Tema : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema : 2 (Penemu dan manfaatnya)
Pembelajaran : 5 dan 6
Mata Pelajaran : PKN (3.2), Bahasa Indonesia (3.2), IPS (3.2), SBDP (3.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi contoh pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan terperinci.
2. siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks tentang penemuan dan manfaatnya dengan benar.
3. siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar.4. siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek dan pendidikan dengan sistematis
5. siswa mampu memainkan lagu menggunakan alat musik sesuai dengan interval yang tepat
Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar tentang penemu jam. Salah satu manfaat dari penemuan jam adalah membantu kita disiplin terhadap waktu. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah disiplin waktu?
Ayo Menulis
Pernahkan kamu datang terlambat ke sekolah? (Jika tidak pernah, kamu dapat menceritakan pengalaman datang terlambat pada saat bertemu teman dan lain-lain). Tulislah pengalamanmu datang terlambat ke sekolah!
Kapan kamu terlambat datang ke sekolah?
Saya terlambat datang ke sekolah saat hujan lebat.
Mengapa kamu terlambat?
Hujan lebat menyebabkan banjir sehingga lalu lintas macet
Siapa saja yang kamu rugikan saat kamu terlambat?
Jika saya terlambat orang yang dirugikan antara lain adalah diri saya sendiri, guru dan juga teman-teman.
Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu?
Saat saya terlambat, sayaa menjadi pribadi yang tidak disiplin dan tidak menghargai waktu.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak temanmu untuk belajar dengan nyaman?
Ketika saya terlambat dan masuk ke dalam kelas, tentu konsentrasi belajar mereka sedikit banyak akan terganggu.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak gurumu untuk mengajar dengan nyaman?
Ketika saya terlambat, tentu saya sudah mengambil hak guru mengajar dengan baik karena guru harus mengulang kembali materi pelajaran.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin?
Ketika saya terlambat sudah tentu saya gagal melaksanakan kewajiban sebagai pelajar yang disiplin.
Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi?
Rencana saya agar tidak terlambat lagi adalah tidur lebih cepat, mempersiapkan semua peralatan sekolah di malam hari sebelum tidur, berangkat lebih awal agar terhindar macet dan lain sebagainya.
Datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Ayo, laksanakan kewajibanmu dengan tanggung jawab ya.
Amatilah gambar-gambar berikut. Apakah mereka sudah melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab? Apa dampak dari yang mereka lakukan?
Pertanyaaan | Gambar 1 | Gambar 2 | Gambar 3 |
---|---|---|---|
Apa kewajiban kita sebagai pelajar? | Menjaga kebersihan sekolah | Belajar dengan sungguh-sungguh | Mengerjakan tugas secara berkelompok |
Apakah mereka sudah melaksanakan kewajiban sebagai pelajar? | Belum | Belum | Belum |
Apa dampak bagi diri sendiri? | Menjadi orang yang jorok | Mendapat nilai kurang bagus | Pekerjaan lebih cepat selesai |
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi lingkungan? | Lingkungan menjadi kotor dan menjadi sumber penyakit | Kegiatan belajar mengajar terganggu | Memperkuat persatuan dan kesatuan |
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi orang lain? | Mengganggu kenyamanan orang lain | Mengganggu teman lain yang sedang belajar | Siswa lain akan senang jika diajak kerja kelompok lagi |
No. | Kewajiban Pelajar | Dampak jika tidak melaksanakan kewajiban |
---|---|---|
1. | Menjaga kebersihan lingkungan sekolah | Jika tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah maka lingkungan sekolah menjadi kotor |
2. | Menaati peraturan sekolah | Jika tidak menaati peraturan sekolah bisa saja dikeluarkan dari sekolah |
3. | Belajar dengan sungguh-sungguh | Jika tidak belajar dengan sungguh-sungguh maka bisa saja tidak naik kelas |
4. | Mengerjakan tugas yang diberikan guru | Jika tidak mengerjakan tugas dari guru maka nilai akan berkurang |
Ayo Berlatih
Pada pembelajaran 1 kamu telah membaca teks tentang “Si Kotak Ajaib”. Kamu telah menemukan kalimat tidak efektif pada teks tersebut. Apa itu kalimat efektif?
Kalimat efektif adalah yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami.
Ciri-ciri kalimat efektif:
1. Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama .
Para tamu-tamu duduk di kursi. Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”? Perhatikan kata “tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”? Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan tamu yang banyak. Kita dapat menghilangkan salah satu.
Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi.
Efektif: Para tamu duduk di kursi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar