Hari / Tanggal : Kamis, 28 Agustus 2025
Fase/Kelas : C / VI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila, Seni Rupa
Pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Tujuan Pembelajaran :
Seni Rupa
Pada akhir fase C, Peserta didik mampu memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Pesertadidik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalamprinsip desain.Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambilinspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan unsur garis, warna,tekstur, bentuk, dan bangun.
Tujuan Pembelajaran:
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
SENI RUPA
a. agama dan ketuhanan
b. persatuan dan kesatuan
c. keadilan sosial
d. moral dan tingkah laku
2. Perhatikan perilaku-perilaku berikut ini !
(1) Suka berteman dengan orang lain walaupun berbeda agama.
(2) Menjaga kerukunan antar umat beragama.
(3) Selalu memaksa orang lain mengikuti agamanya.
Perilaku yang mencerminkan sikap Sila Pertama Pancasila adalah ....
a. (1) dan (3)
b. (1) dan (2)
c. (2) dan (3)
d. (3)
Perilaku Nina merupakan wujud pelaksanaan Pancasila khususnya sila yang berbunyı ....
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan
dan Perwakilan
4. Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam Sila Kedua Pancasila
adalah ....
a. solidaritas sesama manusia
b. kerukunan antarumat beragama
c. persamaan derajat semua warga
d. perdamaian dalam menjalani kehidupan
5. Sikap selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan merupakan sikap positif terhadap
Pancasila terutama Sila ....
a. I
b. II
c. IIl
d. IV
6. Pak Danu ingin mendirikan peternakan sapi di samping rumahnya. sebagian warga menolak karena khawatir akan menimbulkan bau dan polusi suara. Pak Danu
bersikukuh tetap mendirikan peternakan sehingga warga menjadi cukup kesal. Sikap Pak Danu tersebut tidak mencerminkan Sila Keempat Pancasila, yaitu ....
a. mengutamakan musyawaran
b. berbuat adil terhadap sesama
c. megedepankan kepentingan masyarakat
d. menjaga toleransi
7. Kehidupan demokrasi dapat dilihat dalam bentuk ....
a. pemilihan ketua kelas
b. saling tolong menolong
c. menghormati teman beribadah
d. membantu sesama
8. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain merupakan cerminan nilai-nilai
Pancasila terutama Sila ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
9. Suka bekerja keras dan mengembangkan sikap hemat merupakan nilai yang
terkandung dalam sila ....
a. Kedua Pancasila
b. Ketiga Pancasila
c. Keempat Pancasila
d. Kelima Pancasila
10. Sila dengan lambang padi dan kapas berbunyi ....
a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
b. Ketuhanan Yang Maha Esa
c. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/
perwakilan
Sekian materi pembelajaran pada hari ini, jangan lupa belajar dirumah dan sholat lima waktu ya.
Assalamualaikum wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar