Kamis, 16 November 2023

MATERI AJAR : JUMAT, 17 NOVEMBER 2023 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2


Hari/Tanggal    : Jumat, 16 November 2023
Tema                : 5 (Wirausaha)
Subtema           : 3 (Ayo belajar berwirausaha)
Pembelajaran   : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (3.6), IPA (3.5), Matematika
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam bentuk reklame
2. siswa mampu menjelaskan tentang medan magnet secara benar.
3. siswa mampu mengidentifikasi dan menghitung volume bangun ruang tabung.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang
Man, seorang anak laki-laki Suku Sasak dari Desa Sade, Lombok. Usianya hampir 12 tahun. Ia baru saja menyelesaikan ujian akhir tingkat SD di sekolahnya. Usai sekolah, Man dan beberapa teman seusianya secara kreatif mengisi waktu luang dengan berjualan aneka warna gelang benang buatan sendiri. Sejak dini, anak-anak Suku Sasak terbiasa menyaksikan kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan beragam kreasi untuk dijadikan gelang.
Gelang Benang
Desa Sade terletak di Lombok Tengah, tidak jauh dari Pantai Kuta. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang usaha untuk mengisi waktu luang mereka. Menjelang sore hari, mereka menawarkan berbagai aneka gelang benang buatan mereka ke wisatawan pengunjung pantai. Dengan kreatif mereka membuat berbagai ragam jalinan untuk ditawarkan. Kadangkala, mereka sisipkan manikmanik kayu untuk mempercantik gelang. Menyadari bahwa harga gelang yang dijual tidak dapat terlalu tinggi, mereka mengganti benang hasil pintalan kapas dengan benang jahit yang mereka beli di pasar. Seuntai gelang mereka jual dengan harga Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00. “Dalam sehari, biasanya aku bisa menjual lima sampai enam gelang. Rata-rata dalam sehari kami bisa membawa pulang uang Rp30.000,00,” ujar Man. Ketika ditanyakan untuk apa uang hasil jualan tersebut, “Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah,” jawabnya sambil tersenyum lebar.

Walau tidak pernah diminta oleh kedua orang tuanya untuk membantu keuangan keluarga, Man selalu memberikan uang hasil jualannya kepada ibunya. Ketika sewaktu-waktu ingin membeli barang keperluan sekolah, ibunya akan memperbolehkan Man menggunakan uang tersebut.

Man tidak kehilangan waktu bermainnya karena berjualan. Ia berjualan sambil bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai dengan temantemannya. Menjelang matahari terbenam, Man dan teman-temannya pulang untuk mengerjakan tugas sekolah dan beristirahat. Ketika tugas sekolah sudah selesai, Man membuat beberapa gelang untuk mengisi kembali persediaan untuk berjualan esok hari.

Man bangga ketika gelang hasil buatannya dipuji oleh wisatawan. Sederhana, namun unik dan kreatif, begitu komentar para wisatawan terhadap gelang benang buatan Man dan teman-temannya. Kreativitas Man dalam memanfaatkan waktu luang memberinya pembelajaran hidup yang tak ternilai.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan bacaan.
1. Apa jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka?
Jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya adalah berjualan aneka warna gelang benang.

2. Mengapa diperlukan kreativitas dan ketekunan dalam menjalankan usaha tersebut? Jelaskan secara singkat!
Kreativitas dan ketekunan diperlukan dalam usaha tersebut karena tidak mudah memanfaatkan barang sisa jika tidak memiliki kreativitas. Ketekunan juga diperlukan agar usaha tersebut bisa terus berjalan dan berkembang.

3. Apa manfaat usaha anak-anak tersebut bagi kehidupan mereka?
Manfaat usaha tersebut bagi kehidupan anak-anak tersebut adalah untuk enambah uang jajan, bisa membeli perlengkapan sekolah sendiri, dan meringankan ekonomi keluarga.

4. Faktor-faktor apa yang mereka pertimbangkan saat melakukan usaha tersebut?
Faktor yang merekan pertimbangkan saat melakkukan usaha tersebut adalah harga dan bahan.

5. Sikap apa yang bisa kamu pelajari dari usaha anak-anak tersebut?
Sikap dari usaha anak-anak yang dapat dipelajari adalah sikap kreatif, tekun, dan pandai memanfaatkan peluang.

6. Bagaimana kamu menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang dalam cerita tersebut?
Cara menghargai hal yang dilakukan oleh anak dalam cerita tersebut adalah walaupun masih anak-anak, mereka sudah bisa mencari uang dengan kreativitas dan ketekunan yang mereka miliki. Mereka juga bisa mengatur waktu antara usaha dan aktivitas lainnya. Hal ini dapat menjadi contoh bagi siapapun.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar-gambar kemasan berikut.
Kemasan Makanan
Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk tabung dan kerucut dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.
Pernah. Contoh yang berbentuk tabung yaitu kaleng susu, kaleng sarden, wadah shuttlecock (kok), dan panci. Contoh yang berbentuk kerucut yaitu kemasan es krim dan kemasan kacang rebus.

Ayo, kita cari tahu informasi penting tentang tabung dan kerucut terlebih dahulu sebelum kita membuat kemasan.
Tabung atau silinder sering kita temui dalam kehidupan kita, misalnya kemasan makanan, drum, kaleng susu, toples, dan lain-lain.

Apakah kamu tahu sifat-sifat tabung?
  1. Tabung memiliki alas (bagian bawah) dan atap (bagian atas) berbentuk lingkaran.
  2. Tabung memiliki 3 sisi, yaitu alas, atap, selimut.
  3. Tabung tidak memiliki titik sudut.
  4. Tabung memiliki 2 buah rusuk, yaitu yang melingkari alas dan atap yang berbentuk lingkaran.

Bagaimana cara menghitung volume tabung?
Langkah 1
Tentukan jari-jari dasar lingkaran
  • Kamu bisa menggunakan lingkaran mana saja karena ukurannya sama.
  • Gunakan penggaris untuk mengukur diameter lingkaran.
  • Bagilah panjang diameter tersebut dengan 2 untuk mendapatkan ukuran jari-jari.
  • Jika ukuran diameter lingkaran adalah 6 cm, maka jari-jarinya adalah 3 cm.

Langkah 2
Hitung luas salah satu lingkaran
Gunakan rumus mencari luas lingkaran. » A = πr².
  • Masukkan jari-jari ke dalam rumus. Berikut cara melakukannya: » A = π x 3² = » A = π x 9
  • Karena ukuran π adalah sekitar 3,14 atau , maka luas lingkaran adalah 28,26 cm². » A = 3,14 x 9 = 28,26 cm².

Langkah 3
Cari tinggi tabung
  • Gunakan penggaris untuk mengukur tinggi.
  • Tinggi tabung adalah jarak antara tepi dua basis.
  • Misalkan tinggi tabung di samping adalah 10 cm.

Langkah 4
Kalikan luas lingkaran dengan tinggi
  • Kamu telah mengetahui luas lingkaran pada alas tabung, yaitu 28,26 cm²
  • Kamu juga sudah mengetahui tingginya, yaitu 10 cm
  • Volume tabung adalah luas alas (salah satu lingkaran) dikalikan dengan tinggi.

Jadi, volume tabung adalah 28,26 cm² x 10 cm = 282,6 cm³

2. Kerucut
Apakah kamu tahu sifat-sifat kerucut?
  • Mempunyai sebuah alas yang bentuknya lingkaran
  • Mempunyai titik puncak di bagian atas
  • Memiliki selimut (sisi) yang berbentuk lengkungan.
.
Apakah kamu tahu cara menghitung volume kerucut?
Langkah 1
Cari jari-jari kerucut
  • Jika kamu sudah tahu jari-jari kerucut, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Jika kamu tahu diameternya, bagi dengan 2 untuk mendapatkan jari-jari.
  • Jika kamu belum mengetahui, gunakan penggaris untuk mengukur diameter lingkaran.
  • Bagi diameter tersebut dengan 2 untuk mendapatkan jari-jari.
  • Misalkan, jari-jari lingkaran kerucut di samping adalah 3 cm.

Langkah 2
Gunakan jari-jari untuk mencari luas lingkaran.
  • Untuk menemukan luas lingkaran, gunakan rumus » A = πr².
  • Masukkan jari-jari (r = 3 cm) untuk mendapatkan luas lingkaran » A = π(3)² = 3,14 x 9 » A = 28,26 cm².

Langkah 3 
Cari tinggi kerucut 
  • Jika tinggi kerucut belum diketahui, kamu dapat menggunakan penggaris untuk mengukurnya. 
  • Misalkan tinggi kerucut di samping adalah 10 cm.

Langkah 4
Kalikan luas lingkaran dengan tinggi kerucut
  • Kalikan daerah dasar 28,26 cm² dengan tinggi 10 cm.
  • Jadi, 28,26 cm² x 10 cm = 282,6 cm³

Langkah 5
Bagilah hasilnya dengan tiga
Bagi 282,6 cm³ dengan 3 untuk menemukan volume kerucut.
Jadi volume kerucut di samping adalah 282,6 cm3/3 = 94,2 cm³.

Volume Kerucut = 1/3 L alas x Tinggi
Volume Silinder = L alas x Tinggi

Ayo Berlatih
Selesaikan soal-soal berikut.
1. Sebuah kemasan cendera mata berbentuk tabung dengan tinggi 12 cm. Diameter alas tabung tersebut adalah 6 cm. Hitunglah volume tabung tersebut.

Diketahui tinggi 12 cm
Diameter 6 cm

Ditanyakan : Volume
V = luas alas x tinggi
V = π x r² x t
V = 3,14 x 3² x 12
V = 3,14 x 9 x 12
V = 339,12 cm²

Jadi, volume tabung tersebut adalah 339,12 cm³.

2. Sebuah kemasan makanan berbentuk kerucut. Tinggi kerucut tersebut adalah 15 cm. Jari-jari alas kerucut berukuran 3 cm. Hitunglah luas kerucut tersebut.

Diketahui 
Tinggi 15 cm
Jari-jari alas 3 cm

Ditanyakan : Luas kerucut
Cari garis pelukis terlebih dahulu menggunakan dalil Phitagoras
Garis pelukis (s) :
s = √(jari-jari x jari-jari) + (tinggi x tinggi)
s = √r² + t²
s = √3² + 15²
s = √9 + 225
s = √334
s = 18,28 cm

Luas kerucut
L = luas alas + luas selimut
L = (π x r²) + (π x r x s)
L = (3,14 x 3²) + (3,14 x 3 x 18,28)
L = (3,14 x 9) + (172,2)
L = 28,26
L = 200,46 cm²

Jadi, luas kerucut tersebut adalah 200,46 cm².

3. Perhatikan kemasan berikut.
Kemasan
Kemasan tersebut terdiri atas bangun gabungan tabung dan kerucut. Hitunglah volumenya.
Diketahui
Tinggi tabung 12 cm
Diameter tabung dan kerucut 14 cm
Tinggi kerucut = (18 - 12 = 6)

Kemasan tersebut terdiri atas bangun gabungan tabung dan kerucut. Hitunglah volumenya.
Volume tabung (Va)
Va = π x r² x t
Va = 22/7 x 72 x 12
Va = 22/7 x 49 x 12
Va = 1.848 cm³

Volume kerucut (Vb)
Vb = π x r² x t x 1/3
Vb = 22/7 x 72 x (18-12) x 1/3
Vb = 22/7 x 49 x 6 x 1/3
Vb = 308 cm³

Volume total (Vt)
Vt = Va + Vb
Vt = 1.848 + 308
Vt = 2.156 cm³

Jadi, volume bangun gabungan tersebut adalah 2.156 cm³.

4. Buatlah soal tentang volume tabung dan kerucut. Tukarkan soal tersebut dengan salah seorang teman. Minta temanmu menyelesaikan soal tersebut.
Edo meletakkan topi ulang tahunnya di atas kaleng susu. Kaleng susu tersebut memiliki diameter 21 cm dan tinggi 20 cm. Sedangkan topi ulang tahun memiliki diameter 14 cm dengan tinggi 25 cm. Hitunglah jumlah kedua volume tersebut.

Ayo Berkreasi 
Kamu telah mengetahui sifat-sifat tabung dan kerucut. Kamu akan membuat kemasan produk berbentuk tabung dan kerucut. Setelah itu, kamu akan menghias kemasan tersebut sebagai embalase. Apa yang kamu ketahui tentang embalase? 
Embalase
Ayo, kita pelajari. Embalase adalah reklame pada kemasan produk yang berisi pesan-pesan grafis yang menarik untuk konsumen. 

Amati berbagai kemasan produk yang disediakan gurumu. Apakah kamu menemukan gambar atau simbol pada kemasan tersebut? Jelaskan.
Ya saya menemukan gambar cangkir dan gelas pada kemasan tersebut

Apakah kamu menemukan tulisan pada kemasan tersebut? Jelaskan.
Ya saya menemukan tulisan "Energrn" pada kemasan tersebut

Sekarang kamu akan membuat kemasan produk beserta embalase kreasimu. Buatlah kemasan berbentuk tabung atau kerucut. Kamu dapat memilih salah satu. Setiap siswa mendapatkan kertas karton berwarna putih dengan ukuran A4 sebanyak dua lembar.

Kamu dapat menentukan sendiri ukuran tabung dan kerucut yang kamu buat selama sesuai dengan ukuran kertas yang diberikan. Jaring-jaring tabung dan kerucut berikut dapat membantumu untuk membuat kemasan. Apa yang membuat kemasan tersebut menarik? Jelaskan.

Jaring-jaring tabung dan kerucut
Tabung dan Kerucut
Setelah kamu membuat jaring-jaring, buatlah hiasan pada bagian luar selimut yang merupakan ciri khas produk. Setelah selesai membuat hiasan, bentuklah jaring-jaring tersebut menjadi tabung atau kerucut (sesuai bentuk yang kamu pilih) menggunakan perekat. Presentasikan embalase yang telah kamu buat pada pertemuan berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar