dengan lebih cepat!” kata Kak Irma sambil menunjukkan telepon genggamnya dengan bangga.

“Wah, berarti kapan-kapan aku bisa pinjam telepon genggam Kakak, untuk mencari barang-barangku yang hilang!” seru Rina sambil mengedipkan matanya ke arah kakaknya

“Hmm… Kamu belum cukup umur untuk menggunakan telepon genggam ini! Bahaya!” goda Kak Irma sambil berlalu dari Rina.

Perhatikan baik-baik cerita fiksi di atas untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.

1. Bagaimana menurutmu cerita fiksi di atas? Apakah kamu menyukai ceritanya? Mengapa?
Cerita fiksi pada bacaan di atas sangat menarik karena terjadi pada kehidupan sehari-hari. Cerita tersebut menunjukkan bahwa teknologi mempermudah pekerjaan manusia.
2. Masih ingatkah kamu tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi? Menurutmu apakah perbedaan keduanya?
Tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah karangan. Sedangkan tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama.
3. Bagaimanakah caramu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dari cerita tersebut?
Cara menentukan tokoh utama adalah dengan mencari tokoh yang senantiasa ada dalam setiap peristiwa, dan banyak berhubungan dengan tokoh lain, dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Sedangkan untuk mencari tokoh tambahan adalah mencari tokoh yang berperan sebagai pelengkap dalam cerita.

Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi Si Hitam, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskan tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita Si Hitam.

2. Jelaskanlah gambar tersebut dengan menuliskan beberapa kata kunci tentang sifat dan ciri fisiknya dan mengapa kamu menggambarkannya demikian. Gunakan dua kotak berikut ini untuk mengerjakannya.
Cerita Fiksi Si Hitam
Judul Cerita Fiksi:
Si Hitam
Penulis:
Diana Karitas
Sifat dari Tokoh Utama :
Cerdas, peduli, dan suka menolong,
Gambar

Tindakan yang Dilakukan :
Membantu adiknya mencari kucing yang hilang dengan menghubungi teman lewat telepon dan menyebar gambar kucing
Pendapatmu tentang Tokoh Utama :
Kak Irma mampu memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan efisien.
Buatlah sebuah ringkasan dari cerita Si Hitam dalam satu paragraf. Tuliskanlah di tempat yang telah tersedia berikut ini.
Kak Irma mendapati adiknya sedang Rina menangis. Rina menangis karena tidak mendapati kucingnya si Hitam di rumah. Rina kuatir jika si Hitam tidak pulang kembali. Kak Irma membantu adiknya dengan mencetak foto, dan meminta teman-temannya menyebarkan foto si Hitam. Kak Irma juga menghubungi teman-temannya untuk mencari keberadaan si Hitam. Beberapa saat kemudian salah satu teman memberitahukan keberadaan si Hitam. Temannya tersebut mengantarkan si Hitam ke rumah Irma. Rina dan Kak Irma gembira dan bersyukur karena teknologi dapat menyelesaikan permasalahannya.

Ayo Membaca
Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Semboyan Negara Indonesia

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang memiliki arti utuh atau tidak terpecah-belah. Kata persatuan dapat diartikan sebagai perkumpulan dari berbagai hal menjadi satu. Kesatuan merupakan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Persatuan dan kesatuan memiliki makna “bersatunya beraneka ragam Suku Bangsa menjadi satu kesatuan yang utuh dan serasi.” Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang menduduki wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat.

Persatuan dan kesatuan bangsa memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia yang tinggal dalam negara kepulauan memiliki keragaman budaya, agama, suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat. Namun demikian, mereka terikat satu sama lain karena memiliki kesamaan-kesamaan yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Kesamaan-kesamaan dan keterikatan yang terbangun dari sejak zaman nenek moyang telah disebutkan dalam kitab yang ditulis Mpu Tantular, yaitu Kitab Sutasoma. Di dalam kitab tersebut menyebutkan tentang Bhinneka Tunggal Ika.

Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang digunakan Mpu Tantular yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit. Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan. Begitu dalamnya makna di dalam kalimat tersebut, sehingga Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang sangat beragam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

Di dalam perkembangannya, masyakarat Indonesia terus berusaha mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perubahan yang terjadi di seluruh dunia. Namun demikian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai dengan zaman modern saat ini. Bahkan, bangsa lain mengakui kemampuan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mengatasi perbedaan dalam kehidupan masyarakat saat ini.

Sumber : PPKn Kelas 5, Pusbuk 2008 dengan penyesuaian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !
1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia adalah satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan
2. Bagaimana peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?
Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang sangat beragam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.
3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?
Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang tinggal dalam daerah kepulauan memiliki keragaman dalam budaya, agama, suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat.
4. Mengapa semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih sesuai dengan masyarakat modern saat ini meskipun pemikiran tersebut telah dituliskan sejak zaman Kerajaan Majapahit?
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai dengan zaman modern saat ini karena bangsa Indonesia masih terdiri dari beragam suku dan tersebar di pelosok nusantara.
5. Bersama dengan seorang temanmu, carilah sebuah peristiwa dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan peristiwa yang dapat memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber berita dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri.
Gotong Royong
  • Judul Peristiwa : Penuh Sampah, Warga Gotong-royong Bersihkan Sungai Ledeng
  • Tempat Peristiwa : Mojokerto , Jawa Timur
  • Sumber berita dan gambar : news.detik.com
  • Makna persatuan dan kesatuan pada gambar : Secara swadaya, Warga Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto bergotong royong membersihkan Sungai Ledeng yang dipenuhi sampah dan limbah. Gotong royong warga Desa Modopuro meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang.

1. Perhatikan kembali cerita fiksi berjudul Si Hitam. Bacalah dengan saksama. Lalu, carilah peristiwa persatuan dan kesatuan yang ada dalam cerita tersebut. 
Peristiwa persatuan dan kesatuan dalam cerita fiksi Si Hitam adalah saat Kak Irma dan teman-temannya membantu Rina mencari kucingnya yang hilang.
2. Gambarkan peristiwa dari dalam cerita tersebut sesuai dengan imajinasimu dalam kertas karton ukuran A4 yang dibagi dua.

3. Pada bagian samping gambar, buatlah sebuah gambar lain yang menceritakan peristiwa persatuan dan kesatuan yang terjadi di sekolahmu.
Persatuan dan kesatuan
4. Gunakan gambar tersebut untuk menceritakannya di depan kelompok lain.

Pembelajaran 4

Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan akan mempelajari tentang, menjelaskan perubahan sosial yang terjadi sebagai akibat dari modernisasi, menyajikan hasil analisis terhadap dampak yang terjadi dari modernisasi, menjelaskan watak tokoh fiksi dalam bentuk lisan, tulisan dan visual, dan menjelaskan makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru. Berikut ini kegiatan pembelajar pada pertemuan keempat.

Ayo Mengamati
Satelit Palapa
Perhatikanlah gambar di atas! Tahukah kamu benda apakah itu? Benda itu dibuat oleh manusia di bumi. Benda itu diluncurkan ke luar angkasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, terutama untuk kebutuhan komunikasi. Terdapat lebih dari 24.500 benda buatan manusia yang beredar di luar angkasa (data dari SSN. (www.amazine.com). Apa yang terjadi dengan benda-benda itu? Untuk apa sajakah benda-benda itu dibuat? Bagaimana cara manusia meluncurkannya dari bumi?

Tahukah Kamu?
Tahukah kamu bahwa yang kamu lihat itu adalah gambar salah satu satelit buatan. Satelit buatan ini dikirimkan ke orbit bumi dengan tujuan tertentu. Manusia telah lama meluncurkan satelit buatan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Satelit buatan diluncurkan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa melalui roket. Satelit tersebut akan mengumpulkan data dan informasi yang akan dikirimkan ke bumi. Ada berbagai misi dalam peluncuran satelit buatan manusia. Diantaranya yaitu untuk keperluan komunikasi dan informasi.

Ayo Membaca
Dampak Sosial Modernisasi
Dampak Sosial Modernisasi
Modernisasi banyak membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya adalah usaha manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu kebutuhan manusia yang berkembang pesat adalah kebutuhan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat saat ini. Komunikasi kini tidak dibatasi ruang dan waktu. Seluruh penghuni dunia berkesempatan untuk saling berkomunikasi dan berkirim informasi. Sejak tahun 1976, Indonesia telah memiliki satelit komunikasi yang diluncurkan ke luar angkasa untuk kebutuhan komunikasi. Hingga kini, telah delapan kali Indonesia meluncurkan satelit komunikas. Satelit terakhir yang diluncurkan pada tahun 2017 adalah Satelit Telkom 3S untuk menggantikan satelit komunikasi sebelumnya.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi juga memengaruhi kehidupan masyarakat. Teknologi industri yang semakin maju dapat melipatgandakan hasil produksi dengan cepat dan dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu pendistribusian barang hasil produksi sehingga barang dapat tersedia di mana saja dan kapan saja.

Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi sebagai bagian dari modernisasi dapat pula menyebabkan kesenjangan dalam masyarakat. Masyarakat yang sudah paham dan mampu memanfaatkan teknologi akan semakin maju. Sedangkan masyarakat yang belum mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan semakin tertinggal. Ketertinggalan akan pemanfaatan teknologi dapat borpotensi menimbulkan konflik di masyarakat.

Masuknya pengaruh asing merupakan salah satu dampak terbukanya sistem komunikasi dan informasi. Pengaruh asing tersebut banyak juga yang kurang sesuai dengan norma mayarakat di Indonesia, sehingga dapat dengan mudah menimbulkan gesekan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Kemajuan bidang industri menimbulkan pula dampak terhadap masyarakat. Contohnya adalah dengan adanya pencemaran lingkungan akibat kegiatan industri. Air, tanah, dan udara yang tercemar jelas akan membahayakan kehidupan masyarakatnya. Industrialisasi dengan menggunakan peralatan canggih pengganti tenaga manusia juga berdampak pada masyrakat. Dampak yang sangat nyata adalah meningkatnya pengangguran. Hal ini disebabkan karena lapangan pekerjaan bagi mereka semakin sedikit. Meningkatnya pengangguran dapat menyebabkan tindak kekerasan dan kriminalitas di dalam masyarakat.

Sumber : IPS kelas 6, Pusbuk 2010; www.goodnewsfromindonesia.id; www.rocketmanajemen.com dengan penyesuaian

Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan.

A. Membuat Peta Pikiran
Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah peta pikiran. Peta pikiranmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
  1. Dampak modernisasi terhadap masyarakat, baik dampak positif maupun dampak yang merugikan yang perlu diwaspadai
  2. Menjelaskan contoh setiap dampak yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
  3. Tulisan dan gambar keseluruhan harus jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.
Dampak Sosial Modernisasi

B. Membuat Kliping Dampak Modernisasi
Secara Sosial Kamu telah memahami dampak modernisasi dari artikel dan kegiatan sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal tersebut. Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya. Carilah artikel dan gambar yang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.
  1. Gunakan surat kabar, majalah, atau media lain sebagai sumbernya.
  2. Jelaskan artikel tersebut dengan menggunakan kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana.
  3. Jangan lupa mencantumkan sumbernya.
  4. Buatlah klipingmu semenarik mungkin agar mengundang orang lain untuk membacanya. Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial.

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Asing

Sadarkah kamu bahwa Indonesia mengalami banyak perubahan akibat adanya modernisasi. Perubahan memang selalu mengarah menjadi baik, tetapi ada juga yang menjadi tidak baik karena ketidaksesuaian dengan kebiasaan di Negara kita. Berikut adalah contoh-contoh perubahan kebiasaan orang Indonesia yang dipengaruhi negara lain.

1. Cara Berpakaian
Dewasa ini, cara berpakaian masyarakat mengikuti perkembangan fashion dari negara lain. Seperti yang kita lihat bahwa banyak sekali menggunakan celana pendek di depan umum. Orang dulu menutup auratnya tetapi sekarang dibuka dan bahkan yang lebih parah lagi menjadi tren mode untuk kalangan remaja dan menjadi kebiasaan banyak orang.
Cara Berpakaian
2. Jenis Hiburan
Jenis hiburan orang Indonesia sekarang sudah mulai mengadopsi dari budaya asing. Sekarang ini jenis hiburan masyarakat Indonesia semakin banyak dan bervariasi seperti bermain game controller, Virtual Reality, Augmented Reality, dan menyukai musik-musik kpop, barat dan lainnya. Nah, karena kita menyukai musik dari negara lain biasanya kita jadi termotivasi ingin belajar bahasa dari negara tersebut bukan?. Tapi akibatnya kita jadi meninggalkan permainan tradisional atau permainan khas dari Indonesia.
Hiburan
3. Gaya Hidup
Gaya hidup atau lifestyle masyarakat Indonesia juga sudah banyak dipengaruhi oleh budaya asing loh. Sebagian masyarakat sudah menerapkan gaya hidup yang lebih baik seperti tepat waktu, workaholic, vegetarian. Tetapi ada juga dampak negatif yang didapat jika memilih gaya hidup yang salah seperti suka memakan junk food, mengkonsumsi minuman keras, dan lainnya.
Nasi Tumpeng

Sumber : https://pastelbooks.id/kebiasaan-orang-indonesia-yang-dipengaruhi-budaya-asing/

Ayo Membaca
Proyek Rino
Oleh Diana Karitas

”Kenapa, Rin? Kok mukanya cemberut begitu?” tanya Kak Argia membuyarkan lamunan Rino. Suasana rumah sepi. Ayah masih di kantor dan Ibu sedang bertandang ke rumah tetangga yang sedang sakit. Hari ini, Kakak Argia tidak ada kuliah, sedang Rino baru pulang sekolah. Masih dengan seragam lengkapnya, Rino duduk termangu di teras rumah.

“Ah, Kak Argi, aku sedang berpikir, bukan cemberut.” sangkal Rino. “Aku sedang memikirkan tentang proyek sekolah, Kak. Kami harus membuat sesuatu yang bisa dijual di Hari Pasar dua minggu lagi. Barang tersebut harus hasil buatan sendiri dan tidak boleh menggunakan bahan yang mahal. Kata bu guru, supaya bisa dibeli oleh teman-teman lain di sekolah. Nah, aku sedang berpikir, kira-kira aku akan membuat apa.” jelas Rino.

“Wah, itu proyek sekolah yang bagus! Dengan begitu kamu dituntut kreatif dan juga berpikir ekonomis. Dulu waktu kakak seusiamu, kakak belum pernah dapat tugas seperti itu.” kata Kak Argia sambil mendekati Rino.

“Tapi itu kan tugas yang sulit, Kak. Rino kan belum pernah punya pengalaman seperti ini. Mana ini tugas perorangan, lagi.” kata Rino. Kali ini, ia benar-benar cemberut.

“Hei, Gurumu tahu kemampuan siswanya, sehingga tidak akan memberikan tugas yang melebihi kemampuannya. Tugas ini boleh dibantu, kan?” hibur Kak Argia.

Ah! Betul! Itu yang dikatakan Bu Guru. Tugas ini boleh dibantu orang tua. Tetapi, orang tua hanya boleh mengarahkannya, tidak boleh mengerjakannya. Jadi semua yang akan mengerjakan aku, Kak. Nah, sepertinya aku bisa minta tolong Kakak juga, dong!” Rino bersemangat menjelaskan arahan Bu Guru tadi sebelum pulang sekolah. Kali ini, mata Rino berbinar-binar

“Boleh. Hari ini Kakak tidak ada kuliah, jadi kita bisa memulainya setelah kamu makan siang. Sekarang, ganti baju seragammu, makan siang, terus kita kerjakan. Setuju?” kata Kak Argia sambil bergegas memasuki rumah. Rino pun senang bukan kepalang. Ia segera melakukan yang disarankan kakaknya dan siap di ruang tengah dalam waktu setengah jam.

Rino dan Kak Argia pun terlihat sibuk berdiskusi. Rino memegang buku dan pensil untuk membuat daftar barang-barang yang disukai teman-teman sebayanya yang bisa dibuat sendiri. Ia menulis beberapa jenis makanan, mainan dan alat tulis. Ia juga menuliskan beberapa hingga hiasan seperti gantungan kunci, kartu pembatas buku, hingga hiasan dinding sederhana. Rino terlihat sangat bersemangat. Kak Argia pun terlihat sabar membantunya.

“Nah, dari daftar barang tersebut, kamu tentukan barang yang mudah dibuat. Selain mudah di buat, barang tersebut juga harus disukai oleh temantemanmu, sehingga mereka mau beli,” saran Kak Argia. “Lalu, nanti kita akan cari tahu cara membuatnya,” jelas Kak Argia.

“Cari tahu di mana, Kak? Kukira Kakak tahu cara membuatnya,” tanya Rino dengan wajah agak terkejut. Kak Argia tersenyum sambil meninggalkan Rino dan masuk ke kamarnya. Tak lama berselang, Kak Argia telah duduk di samping Rino dengan membawa komputer jinjingnya.

“Nah, mari kita gunakan teknologi untuk membantu memecahkan masalahmu, Rin! Kakak akan membantumu mencari tahu cara membuatnya melalui internet. Dengan internet, kita dapat terhubung dengan berbagai situs yang dapat membantu kita, tergantung bagaimana kita mencari dan menggunakannya. Di sini, kamu juga bisa mencari ide untuk menentukan bentuk gantungan kunci yang kamu mau!” Kak Argia menjelaskan sambil tangannya lincah menggerakkan jarinya mencari yang ia perlukan melalui komputer jinjingnya.

Rino terkagum-kagum melihatnya. “Wah, Kakak hebat! Terima kasih sekali, Kak,” tatap Rino tak percaya.

“Tapi, Rin. Kamu hanya boleh menggunakan atau membuka situs-situs itu dengan ditemani Kakak atau orang dewasa lainnya, ya. Kamu belum cukup umur untuk membuka situs-situs melalui internet itu. Tidak semua yang dapatterhubung dengan internet itu sesuai dengan usiamu,” jelas Kak Rino.

“Baiklah, Kak Argia, yang penting kita bisa selesaikan proyek ini, ya! Terima kasih, lho Kak!” seru Rino riang.

Ayo Menulis
Dalam sebuah cerita fiksi biasanya terdapat satu tokoh utama dan satu atau lebih tokoh tambahan. Tokoh keduanya biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita atau dialog di dalam cerita tersebut. Kita juga dapat menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dengan melihat jalan cerita, dan tentang siapa cerita tersebut. Tokoh tambahan biasanya mendukung tokoh utama dalam cerita fiksi. Peran tokoh tambahan salah satunya untuk memperjelas watak tokoh utama. Lakukanlah kegiatan berikut ini dengan mengikuti petunjuknya.
  1. Sediakan kertas ukuran A4 atau folio. Gunakan format diagram berikut ini untuk menuliskan tokoh utama, tokoh tambahan, watak, dan tempat terjadinya cerita fiksi “Proyek Rino”.
  2. Pada tempat yang disediakan, tuliskan isi cerita dari cerita fiksi di atas.
Peta Pikiran Proyek RIno
  1. Judul cerita : Proyek Rino
  2. Watak tokoh utama (Rino) : Antusias, bertanggung jawab dan mandiri
  3. Watak tokoh tambahan (Argia) : Sabar, bijakasana dan seka membantu
  4. Hubungan antara tokoh utama dan tokoh tambahan : Tokoh tambahan berhubungan erat dengan tokoh utama dan sangat memengaruhi keseluruhan cerita.

Isi Cerita :
Rino berpikir keras setelah mendapat tugas dari gurunya untuk membuat proyek sekolah. Kakaknya yang bernama Argia membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet. Kak Argia mencari cara membuat barang-barang yang diperlukan Rino untuk dijual di sekolah dalam kegiatan proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati agar Rino bijaksana dalam menggunakan internet karena semua yang dapat terhubung dengan internet itu sesuai dengan usia Rino.

Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca cerita fiksi yang berjudul “Proyek Rino.” Dari cerita tersebut, adakah hal yang mirip dengan keadaan atau peristiwa yan terjadi dalam kehidupanmu sendiri? Hal penting apa sajakah yang dapat kamu dapatkan dari cerita tersebut? Bagaimana cara kita dalam menggunakan kemajuan teknologi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa? Ceritakanlah kepada teman sebangkumu!
Hal penting yang saya dapatkan adalah pemanfaatan teknologi untuk menyelesaikan masalah. dan bijak menggunakan teknologi. Kemajuan teknologi dapat kita gunakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Misalnya dengan adanya telepon genggam kita dapat terhubung dengan saudara-saudara kita yang ada di seluruh Indonesia dari Sabang sampai merauke. Dengan adanya komunikasi yang baik tentunya persatuan dan kesatuan bangsa akan semakin terbina dengan baik. Hindari menyebarkan hoax yang mudah memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa..
 
Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan harapan semua bangsa yang berdaulat di muka bumi, termasuk Indonesia. Bangsa yang bersatu akan memudahkan pembangunan dan tercapainya cita-cita bangsa. Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan itu sendiri? Mari kita cari tahu dengan membaca bacaan berikut ini.

Ayo Membaca
Makna Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, dan adat budaya. Makna kesatuan di dalamnya adalah Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia. Dari segi geografis, kita dapat melihatnya dari peta wilayah Indonesia. Pengertian wilayah Indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95° sampai 141° Bujur Timur dan 6° Lintang Utara sampai 11° Lintang Selatan. Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, sesuai dengan batas-batas wilayahnya.

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah juga rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah itu. Senasib karena telah berhasil menjadi bangsa yang merdeka dan membentuk negara kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia juga bermakna semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Para pemuda dari berbagai suku bangsa berikrar pada sebuah kongres pemuda tahun 1928. Kesadaran terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa menjadi tonggak sejarah bersatunya tekad pemuda Indonesia. Para pemuda bertekad untuk Indonesia yang bersatu dan Indonesia sebagai sebuah kesatuan.

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah “Persatuan Indonesia” merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa. Hal tersebut juga tercantum pada Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi: “Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Sumber tulisan : www.markijar.com dengan penyesuaian

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?
Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

2. Apa makna persatuan kesatuan bangsa menurutmu sendiri?
Menurut saya makna persatuan adalah utuh atau tidak terpecah belah serta rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa.

3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?
Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Pada masa perjuangan kemerdekaan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa.

4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini? Berikanlah beberapa contoh!
Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini adalah :
  • Indonesia adalah negara beragam. Sehingga masyarakat harus mengakui jika Indonesia negara yang beragam dan tetap satu sebagai bangsa Indonesia.
  • Adanya wawasan nusantara, maka tiap orang akan merasa satu, senasib sepenanggungan.
  • Setiap orang bisa mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan.

5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.

Judul : Racikan Toleransi di Semangkuk Soto Kudus
Sumber : www.liputan6.com

Makna persatuan dan kesatuan dalam berita :
  1. Tak hanya warga Kudus yang menikmati soto dan pindang kerbau. Ada pula yang datang dari Jakarta
  2. Soto Kudus merupakanan akulturasi Tiongkok dan nusantara.
  3. Soto Kudus merupakan simbol nyata toleransi
Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran pada hari ini berjalan dengan lancar dan tertib. Dari 27 Siswa din kelas semuanya dapat memahami materi yang berhubungan dengan tokoh, menggambar tokoh utama, dan tokoh tambahan serta membuat ringkasan cerita dengan baik.