Tema : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema : 2 (Penemuan dan manfaatnya)
Pembelajaran : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (3.2), IPA (3.4), IPS (3.2) dan Matematika
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang manfaat penemuan televisi dengan tepat.
2. Siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan dengan mandiri.
3. Siswa mampu mempresentasikan perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan dengan mandiri.
4. siswa mampu menguji model rangkaian tersebut dengan tepat.
5. Mengetahui Unsur-unsur lingkaran
Ayo Mencoba
Kamu sudah belajar tentang definisi lingkaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kita akan belajar tentang unsur-unsur lingkaran. Amatilah lingkaran berikut.
Tulislah hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang unsur-unsur lingkaran!
Lingkaran merupakan kumpulan titik-titik pada bidang datar yang jaraknya sama terhadap suatu titik tertentu. Hal-hal yang berkaitan dengan lingkaran adalah jari-jari, busur, tali busur, diameter, apotema, dan sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang berhubungan dengan lingkaran.
- Titik pusat lingkaran ialah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran. Jari-jari adalah segmen garis yang menghubungkan titik pusat dengan suatu titik pada lingkaran.
- Panjang jari-jari (r) sepanjang segmen garis tersebut.
- Busur adalah garis lengkung bagian tertutup pada lingkaran.
- Tali busur merupakan segmen garis yang ujung-ujungnya pada lingkaran.
- Diameter merupakan tali busur yang melalui pusat lingkaran. Diameter membagi lingkaran menjadi dua bagian yang sama besar.
- Apotema merupakan garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.
- Keliling (K) merupakan busur terpanjang pada lingkaran. Juring merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan dua jari-jari.
- Tembereng merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur.
- Luas merupakan daerah dalam yang dibatasi lingkaran.
Sampaikan tulisanmu kepada temanmu. Sekarang, kita akan bereksplorasi untuk menjawab rasa ingin tahumu.
- Gambarlah lingkaran dengan menggunakan jangka.
- Berilah tanda pada titik pusat lingkaran. Kamu dapat memberikan nama P.
- Ambilah satu titik pada lingkaran, misalnya A.
- Tariklah garis dari titik P ke A. Ukurlah panjang garis AP ?
- Teruskan garis AP sampai memotong lingkaran. Kamu dapat memberi nama titik B. Ukurlah panjang garis AB ?
Lakukan percobaan ini sebanyak 5 kali dengan ukuran lingkaran yang berbeda.
Apa yang dapat kamu simpulkan?
1. Bagaimana hubungan antara panjang garis AP dan AB?
Garis AP setengah dari AB
2. Jika panjang AP disebut jari-jari lingkaran (dilambangkan dengan r) dan AB adalah diameter lingkaran (dilambangkan dengan d), bagaimana hubungan antara r dan d?
Jari-jari adalah setengah dari diameter
Lingkaran
Garis AP dan PB adalah jarijari lingkaran (r). Sedangkan garis AB adalah diameter lingkaran(d). d = 2r.
Ayo Berlatih
1. Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 8 cm. Hitunglah berapa panjang diameternya?
d = 2r = 2 x 8 = 16 cm
2. Sebuah lingkaran mempunyai panjang diameter 10 cm. Hitunglah panjang jari-jarinya?
d = 2r maka r = d/2 = 10 : 2 = 5 cm
3. Misalkan terdapat dua lingkaran A dan B. Diameter lingkaran A adalah 2 kali lingkaran B. Jika jari-jari lingkaran B adalah 6 cm, hitunglah diameter lingkaran A.
Jika jari-jari B adalah 6 maka diameter B adalah 12, maka karena A diameternya 2 x B maka diameter B adalah 2 x 12 = 24 cm
4. Terdapat dua lingkaran A dan B. Panjang jari-jari lingkaran B adalah 3 kali lingkaran A. Jika jari-jari lingkaran B adalah 6 cm, hitunglah diameter lingkaran A?
Panjang jari-jari B 3 x jari-jari A, Jari-jari B adalah 6 maka diameternya adalah 12.. Jari-jari A 1/3 B atau 1/3 x 6 = 2 maka diameter A adalah 2 x 2 = 4 cm.
Perkembangan kehidupan masyarakat tentunya banyak dipengaruhi oleh beragam penemuan. Seperti penemuan televisi yang kemudian mampu mengubah peradaban dunia. Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!
Ayo Membaca
Si Kotak Ajaib
John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.
Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!
Penemuan televisi oleh John Logie Baird.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Prinsip kerja televisi yaitu mengubah sinyal elektromagnetik menjadi gambar dan suara. Awalnya objek gambar yang ditangkap kamera diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal tersebut menjadi objek gambar yang utuh.
Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Televisi berfungsi sebagai penerima siaran video dan audio dari jarak jauh. Oleh karena itu, penemuan televisi termasuk penemuan yang mengubah peradaban dunia.
Paragraf 4 :
Penemuan televisi di kategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.
Perhatikan penggalan-penggalan kalimat bercetak miring pada teks tersebut. Tuliskan pada kolom berikut untuk didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.
Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya
di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu,
lalu televisi kemudian terus berkembang
Televisi adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang pengaruh televisi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia!
Ayo Berdiskusi
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai acara setiap hari, bahkan hampir selama 24 jam penuh. Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti berita, film anak-anak maupun film dewasa, talk show, sinetron, dan acara hiburan lainnya.
Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut? Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?
Diskusikan hal tersebut bersama teman, dan tuliskan hasilnya dalam diagram berikut:
Pengaruh Televisi terhadap kehidupan masyarakat di lingkunganku
Beragam informasi dari televisi:
Berita, film anak dan dewasa, talkshow, sinetron, dan hiburan lainnya
Pengaruh Positif (Pendidikan)
Memperluas wawasan
Memperkaya pengalaman hidup
Menunjang pelajaran sekolah
Membantu proses belajar
Pengaruh Negatif (Pendidikan)
Menyita banyak waktu yang seharusnya untuk belajar
Mengurangi kemampuan berpikir kritis
Muncul efek negatif di kalangan pelajar
Pengaruh Positif (Ilmu Pengetahuan)
Menjadi sumber informasi pengetahuan dan pendidikan
Menambah wawasan ilmu pengetahuan
Pengaruh Negatif (Ilmu Pengetahuan)
Televisi menghambat produktivitas dan kemajuan ilmu pengetahuan
Ayo Mengamati
Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah. Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu!
Beberapa sikap yang bertanggungjawab menggunakan pesawat televisi antara lain menggunakan televisi sebagai sarana belajar. Rencana ke depan saya akan belajar, mengerjakan PR, menyiapkan perlengkapan sekolah untuk esok hari lebih dulu sebelum menonton TV, dan mematikan televisi setelah digunakan.
Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya. Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu paralel sederhana.
Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Paralel | |||
---|---|---|---|
Nama bahan dan alat | Fungsi | Jumlah yang diperlukan | |
Bahan yang diperlukan | Dudukan Lampu | Meletakan Lampu | 3 buah |
Kabel | Mengalirkan arus listrik | 100 cm | |
Switch/sakelar on-off | Untuk menyambung dan memutus arus listrik | 3 buah | |
Baterai besar 1,5 v | Sumber arus listrik | 2 buah | |
Lampu dan fittingnya | Sebagai sumber cahaya | 3 buah | |
Alat yang digunakan | Gunting/cutter | Memotong kabel | 1 buah |
Lakban | Menempelkan dudukan lampu | 1 buah |
Gambarlah rencana rangkaian lampu paralel yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.
Berikut sedikit petunjuk tentang rangkaian lampu paralel sederhana. Rangkaian Paralel
Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.
Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu paralel yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan beragam.
Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian lampu paralel berdasarkan rancangan tersebut! Ikuti panduan keselamatan kerja pada pembelajaran sebelumnya, selama kamu melakukan percobaan! Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat.
Cermati pertanyaan berikut!
- Apakah lampu pada rangkaian paralel menyala dengan baik?
- Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain. Analisis penyebab perbedaan tersebut.
- Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkaian milik teman yang menyala . Temukan kesalahannya dan perbaiki.
- Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan, kemudian temukan permasalahannya.
Ayo Menulis
Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!
Laporan Kegiatan Percobaan | ||
---|---|---|
Nama Percobaan | : | Membuat Rangkaian Paralel |
Tujuan Percobaan | : | Mengidentifikasi rangkaian listrik paralel sederhana |
Alat dan bahan | : |
|
Langkah-langkah | : | Langkah-langkah Percobaan:
|
Hasil Percobaan | : | Pada percobaan yang telah dilakukan terhadap rangkaian paralel sederhana, ketika kabel dihubungkan dengan baterai lampu menyala. |
Kesimpulan | : |
Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan potensi (bakat) yang berbeda-beda. Salah satu cara mensyukuri potensi yang kita miliki adalah dengan cara mengembangkan secara maksimal agar dapat memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar