Hari / Tanggal : Selasa, 19 Agustus 2025
Fase/Kelas : C / VI
Mata Pelajaran : IPAS, Bahasa Indonesia.
IPAS
CP: Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; menganalisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi, serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerapkan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.
Tujuan Pembelajaran: Murid dapat mengidentifikasi organ organ yang terlibat dalam sistem gerak pada manusia.
Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu menjelaskan kembali ide pokok dan beberapa ide pendukung dari teks informasional, berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan mempresentasikan gagasan, dan mampu menulis laporan sederhana (hasil wawancara) untuk menyampaikan informasi.
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat :
1. Memahami isi artikel tentang musisi Indonesia dan diplomasi budaya serta menjawab pertanyaan pemahaman.
2. Membuat peta pikiran untuk mengorganisasi gagasan tentang potensi diplomasi lunak Indonesia.
3. Merancang dan melakukan wawancara sederhana untuk menggali informasi tentang seni budaya lokal.
Assalamualaikum wr wb
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
BAHASA INDONESIA
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Joey Alexander, Pianis yang Mendunia. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu menyimak dengan baik dan menjawab pertanyaan mengenai artikel yang dibacakan. Pada kegiatan ini pesera didik menjelaskan kembali ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahaman dan pemaknaannya terhadap tulisan dan gambar pendukung.
- Sebagai pokok masalah dalam paragraf atau teks.
- Menunjukkan informasi yang ingin disampaikan penulis.
- Memudahkan pembaca untuk memahami maksud teks.
- Sebagai batasan untuk penulis dalam mengembangkan paragraf.
- Sementara itu, untuk fungsi gagasan pendukung adalah sebagai berikut:
- Menjelaskan gagasan pokok.
- Melengkapi gagasan pokok.
- Memberikan informasi tambahan yang masih berkaitan dengan gagasan pokok.
No. | Kata Kunci | Pertanyaanku |
---|---|---|
1. | Amerika | Di manakah Joey Alexander sekarang tinggal? |
2. | Bali | Di manakah Joey Alexander dilahirkan? |
3. | Keyboard Elektronik | Apa nama alat musik yang digunakan Joey saat mulai belajar bermain piano? |
4. | Jaz klasik | Apa aliran musik yang dikenalkan ayah Joey? |
5. | Herbie Hancock | Siapa nama pianis terkenal yang mengunjungi Indonesia saat Joey berusia 8 tahun? |
6. | Ukraina | Di mana Joey memenangkan hadiah kompetisi musik untuk semua usia yang diikuti 200 peserta dari 17 negara? |
7. | Trio Joey Alexander | Apa nama grup musik Joey sekarang? |
Bona dan Made sedang bercermin dan berdiskusi tentang rangka! Penasaran kan? Ikuti ceritanya yuk!
Made sedang bercermin sambil memperhatikan tubuhnya, Lalu ia bertanya pada Bona. “Bon…Bon…, aku mau tanya, deh!” katanya.“
Aduh, kenapa Made?”“
Kok bisa ya, kita memiliki bentuk tubuh seperti yang ada di cermin?” tanya Made sambil menunjuk pantulan bayangannya di cermin.
“Ooh, bentuk tubuh kita bisa seperti yang ada di cermin karena terdiri dari tulang-tulang yang membentuk rangka, Made.” ujar Bona.
“Hah? Rangka? Apaan tuh?” Made bingung.
“Sebentar, aku cari dulu bacaannya di handphone-ku, ya!” kata Bona sambil mengeluarkan ponsel dari saku celananya. “Ini dia bacaannya!”
“Aku juga mau lihat, dong!” kata Made.
“Boleh. Lihat, di bacaannya, rangka adalah alat gerak pasif yang terdiri dari kumpulan tulang-tulang yang saling berhubungan.” jelas Bona. “Nah, alat gerak pasif artinya alat gerak yang tidak dapat melakukan pergerakannya sendiri, seperti kumpulan-kumpulan tulang atau rangka.”
“Oh, gitu. Terus, apa lagi keterangan di bacaannya, Bon?”
“Nah, kamu tahu, enggak? Tiap rangka itu memiliki tugas yang berbeda-beda, makanya rangka bisa dibagi menjadi tiga jenis. Ada rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.” jelas Bona.
“Oh, ya? Jelasin dong apa aja bedanya!” kata Made semakin penasaran.
“Aku jelasin dari yang pertama ya, yaitu rangka kepala. Nah, rangka kepala itu terbagi menjadi dua bagian, ada rangka kepala bagian depan dan ada juga rangka kepala bagian belakang.” ujar Bona. “Rangka kepala bagian depan berfungsi untuk membentuk dasar wajah manusia, sedangkan rangka kepala bagian belakang berfungsi untuk membentuk tempurung kepala yang menyerupai helm.” lanjutnya.
Bona memperlihatkan gambar di ponselnya kepada Made. “Lihat, seperti ini gambar rangka kepala manusia!” kata Bona.
“Terus, kalau rangka yang kedua apa, Bon?” tanya Made
“Yang kedua itu rangka badan, yang memiliki fungsi untuk melindungi organ vital kita, seperti jantung, paru-paru, dan juga sebagai penyokong tubuh.” jelas Bona sambil menunjukkan gambar berikutnya.
“Oh, gitu.” Made mengangguk. “Wah, berarti tinggal rangka yang ketiga, yaitu rangka anggota gerak, kan?” tanya Made.
“Betul! Sesuai dengan namanya, rangka anggota gerak berfungsi untuk memungkinkan adanya pergerakan pada tubuh, Made.” jelas Bona.“Nih, liat gambarnya, deh!”
“Yeay, sekarang aku jadi paham kenapa tubuh kita memiliki bentuk seperti yang terlihat di cermin! Itu karena tubuh kita dibentuk oleh rangka manusia.” kata Made semangat. “Ada 3 jenis rangka yang membentuk tubuh kita, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak!” lanjutnya. “Benar, Made!” kata Bona. Nah, itu tadi penjelasan tentang rangka manusia. Supaya lebih jelas coba simak video berikut ini:
Sekian materi pembelajaran pada hari ini, jangan lupa belajar dirumah dan sholat lima waktu ya.
Assalamualaikum wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar