Tema : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema : 2 (Penemu dan manfaatnya)
Pembelajaran : 2
Mata Pelajaran : PKN (3.2), SBDP (3.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. siswa mampu melaporkan makna kewajiban, contoh kewajiban, dan hal yang dilakukan supaya dapat menjalankan dengan baik secara terinci.
3. siswa mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.
4. siswa mampu menyanyikan lagu Mariam Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat
Tahukah kamu siapakah penemu jam? Apa manfaat dari temuannya untuk kehidupan sehari-hari?
Ayo Membaca
Penemuan Jam Mekanik
Tahun 1430 Masyarakat Eropa mengenal jam yang menggunakan pegas.
Tahun 1656 Terjadi perkembangan yang pesat dengan ditemukannya jam lonceng. Pada jam ini sudah terdapat jarum penunjuk menit.
Tahun 1920 Ditemukan jam saku dan kemudian ditemukan jam tangan.
Manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi. Sekarang teknologi jam sudah jauh berkembang. Selain jam mekanik, ada pula jam elektronik, contohnya jam digital. Manusia kemudian dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi penunjuk waktu sebagai pedoman waktu pribadi dalam melakukan kegiatannya dalam sehari-hari.
Ayo Berdiskusi
1. Mengapa penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu?
Penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu karena jam menjadi patokan waktu sehingga terus dikembangkan agar mampu menunjukkan waktu yang pasti dan akurat.
2. Apa manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari?
Manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai penunjuk waktu dalam melakukan kehidupan sehari-hari.
Jam adalah pengukur waktu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Dengan adanya jam, kita dapat menentukan waktu untuk melakukan aktivitas. Dengan mengatur waktu yang baik, kita menjadi pribadi yang disiplin waktu. Siti juga berusaha untuk menjadi pribadi yang disiplin waktu. Ayo, kita simak cerita Siti.
Ayo Mengamati
Jam, Membantu Siti Tepat Waktu
Siti selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari. Siti bangun pagi pukul 05.00. Setelah ibadah dan mandi, Siti sarapan pagi. Siti berangkat sekolah pukul 06.00. Siti berangkat sekolah dengan berjalan kaki karena jarak rumahnya yang tidak terlalu jauh. Siti menempuh perjalanan 20 menit. Bel masuk sekolah pukul 06.45. Siti hampir tidak pernah terlambat untuk datang ke sekolah. Ia berusaha untuk disiplin datang tepat waktu ke sekolah.
Siti pulang sekolah pukul 14.00. Ia langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, Siti istirahat. Pukul 16.00, Siti mandi. Setelah ibadah dan makan malam, Siti pun belajar. Ia belajar pukul 19.00-20.30. Ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu. Siti melakukan kegiatan sehari-harinya dengan teratur. Ia belajar menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.
Berdasarkan cerita Siti di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?
Siti sudah melakukan haknya yaitu mengatur kegiatannya dengan tepat waktu
2. Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?
Ya, Siti telah mengatur waktunya dengan teratur.
3. Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?
Siti mengatur waktunya dengan teratur karena ia ingin menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.
4. Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur
Siti mengatur waktunya secara teratur sehingga ia tidak pernah terlambat datang ke sekolah maupun mengumpulkan tugas sekolah sehingga nilainya bisa meningkat.
5. Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik?
Siti adalah pelajar yang baik, sebagai pelajar ia telah melaksanakan kewajiban dengan baik dan teratur.
6. Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?
Siti melaksanakan kewajibannya dengan baik karena hal itu wajib demi mencapai cita-citanya. Contohnya mengerjakan PR, belajar untuk materi besok atau belajar untuk persiapan tes, serta mengumpulkan tugas tepat waktu.
Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?
Datang Ke sekolah Tepat Waktu | Mengumpulkan Tugas tepat Waktu |
---|---|
Datang ke sekolah tepat waktu merupakan kewajiban seorang siswa | Mengumpulkan tugas tepat waktu merupakan kewajiban seorang siswa |
Jika dilanggar maka akan mendapat hukuman dan dianggap sebagai anak yang tidak disiplin | Jika dilanggar maka akan tidak mendapatkan nilai dan tugas akan semakin menumpuk |
Pihak yang dirugikan adalah diri sendiri dan orang tuan | Pihak yang dirugikan adalah diri sendiri dan juga orang tua. |
Tulislah contoh-contoh kewajibanmu!
Di Rumah | Di Sekolah | Di Masyarakat |
---|---|---|
Belajar dengan tekun | Datang tepat waktu | Mematuhi peraturan yang ada |
Membantu orang tua | Mengumpulkan tugas tepat waktu | Menjaga kebersihan lingkungan |
Menjaga kebersihan | Mematuhi peraturan sekolah | Menjaga kerukunan |
Mematuhi perintah orang tua | Mendengarkan nasehat guru | Menjaga; keamanan lingkungan |
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.
Jam sangat membantu kita untuk mengatur waktu. Kita menjadi mudah untuk menentukan kegiatan sehari-hari. Jam juga dapat kita gunakan untuk melakukan eksplorasi lingkaran berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar