Subtema 1 :Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran : 6 dan PH
Muatan dan Tujuan Pembelajaran :
1. PPKn : KD. 3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
2. B. Indonesia : KD. 3.7
Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja)
5. SBdP : 3.2
Interval Nada
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ?
Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la
Selamat berjumpa kembali di semester 2.......
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.........
Anak sholeh dan sholehah,
Baiklah, hari ini kita akan mulai pembelajaran tema 6 subtema 1 pembelajaran 6
Adapun Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik mampu menjelaskan pelaksanaan tanggung jawab dirumah, sekolah dan lingkungan serta memperkirakan informasi yang terdapat pada teks melalui kata kunci yang ada pada judul dan menentukan interval nada dengan tepat.
Anak sholih sholihah...
Ayo Mencoba
Bagaimanakah kamu menjalankan kewajiban, baik di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat serta lingkungan bangsa dan negara? Coba ceritakan di depan teman-temanmu.
Ayo Berlatih
Tuliskan hal-hal berikut.
1. Contoh kewajiban di rumah yang sudah kamu laksanakan.
Beberapa contoh kewajibanku di rumah yang sudah dilaksanakan antara lain :
Membersihkan dan merapikan tempat tidur
Menjaga kebersihan lingkungan rumah
Menyapu rumah, beranda/teras rumah, halaman rumah
Menyiram tanaman/bunga
Memberi makan hewan peliharaan/hewan ternak
Membantu jaga toko orang tua
2. Manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab.
Beberapa manfaat yang saya peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab anata lain sebagai berikut :
Melatih disiplin dan tanggung jawab
Mempermudah/memperlancar kegiatan sehari-hari
Menyenangkan orangtua
Mendapat kepercayaan orang tua dan saudara
Mendapat kepuasan pribadi karena mampu melaksanakan
3. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melaksanakan kewajiban.
Beberapa hal yang perlu diperbaiuki dalam melaksanakan kewajiban antara lain :
Harus lebih rutin dan berkelanjutan
Harus lebih ikhlas tanpa paksaan
Harus lebih bersemangat
Harus dilakukan dengan riang gembira
Tuliskan pada selembar kertas. Kemudian, ceritakanlah di depan temantemanmu.
setiap keluarga mempunyai peraturan yang dibuat secara bersama-sama oleh anggota keluarga dengan dipimpin kepala keluarga (ayah). Peraturan dalam keluarga mengikat semua anggota keluarga untuk melaksanakannya secara bertanggung jawab. Dengan adanya kesadaran setiap anggota keluarga dalam melaksanakan kewajiban akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keharmonisan dalam keluarga.
Kamu telah mengenal banyak kewajiban, baik kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, maupun sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, kamu mempunyai kewajiban terhadap diri sendiri dan lingkungan. Contoh kewajiban terhadap diri sendiri adalah menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan sehat. Cermati bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah”. Sebelum mencermati bacaan lakukan kegiatan berikut.
Ayo Berlatih
Ada bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”. Coba temukan kata kunci pada judul tersebut. Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga perkiraan informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
No | Kata Kunci | Perkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci |
---|---|---|
1. | Bahaya pangan jajanan tidak sehat di sekitar sekolah. Bahaya pangan jajanan | Dalam 5 tahun terakhir Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), menunjukkan banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat berkisar 40-44%. Siswa cenderung lebih tertarik dengan makanan berwarna cerah yang berbahaya. |
2. | Jajanan anak sekolah yang tidak sehat . Bahaya jajanan anak sekolah yang tidak sehat | Jajanan berbahaya mengandung Rhodamin, Formalin, Boraks dan pemanis buatan. Rhodamin adalah zat pewarna tekstil/kain. Formalin adalah zat pengawet jenazah. Boraks adalah bahan untuk campuran deterjen. |
Ayo Membaca
Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
Terik matahari seakan membakar siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar dari sekolah. Di depan sekolah, berbagai jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya. Panasnya siang membuat para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeli minuman dingin berwarna merah menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yang dicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapa bahaya menanti mereka. Mereka tidak paham
bahwa beberapa tahun ke depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ tubuh mereka.
Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks, serta pemanis buatan dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di antara jajanan di sekitar SD (Kompas, 31 Januari 2011). Sesungguhnya rhodamin adalah zat pewarna tekstil, sementara formalin adalah bahan pengawet yang juga dipakai untuk mengawetkan jenazah, dan boraks adalah bahan kimia yang kerap dipakai sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksi organ tubuh kita ketika menerima bahan-bahan kimia berbahaya tersebut!
Lingkungan di sekitar sekolah patut mendapat perhatian khusus terhadap bahaya ini. Mengapa? Siswa sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat. Menyikapi hal ini BPOM menggalakkan aksi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah yang aman, sehat, dan bergizi. Komunitas sekolah menjadi mitra yang akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan aksi ini. Untuk itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi serta mengenal tanda-tanda makanan yang tidak aman dikonsumsi. Mari kita ciptakan generasi sehat melalui makanan yang sehat!
Memainkan Interval Nada
Kita mengenal jarak antara dua nada sebagai interval. Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval an interval melodis. Interval harmonis adalah dia nada yang dimainkan secara bersama sama. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian. Perhatikan contoh berikut.
Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval) Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.
Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
Interval prim ( “prime”). Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman,contohnya do saja.
Interval sekon (“secondo”). Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).
Interval kuint, kuint murni terdengar nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (dosol).
Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman (do-la).
Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman (do-si).
Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman (do-do)’.
Ayo Mencoba
Siapkan alat musik pianika atau keyboard, lalu mainkan interval harmonis berikut. Jika tidak ada alat musik tersebut, dapat menggunakan alat musik di sekitarmu misalnya angklung. Bisa juga menggunakan alat musik buatan sendiri dari botol bekas atau gelas. Gunakan 7 garis atas botol bekas yang diisi dengan air dengan ketinggian berbeda. Kemudian, mainkan tangga nada berikut.
1. Dari tangga nada c saja, c-d-e-f-g-a-b-c`.
2. Kemudian tangga nada berikut.
Setelah kamu memainkan interval-interval di atas, apa yang kamu rasakan? Apakah ada interval yang nyaman didengar atau tidak nyaman didengar? Tandai √ pada interval yang nyaman didengar dan tidak nyaman didengar pada tabel berikut.
No | Interval | Nyaman Didengar | Tidak Nyaman Didengar |
---|---|---|---|
1. | c-c | √ | - |
2. | c-d | - | √ |
3. | c-e | √ | - |
4. | c-f | √ | - |
5. | c-g | √ | - |
6. | c-a | √ | - |
7. | c’-b | - | √ |
8. | c’-g | √ | - |
9. | c’-f | √ | - |
Kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar